Memanjakan Keluarga dengan All New Toyota Veloz Selama Lebaran Drive (Bagian 2)

All New Toyota Veloz

JAKARTA, Carvaganza - Setelah menikmati interiornya yang lapang untuk kelas low MPV dan kenyamanan kursinya di setiap baris, saya ‘menjamah’ setiap tombol dan panel pengaturan yang user friendly. Pusat kendali pengaturan tersebut terdapat di layar sentuh full digital 7 inci dengan 4 pilihan tampilan.

KEY TAKEAWAYS

  • Apakah layout penggerak All New Toyota Veloz?

    Memakai layout penggerak roda depan (Front Wheel Drive), menggantikan layout sebelumnya yang berpenggerak roda belakang.
  • Apakah fitur Toyota Safety Sense itu?

    Fitur untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pengguna kendaraan berupa teknologi kamera dan sensor laser. Di antaranya adalah Pre-Collission System, Auto High Beam, Lane Departure Alert, Road Sign Assist dan lain-lain.
  • Semuanya bermain dengan warna yang cukup detail serta atraktif. Dan berbagai informasi yang ada di situ mudah dipantaui oleh pengemudi. Menyediakan ragan informasi, misalnya outside temperature, odometer, tripmeter, jam digital, speedometer bahkan inclinometer dan juga mampu menyajikan penjelasan mengenai fitur Toyota Safety Sense (TSS). Tinggal tekan tombol yang ada di kiri-kanan stir untuk melihatnya.

    Entertaiment System

    Selain layar 9 inci yang muncul di tengah dasbor dengan sturktur floating, ada pula rear seat entertainment (RSE) alias monitor yang berada menempel di plafon. Ini yang sangat disukai oleh anak-anak yang duduk di bangku belakang. Mereka bisa menonton video kesayangan sambil menikmati perjalanan. Sayangnya pengoperasian hanya bisa dilakukan dari layar depan. Lalu untuk mengkoneksikannya hanya bisa melalui flashdisk yang sudah diisi video sebelumnya.

    entertainment system All New Toyota Veloz Q CVT TSS

    Dan sedikit catatan, saat kondisi terbuka, monitor tersebut sedikit menghalangi pandangan pengemudi melalui spion tengah. Jadi harus ekstra hati-hati saat berada di jalan bebas hambatan.

    Kualitas suara yang dihasilkan terbilang memadai. Terdapat enam speaker (termasuk dua buah tweeter di pilar A). Dan buat mengatur audio juga kian mudah dengan adanya audio steering switch pada lingkar kemudi.

    Bagasi Luas

    Keunggulan dari layout penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD) langsung terasa ketika membahas tentang bagasi mobil ini. Dalam keadaan semua kursi tegak saja kapasitas bagasinya masih tergolong memadai. Sekadar info, kapasitas bagasi mobil ini ada di angka 400 liter (posisi jok digunakan semua). Jadi tidak merepotkan ketika harus membawa semua keperluan keluarga.

    Apalagi saat bangku baris kedua dan ketiga direbahkan. Volume bagasi mobil ini terasa sangat lapang. Lantaran didukung dengan lantai bagasi yang rata, membuat lebih fleksibel dalam memasukkan segala jenis barang.

    Selain bagasi, All New Veloz varian tertinggi ini punya ruang penyimpanan dan cup holder cukup banyak. Hampir di semua pintu tersedia, bahkan sampai bangku belakang. Cukup memudahkan para penumpang untuk menaruh minuman atau barang kecil lainnya.

    bagasi All New Toyota Veloz Q CVT TSS

    Keselamatan Terjamin

    Khusus untuk Veloz terbaru varian termahal sudah menggunakan rem cakram di keempat roda. Sistem Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD) & Brake Assist (BA) turut menjamin pengereman tetap aman dilakukan dalam kondisi apapun.

    Ada 6 buah Airbags (pengemudi/penumpang/samping/tirai) yang menjaga seisi kabin tetap aman ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Vehicle Stability Control (VSC) turut menjamin mobil tidak bakal oversteer maupun under steer saat melibas tikungan. Hill Start Assist (HSA) pun menjaga mobil agar tidak mundur di tanjakan. Sistem HSA ini turut bekerja sama dengan Electric Parking Brake & Brake Hold. Brakehold ini sangat membantu ketika berada di tengah kemacetan. Kaki kiri bisa istirahat sebentar tanpa menginjak pedal rem.

    Karena ini tipe Q CVT dengan Toyota Safety Sense (TSS), maka ia telah dilengkapi dengan enam fitur unggulannya. Meliputi Pre Collision System (PCS) yang mampu memberi peringatan ketika mendeteksi ada objek di depan. Dan jika kita tetap melaju kencang maka mobil otomatis akan mengerem dengan sendirinya. Mantap!

    Lane Departure Assist (LDA), menjaga mobil agar tidak keluar lajur. Jika terdeteksi keluar lajur, sistem memberikan peringatan. Dan bila pengemudi tidak menghiraukan, secara otomatis sistem bakal mengembalikan mobil ke lajur yang benar. Di sini stir terasa goyang sendiri dan pengemudi tidak boleh kaget. Memang butuh penyesuaian sedikit.

    Interior All New Toyota Veloz Q CVT TSS

    Blind Spot Monitoring (BSM) atau muncul peringatan di kaca spion ketika ada kendaraan baik di samping kiri maupun kanan yang berada di posisi blind spot. Ini keren, layaknya mobil Eropa.

    Pedal Misoperation Control, berguna untuk mencegah pengemudi salah menginjak pedal gas yang terlalu dalam ketika harusnya menginjak pedal rem. Fitur ini dapat meminimalisir tabrakan dengan objek yang ada di depan mobil. Lebih aman!

    Front Departure Alert, sangat bermanfaat ketika sedang berhenti menunggu lampu merah. Fitur ini dapat memberi peringatan kepada pengemudi bahwa kendaraan di depannya sudah mulai berjalan. Sehingga kita tidak diklakson oleh kendaraan di belakang kita.

    Rear Cross Traffic Alert (RCTA) memberi peringatan jika ada kendaraan yang tiba-tiba datang dari arah lain di belakang ketika mobil mau berjalan mundur. Semua fitur yang ada menginformasikan ke pengemudi melalui suara dan keterangan di MID.

    Fitur canggih lainnya yang sangat membantu ada All Round View Camera (Kamera 360). Layar di konsol tengah memberikan gambar secara jelas situasi sekitar mobil. Memarkir kendaraan di mall atau di carport rumah yang tergolong sempit jadi lebih mudah. Ditambah dengan peringatan suara bila ada objek yang jaraknya cukup dekat. Teknologi ini juga langsung aktif saat pengendara menghidupkan lampu sein. Namun hal ini hanya terjadi saat mobil berjalan pelan.

    Interior All New Toyota Veloz Q CVT TSS

    Performa Mumpuni

    All New Toyota Veloz Q CVT TSS mengusung mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 104 hp dan torsi 14 kgm (137 Nm). Sistem katup pakai teknologi Dual VVT-i guna menghasilkan tenaga memadai demi efisiensi bahan bakar optimal di berbagai kondisi jalan. Hal ini juga ditingkatkan melalui transmisi CVT anyar. Penyaluran daya dilengkapi split gear baru, dikembangkan untuk memberikan rasio gigi lebih lebar.

    Performanya cukup mumpuni ketika dipakai di dalam kota maupun luar kota. Dan sesuai ciri khas dari transmisi CVT, akselerasi lebih halus, tanpa adanya hentakan tentunya. Tidak kalah menarik dari impresi berkendara dengan mobil ini adalah kabin yang cukup senyap.

    Khusus Veloz yang saya gunakan, sudah memiliki tiga mode berkendara yakni Normal, Power dan Eco. Semua bisa dipilih via tombol di sebelah kanan bawah setir. Dengan menekan tombol tersebut komputer akan mengatur output mesin via mapping ECU sesuai dengan mode yang dipilih. Bahkan tak hanya mapping saja, mode berkendara ini turut serta mengintervensi AC agar lebih optimal sesuai mode yang dipilih.

    Bila mobil baru dinyalakan dan tidak menekan tombol drive maka dalam posisi normal mode. Kalau ditekan sekali langsung mengarah ke power mode dan jika lebih lama maka berpindah ke eco mode. Semuanya ditandai dengan notifikasi yang muncul pada layar MID digital.Ketika membutuhkan tenaga lebih, bisa memanfaatkan Power mode. Membuat mesin melontarkan tenaga lebih responsif tanpa repot menekan pedal gas terlalu dalam. Mode ini saya lakukan ketika melintasi kawasan Bojong Koneng, Bogor yang jalurnya sedikit menajak dengan muatan 6 orang dewasa dan 3 anak kecil. Putaran bawah terasa lebih agresif dan dorongan tenaganya sangat terasa.

    Khusus mode Eco saya manfaatkan ketika menjelajah jalur perkotaan agar efisiensi bahan bakar lebih baik. Selama penggunaan 2 minggu lebih banyak memakai eco mode, biar irit bahan bakar. Dan terbukti dengan catatan average yang menyentuh angka 14,3 km/liter.

    All New Toyota Veloz Q CVT TSS

    Suspensi

    Kemampuan alat peredam kejutnya mampu menopang kendaraan dengan sempurna saat bermanuver. Ketika melintasi medan jalan bergelombang juga ciamik. Kinerja suspensi tidak memberikan dampak signifikan pada alat kemudi. Artinya pengendalian kendaraan tetap stabil.

    Dengan setingan baru, reaksi dari suspensi saat melintasi guncangan boleh dibilang cukup redup dan sunyi. Tak ada gejala mentok saat bawa muatan banyak dan bisa dibilang halus ketika bobot hanya 4 orang dewasa. Karakteristik peredam kejut belakang juga cenderung empuk sesuai jenis torsion beam. Hasilnya pengendalian kendaraan lebih terukur dan tentunya nyaman. Hal ini tentunya tak lepas dari peran serta tim riset dan pengembangan Toyota agar sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia. Keren! (Tamat).


    ZENUAR YOGA/EK        FOTO: ZENUAR YOGA

    Pelajari lebih lanjut tentang Toyota Avanza Veloz

    • Tampak Depan Bawah Toyota Veloz
    • Tampak samping Veloz
    • Tampak belakang serong Veloz
    • Tampak Depan Toyota Veloz
    • Tampak belakang Veloz
    • Tampak Grille Veloz
    • lampu belakang Veloz
    • Pelek Veloz
    • Tampak belakang Veloz
    • Tampak depan medium Toyota Veloz
    • Tampak kanan Toyota Veloz
    • Toyota Veloz Drivers Side Mirror Rear Angle
    Toyota Avanza Veloz
    Rp 286 - 331.1 Juta Cicilan mulai dari : Rp 6,53 Juta

    Mobil Toyota Lainnya

    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Raize
      Toyota Raize
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Hilux
      Toyota Hilux
    • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
      Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    • Toyota Avanza Veloz
      Toyota Avanza Veloz
    • Toyota Calya
      Toyota Calya
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Yaris
      Toyota Yaris
    • Toyota Alphard
      Toyota Alphard
    • Toyota Sienta
      Toyota Sienta
    • Toyota Vios
      Toyota Vios
    • Toyota 86
      Toyota 86
    • Toyota Corolla Altis
      Toyota Corolla Altis
    • Toyota Hiace
      Toyota Hiace
    • Toyota Kijang Innova Zenix
      Toyota Kijang Innova Zenix
    • Toyota Land Cruiser
      Toyota Land Cruiser
    • Toyota Vellfire
      Toyota Vellfire
    • Toyota Venturer
      Toyota Venturer
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota bZ4X
      Toyota bZ4X
    • Toyota CHR
      Toyota CHR
    • Toyota Camry
      Toyota Camry
    • Toyota Camry
      Toyota Camry
    • Toyota Corolla Cross
      Toyota Corolla Cross
    • Toyota GR Yaris
      Toyota GR Yaris
    • Toyota Supra
      Toyota Supra
    • Toyota Voxy
      Toyota Voxy

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
      Rp 254,4 - 307.1 Juta
      • Petrol
      • MPV
      • 1499 cc
      • Manual, CVT
      • 14 kmpl
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
      Rp 278,8 - 302.2 Juta
      • Petrol
      • SUV
      • 1496 cc
      • Manual, Otomatis
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
      Rp 233,1 - 295.8 Juta
      • Petrol
      • MPV
      • 1329 cc
      • Manual, CVT
    • Honda BRV
      Honda BRV
      Rp 281,1 - 348.6 Juta
      • Petrol
      • SUV
      • 1497 cc
      • Manual, CVT

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature