Beranda EDITOR'S PICKS Mencicipi Land Rover Defender Presiden Jokowi

Mencicipi Land Rover Defender Presiden Jokowi

JAKARTA, 8 November 2017 — Beberapa waktu lalu, media nasional gempar mengenai mobil yang digunakan oleh Presiden RI Joko Widodo saat melakukan peresmian jalan tol Bekasi Cawang Kampung Melayu atau yang disingkat BECAKAYU, Jakarta Timur. Apalagi kalau bukan mobil yang ia gunakan.

Jokowi — sapaan akrab Joko Widodo — terlihat santai menaiki Land Rover County lansiran 1989. Meski sudah berusia tua, mobil itu tampil kinclong. Jika menoleh ke sejarahnya, mobil ini sebenarnya sudah hadir pada awal 1983 menggantikan seri 3 dan nama County berganti menjadi Defender 1990.

Ups, mobil ini ternyata sudah tua sekali. Tapi, kenapa dipilih Jokowi untuk mengecek tol ya?

Tim Carvaganza berhasil mencicipi mobil yang “kembali hidup” berkat Casablanca Works Land Rover Workshop – bengkel khusus restorasi Land Rover tipe Series dan Defender – di kawasan Pondok Gede, Jakarta. Pemilik Casablanca Works sekaligus restorer Land Rover, Dwiko Rayanto, melakukan berbagai perombakan.

Jika melihat desainnya, ubahan terjadi pada ban yang kini menggunakan interco super swamper. Sementara over fender asli tetap dipertahankan. Untuk mobil yang basicnya adalah sebuah pickup ini, menurut Dwiko yang bertanggung jawab atas restorasi memberikan tambahan tiang di bagian bak. Tiang ini berfungsi sebagai rangka untuk dipasangkan terpal atau dikenal dengan soft top.

Tanpa lama, saya pun berhasil mencobanya. Mesinnya masih original, yakni mesin bensin 2.5 liter yang dapat melontarkan tenaga 83 Hp dan torsi 181 Nm. Ketika mesin dihidupkan, saya cukup kagum karena suaranya yang sangat halus seperti mobil-mobil baru.

Saya pun mencoba untuk mengajak berjalan-jalan. Yaps, karena semua ini hasil restorasi maka pedal koplingnya pun masih menggunakan part bawaan defender. Sehingga jika Anda tidak terbiasa akan terasa berat seperti membawa truk.

Hanya saja setirnya sangat komunikatif dan enteng untuk diputar. Meskipun ban yang digunakan adalah ban offroad dan tebal. Sosoknya yang gagah ini juga terbukti dari sektor kaki-kaki dengan penggunaan suspensi yang keras. So, saat melewati jalur speedbump akan terasa kerasnya.

Hujan pun mulai turun, sehingga saya harus menyelesaikan waktu untuk test drive mobil ini. Alhasil saya menutup kaca yang masih diputar manual dan menghidupkan AC. Ternyata suhu kabinnya pun cepat berubah menjadi dingin. Mobil ini sangat dirawat sekali.

Seperti apa test drive lengkapnya? Tunggu laporan lengkapnya di carvaganza.com dan channel youtube Carvaganza!

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Rayakan HUT ke-50 Tahun, BBS Hadirkan Pelek Super-RS

TOKYO, Carvaganza -- Siapa yang tidak kenal dengan brand pelek ternama seperti BBS? Tentu bagi kalangan pecinta modifikasi mobil akrab di telinga untuk nama...

Kembangkan SDM Asuransi, Adira Insurance Jalin Kerjasama dengan Universitas Gajah Mada

JAKARTA, Carvaganza -- PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) melakukan kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) berpartisipasi dalam mengurangi angka pengangguran. Perusahaan asuransi...

Sekarang Pemilik Toyota Bisa Konsultasi Layanan Bengkel Gratis Via Aplikasi

JAKARTA, Carvaganza -- Kondisi pandemi saat ini memaksa setiap pabrikan mobil berinovasi dalam mempermudah layanan aftersales pelanggan mereka. Hari ini (23/10), Toyota memperkenalkan satu...

Ini 3 Keuntungan Beli Mobil Baru Toyota di Auto2000 Digiroom

JAKARTA, Carvaganza -- Gonjang-ganjing mengenai usulan pajak ojl persen untuk kendaraan bermotor baru akhirnya terjawab sudah. Kementerian Keuangan Republik Indonesia lewat Menteri Sri Mulyani...

Asian Endurance Series, Luncurkan Kejuaraan Balap Virtual Berhadiah Uang Tunai!

Tahun lalu sekumpulan penggemar balap karting dan Motorsports di Malaysia menginisiasi kejuaraan balap Gokart kelas internasional. Pesertanya tidak main-main, tak hanya dari Malaysia juga...