Beranda Updates Mitsubishi Xpander Dibekali Segudang Fitur Keselamatan

Mitsubishi Xpander Dibekali Segudang Fitur Keselamatan

JAKARTA, 10 Januari 2019 – Rencana kehadiran New Toyota Avanza langsung disikapi para pesaingnya. Mitsubishi yang menjadi rival utama Avanza, tak mau diam dan langsung bergerak dengan melansir kembali fitur-fitur unggulan yang dimiliki Mitsubishi Xpander.

Sejak diperkenalkan pada Agustus 2017, kehadiran Mitsubishi Xpander memang menjadi fenomena tersendiri. Xpander menjadi saingan utama Toyota Avanza – dan sepupunya Daihatsu Xenia – yang sejak Desember 2003 menguasai segmen LMPV.

Selain tampilannya yang sedikit berbeda dibandingkan LMPV yang ada sebelumnya, berbagai fitur juga menjadi andalan Mitsubishi Xpander. Salah satunya adalah fitur keselamatan selain airbag atau kantung udara yang menjadi fitur wajib.

Fitur keselamatan aktif bekerja sebelum atau mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur keselamatan ini antara lain Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA) yang membantu saat kendaraan berhenti di tanjakan.

‎Sedangkan fitur keselamatan pasif bekerja ketika mobil terkena benturan atau kecelakaan. Ada banyak fitur pasif, beberapa di antaranya adalah Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter, serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.

Active Stability Control mencegah terjadinya over steer ataupun under steer saat maneuver Termasuk struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada mobil Mitsubishi seperti di Xpander. Ini adalah teknologi rangka body yang dibuat dari High Tensile Metal, sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan karena rangkanya lebih kuat.

RISE ini merupakan kesatuan antara body dan sasis untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Efektif menyerap energi tabrakan dari segala arah (depan, belakang, samping). untuk meminimalisir kerusakan dan menjaga penumpang dalam kabin tetap aman. Dalam tabrakan hebat, fitur ini menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar.

Selain itu, ada juga fitur Pedestrian Protection yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender untuk minimalisir deformasi akibat benturan serta minimalisir cedera bagi pejalan kaki.

Fitur ini mampu menekan dampak kecelakaan terhadap pejalan kaki melalui built impact-absorbing di material kap mesin dan bumper depan. Dalam kasus ketika terjadi tabrakan, cidera diminimalkan dengan bentuk depan yang akan membulat dan terbuat dari bahan non-logam.

“Keamanan saat berkendara merupakan hal utama, sebuah produk tidak cukup hanya menawarkan kenyamanan, design yang bagus, dan mesin yang andal, tetapi fitur keamanan juga tak kalah penting untuk sebuah mobil keluarga. Menjadi nilai plus di kelasnya, Mitsubishi Xpander sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan yang membawa produk ini ke level yang lebih tinggi dari sekedar kendaraan LMPV biasa,” kata Boediarto, Head of Technical Service & CS Support Department PT MMKSI.

Toyota rencananya akan melansir Avanza – demikian juga dengan Daihatsu Xenia – pada Selasa (15/1) mendatang. Di segmen small atau low MPV ini juga ada pemain lain seperti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Wuling Confero S.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kilas Histori Honda CR-V, Dipuncaki Dengan Lahirnya Hybrid dan PHEV (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah mendapatkan perubahan besar di generasi ketiga, Hona CR-V mendapatkan suntikan facelift. Selain pada bagian eksterior, peremajaan juga diberikan pada interior....

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...