Beranda Updates Mercedes-AMG GT R, Most Powerful F1 Safety Car

Mercedes-AMG GT R, Most Powerful F1 Safety Car

MELBOURNE, 23 Maret 2018 – Seri pembuka Grand Prix Formula 1 musim 2018 di Melbourne, Australia, hanya tinggal menghitung hari. Banyak hal baru seperti logo baru, peraturan baru, perangkat halo baru, ban Pirelli baru, juga tak ketinggalan akan ada safety car baru. Kali ini, Mercedes-AMG GT R akan menjadi safety car menggantikan GT S yang digunakan sejak 2015.

Banyak catatan penting yang bisa digaris bawahi pada Mercedes-AMG GT R. Tenaga 585 hp dan hentakan torsi 700 Nm yang datang dari mesin 4.0 liter biturbo V8. Tidak mengherankan jika Affalterbach menyebut mobil ini sebagai safety car F1 paling kuat yang pernah ada.

Catatan lain? Mobil ini dapat bergerak dari nol hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3,6 detik saja. Sedangkan kecepatan tertinggi mencapai 318 km/jam, yang juga menjadi yang tercepat.

Mengapa safety car harus cepat? Mobil F1 hanya bisa berfungsi dengan baik ketika menyala dan berjalan. Dan jika mobil safety car berjalan terlalu lambat di depan mereka akan menyebabkan ban dan rem terlalu dingin dan mesin menjadi terlalu panas. Dengan demikian, safety car harus memiliki kecepatan untuk mengimbangi mobil-mobil F1.

“Kami membutuhkan sebuah mobil yang tidak hanya mampu menangani tuntutan ekstrem yang dibuat sirkuit Grand Prix pada saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, tetapi juga yang mampu mengatur kecepatan yang memungkinkan pembalap F1 untuk menjaga ban dan rem bekerja pada suhu yang tepat sehingga mereka bermasalah saat balapan dilanjutkan,” kata race director Charlie Whiting.

Tak banyak modifikasi yang dilakukan untuk mengubah GT R menjadi mobil yang cocok untuk safety car F1. Selain livery dasar dengan logo FIA dan F1 yang disebutkan sebelumnya, juga ada obligatory light bar di atap. Air scoop dari serat karbon dirancang khusus.

Di bagian dalam, GT R memiliki peralatan radio untuk komunikasi dengan ruang kontrol balapan, serta dua iPad untuk memantau situasi di trek. Satu menunjukkan siaran TV internasional, sementara yang lain menampilkan posisi mobil balap serta lap. Untuk bisa live, disediakan hotspot khusus.

Lainnya tak ada perubahan, termasuk transmisi 7-kecepatan AMG Speedshift DCT, aerodinamis bawah bodi mobil, velg ringan, kemudi roda belakang aktif , sistem kontrol traksi sembilan arah yang dapat disesuaikan dan suspensi yang dapat disesuaikan dengan kontrol elektronik.

Oh ya, untuk pengemudi adalah Bernd Mayländer, dengan asisten teknis F1 Richard Darker sebagai co-driver. Mereka akan bergabung dengan mobil medis resmi F1, sebuah C 63 S Estate yang dikemudikan oleh Alan van der Merwe, didampingi oleh Dr Ian Roberts.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Ganti Oli Pakai Mobil Lubricants Dapatkan Liburan Gratis Ke Mana Saja

JAKARTA, Carvaganza.com - Perawatan mesin mobil secara berkala, wajib dilakukan guna menjaga kondisi mesin tetap prima dan awet. Selain penting mengetahui tingkat kekentalan (SAE)...

Kia Kembangkan Kendaraan Militer Masa Depan, Mirip Hummer

SEOUL, carvaganza.com -  Pabrikan Kia membuat kendaraan militer bukan hal baru. Malah sudah memasok mobil perang untuk militer Korea Selatan dan sejumlah negara lain,...
video

Video: Hypercar Rp 48 Milyar Dihancurkan, Demi Validasi

KROASIA, carvaganza.com – Melihat mobil hypercar seharga US$ 2 juta (sekitar 24 milyar) dihancurkan itu bikin miris. Tapi demi validasi dan kepercayaan publik, hal...

MItsubishi Xpander Mulai Resmi Dirakit di Malaysia, Apa yang Beda?

KUALA LUMPUR, Carvaganza.com - Tidak hanya dari Indonesia dan Vietnam, suplai Mitsubishi Xpander akan datang juga dari Negeri Jiran. Tepatnya di fasilitas perakitan Pekang,...

Kisah Dibalik Penciptaan Mobil Terindah Di Dunia

JAKARTA, Carvaganza.com - Tak usah disangkal, Maserati MC20 adalah mobil paling cantik di dunia. Jangan ragukan juga performanya. Banyak produsen mobil yang mengaku punya...