Beranda Updates Mercedes-Benz X-Class Kembaran Navara Stop Produksi Tahun Ini

Mercedes-Benz X-Class Kembaran Navara Stop Produksi Tahun Ini

STUTTGART, Carvaganza.com – Mercedes-Benz akan kehilangan salah satu model dari line up produknya tahun ini, yaitu X-Class, yang akan segera stop produksinya alias diskontinyu. Sisa masa produksi X-Class hanya tinggal beberapa bulan lagi, sebelum paruh pertama usai.

Telah dipastikan oleh Mercedes, bahwa X-Class akan disudahi produksinya pada bulan Mei 2020, seperti dilaporkan oleh Auto Motor und Sport (AMuS). Langkah ini menjadi salah satu bagian dari pemangkasan biaya dari Daimler sebagai induk perusahaan Mercedes-Benz.

Kabar ini menyambut rumor yang telah beredar sejak tahun 2019, menyusul kurang diminatinya model double cabin pertama Mercedes-Benz ini. Oleh Mercedes, X-Class merupakan rebadge alias mobil yang berbagi basis dengan Nissan Navara terbaru.

“Telah diputuskan bahwa mulai akhir bulan Mei 2020, kami tidak akan lagi produksi model yang masih relatif baru ini. Kami akan, tentunya, melayani permintaan untuk X-Class yang ada saat ini. Lebih lanjut, layanan dan garansi akan tetap dijamin oleh Mercedes-Benz Vans,” pernyataan Mercedes dikutip oleh Carscoops.

Diperkenalkan sebagai konsep pada 2016, X-Class resmi meluncur ke pasar pada tahun 2017, sebagai andalan Mercedes menawarkan double cabin premium. Mercedes menggandeng Nissan untuk meminjam basis Navara, yang sudah bertahun-tahun laris di segmen tersebut.

Setelah dua tahun beredar, Mercedes ternyata tidak yakin X-Class akan bisa bertahan lama melihat penjualannya yang kurang seksi. Mercedes bahkan urungkan niatnya merilis X-Class ke Amerika Utara, yang selama ini menjadi peminat terbesar kendaraan double cabin.

Mercedes-Benz X-Class

Kalah dari Nissan

Sepanjang 2019, hanya 15.300 unit X-Class laku terjual menurut AMuS, sementara Nissan berhasil menjual 66.000 unit lebih Navara dalam setengah tahun. Sementara tahun 2018, X-Class terjual 16.700 unit di Eropa, Australia dan Afrika Selatan.

Produksi X-Class dikembangkan dan dikerjakan bersama Nissan-Renault Alliance, dan dirakit oleh pabrik Nissan dan Renault di Eropa dan Amerika Selatan. Meski berbasis sama, X-Class dilengkapi serangkaian fitur dan teknologi lebih lengkap daripada Navara.

Opsi varian mesin yang ditawarkan untuk X-Class yaitu bensin 2.0 liter , diesel 2.3 liter turbo dan diesel V6 3.0 liter turbo. Dengan opsi transmisi manual 6-speed dan otomatis 7-speed, Mercedes hadirkan tiga trim pilihan yaitu Pure, Progressive, dan Power.

Sejauh ini, Mercedes tidak mengumumkan dan merencanakan model pengganti dan penerus untuk X-Class. Praktis, nantinya Mercedes tidak akan lagi punya jenis model double cabin lagi setelah X-Class diskontinu.

Baca juga: Tidak Laku, Pikap Mercedes Berbasis Nissan Navara Disuntik Mati Mei 2020

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto