Mobil Setelah Mudik Jangan Langsung Dipakai, Periksa Dulu Bagian Ini

Bengkel Auto2000

JAKARTA,Carvaganza – Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi saat melakukan mudik lebaran ada baiknya kembali memeriksa kondisi kendaraan Anda sebelum digunakan beraktivitas sehari-hari. Hal tersebut dilakukan demi menjaga komponen kendaraan dalam dalam kondisi prima dan tidak mengalami masalah setelah melakukan perjalanan jauh pada mudik Lebaran tahun ini.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa saja komponen mobil yang mesti diperiksa setelah dibawa mudik?

    Ban mobil, kolong mobil, kondisi minyak rem, air radiator dan beberapa komponen lainnya.
  • Bagaimana cara mengecek indikator di panel instrument?

    Cukup memutar kunci kontak pada posisi on dan lihat indikator di panel instrumen. Pastikan tidak ada indikator engine check yang aktif sebelum menyalakan mesin.
  • Auto2000 memberikan beberapa tips untuk para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sebelum menggunakannya kembali sebagai kendaraan harian. Berikut ini komponen yang wajib Anda periksa dan dilihat lebih detail kondisi serta performanya.

    1. Ban Mobil

    Saat melakukan perjalanan mudik dengan jarak yang cukup jauh serta medan jalan yang beragam tentu saja membuat ban kendaraan bekerja ekstra. Oleh karena itu, setelah kembali ke rumah ada baiknya Anda mengecek kembali kondisi ban seperti tanda keausan dan pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban atau benda asing yang menempel. Sebelum digunakan beraktivitas pastikan kembali permukaan ban bebas dari benjolan maupun sobek.

    bengkel Auto2000

    2. Bersihkan Kolong Mobil dan Cek Komponennya

    Bagian yang tidak kalah penting untuk dicek setelah melakukan perjalanan jauh adalah kolong mobil beserta komponen di sekitarnya. Lihat juga kondisi komponen seperti shock absorber dan pastikan tidak ada bagian yang bocor, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Waspadai kebocoran pada selang rem serta kondisi kampas rem cakram termasuk rem tromol melalui dinding tromol.

    3. Periksa Oli Mesin

    Selain perangkat keras, Anda juga wajib memeriksa bagian pelumas yang memiliki peran vital dalam melindungi mesin saat digunakan. Anda wajib memastikan volume oli mesin tidak boleh kurang, caranya dengan dengan cek via tongkat pengukur atau dipstick. Jika terdapat perubahan warna oli bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda masalah apalagi kalau sampai warnanya berubah menjadi coklat susu sebagai indikator pelumas tercampur air. Anda wajib mengunjungi bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat agar kondisi mesin tetap prima.

    4. Cek Kondisi Minyak Rem

    Pelumas lain yang wajib untuk dicek kondisinya adalah minyak rem agar sistem pengereman dapat berfungsi optimal usai melakukan perjalanan jauh di musim mudik Lebaran. Pastikan juga volume minyak rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya. Jangan sampai ada kebocoran pada sektor ini, jika minyak rem kurang bisa mengindikasikan kampas rem mulai menipis.

    Bengkel Auto2000

     

    5. Air Radiator Wajib Penuh

    Setelah oli dan minyak rem, Anda juga wajib memeriksa kondisi air radiator yang bertugas sebagai pendingin mesin. Hal yang wajib Anda pastikan adalah volume air yang cukup serta pastikan tidak ada kebocoran pada selang dan rumah radiator. Karena bagian ini cukup kritis dan terdapat kemungkinan terkena lontaran krikil saat perjalanan mudik Lebaran.

    6. Periksa Cairan Kendaraan Lainnya

    Bagian lain yang rentang dengan kebutuhan cairan seperti minyak kopling, air aki dan air pembersih kaca juga wajib untuk kembali diperiksa kondisinya setelah mudik Lebaran. Pastikan juga kondisi oli transmisi baik untuk kendaraan manual maupun otomatis serta ditambah minyak untuk power steering hidrolis. Namun jika Anda tidak mau repot, bisa mendatangi bengkel resmi di daerah terdekat atau Auto2000 untuk kendaraan Toyota.

    7. Cek Indikator di Panel Instrumen

    Pengecekan ringkas yang juga bisa Anda lakukan adalah melihat indikator pada panel instrument. Pengguna kendaraan terbaru hanya cukup memutar kunci kontak pada posisi on dan lihat indikator di panel instrumen. Pastikan tidak ada indikator engine check yang aktif sebelum menyalakan mesin. Namun jika setelah mesin bekerja dan terdapat suara yang asing Anda wajib membawanya ke bengkel resmi terdekat agar bisa ditangani lebih cepat.

    tips perawatan mobil

     

    8. Bersihkan Kabin Mobil

    Jangan lupakan juga kebersihan kendaraan setelah mudik Lebaran, karena biasanya sisak snack dan oleh-oleh seringkali tertinggal di dalam kabin dan bagasi. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran, keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.

    Sementara itu, bagi konsumen Toyota yang ingin melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 bisa langsung datang atau order layanan THS – Auto2000 Home Service via Auto2000 Digiroom. Segera lakukan perbaikan apabila ada kerusakan sehingga tidak membuat mobil mogok, bahkan merembet ke komponen mobil lainnya. (ALVANDO NOYA/EK)

    Baca juga: 

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature