Mitsubishi Pajero Sport Digemari Pemburu Mobkas, Ternyata Ini Alasan

JAKARTA, Carvaganza -- Masa pandemi Covid-19 membuat permintaan mobil bekas naik. Maklum, banyak masyarakat yang kemudian memilih naik kendaraan pribadi daripada transportasi umum guna menghindari terpapar wabah. SUV menjadi model yang cukup banyak diminati pasar mobil bekas. Nah, satu yang jadi favorit adalah Mitsubishi Pajero Sport. Ia digemari pemburu mobil bekas karena memiliki banyak varian. Beragamnya varian tersebut membuat pemburu mobil bekas bisa menyesuaikan kemampuan mereka untuk memiliki Mitsubishi Pajero Sport.

Pertama pertimbangan harga. Dinukil dari laman resmi Mitsubishi Motors Indonesia, ada 6 tipe yang ditawarkan. Mulai Exceed 4x4 MT seharga Rp 497,9 juta sampai Rp 708,9 juta untuk tipe Dakar 4x4 AT. Bagi Anda yang punya dana terbatas, tentu bisa menjadi model sekennya. Pilihan sangat banyak.

Misalnya saja Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama yang dirilis pada 2009. Total ada empat varian Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama yakni GLX 4x4 M/T, Exceed 4x2 A/T, Exceed 4x4 A/T dan GLS M/T. Semua tipe tersebut menggunakan mesin yang sama, yakni unit 2.477 cc DI-D DOHC Common Rail Turbocharged Intercooled yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 136 hp pada 3.500 rpm.

Mitsubishi melakukan perbaikan dua tahun kemudian. Pada 2011, Mitsubishi Pajero Sport menghadirkan mesin baru yang dipasang di varian termahal dan tertinggi yakni Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Lalu pada tahun 2013, Mitsubishi melakukan facelift terhadap Pajero Sport. Saat itu varian GLS disuntik mati hanya saja varian lainnya seperti Exceed, GLX dan Dakar tetap eksis.

Nah, di laman mobil bekas OTO.com, generasi pertama ini dijual di rentang harga Rp 190 sampai Rp 350 juta tergantung varian, kondisi dan jarak tempuh.

Kemudian Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua hadir pada 2016. Ia tampil wajah dan mesin baru hadir dengan lima varian Pajero Sport sekaligus yakni Exceed 4x2 M/T, Exceed 4x2 A/T, GLX 4x4 M/T, Dakar 4x2 A/T, dan Dakar 4x4. Hasil pencarian di laman OTO.com ditemukan harga Rp 300 juta sampai 450 juta. Lagi-lagi tergantung apa variannya, dan bagaimana kondisi dan jarak tempuhnya.

Beragamnya varian Mitsubishi Pajero Sport yang ada di setiap generasi jadi peluang buat pemburu mobil bekas untuk memiliki SUV idaman itu. Varian bekas Pajero Sport generasi kedua, layak jadi alternatif. Makin muda usianya tentu makin baik kondisinya.

Mitsubishi Pajero Sport

Spesifikasi dan Kelengkapan

Urusan kenyamanan, SUV 7 penumpang ini mumpuni. Semua varian punya head unit layar sentuh dengan beragam konektivitas. Penumpang di belakang juga bisa menikmati hiburan dengan maksimal berkat adanya layar 9 inci yang menempel di atap. Pengaturan pendingin kabin juga digital dengan fitur dual zone, sehingga memudahkan pengguna. Tak ketinggalan, makin gaya dengan adanya sunroof dan pengatur jok elektrik. Akses ke mobil maupun menyalakan-mematikan mesin lebih praktis berkat sistem keyless dan tombol start-stop.

Fitur keselamatan dan keamanan yang membantu pengendalian lengkap. Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) sudah pasti tersedia. Ini ditambahkan Active Stability dan Traction Control, Blind Spot Warning, Forward Collision Mitigation, Hill Descent Control, Hill Start Assist, Active Cruise Control dan sensor stop otomatis. Parkir menjadi lebih mudah karena disematkan Multi Around View Camera dan Electric Parking Brake.

Enjin masih dipercayakan pada mekanical pacu peminum solar berkode 4N15 2,4 liter Mivec turbocharged and intercooled. Mesin bertipe DOHC, 16 valve Direct Diesel Injection. Jantung mekanis menghasilkan tenaga besar mencapai 181 PS sejak 3.500 rpm. Lalu imbuhan Variable Geometry Turbo (VGT) yang mampu mengoptimalkan kinerja turbin.

Alhasil mesin semakin kuat, tonjokkan momen puntir sampai 430 Nm di 2.500 rpm. Racikan itu, menurut Mitsubishi, sanggup meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang CO2. Transmisinya otomatis 8-speed dengan dukungan paddle shift di balik lingkar kemudi. Ini turut mengoptimalkan perpindahan gigi dalam kemudahan berkendara. (RAJU FEBRIAN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda