Beranda New Cars Mazda MX-30 Tandai Awal Era Mobil Listrik Mazda

Mazda MX-30 Tandai Awal Era Mobil Listrik Mazda

TOKYO, 25 Oktober 2019 – Setelah sebelumnya selalu bersikeras tetap akan mengandalkan mesin konvensional, Mazda akhirnya memperkenalkan mobil listrik pertamanya di Tokyo Motor Show 2019. Berwujud crossover, Mazda MX-30 diungkap perdana ke dunia, tapi bukan penerus MX-5.

Bukan sebuah konsep, tetapi MX-30 langsung diperkenalkan sebagai model produksi yang memadukan kepraktisan crossover dengan keramahan lingkungan powertrain listrik. Sepintas wujudnya mirip dengan proporsi CX-30 dengan dimensi lebih kompak.

Hanya satu unit motor listrik disematkan pada MX-30, terletak pada roda depan dengan sumber tenaga baterai di dasar chassis berdaya 35,5 kWh. Sejauh ini Mazda belum mengungkap informasi terkait tenaga motor listrik, namun diklaim sanggup menempuh perjalanan sejauh 200 km.

Sebuah platform baru dikembangkan oleh Mazda yang bernama e-SkyActiv, yang turut dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan canggih. Di antaranya adalah Smart Brake Support with Turn-Across Traffic detection, Road Keep Assist, Blind Spot Assist dan banyak lagi.

Keunikan dari tampilan MX-30 terlihat dari desain pintu suicide yang terakhir kali Mazda terapkan pada sportscar RX-8. Atau untuk referensi lebih baru, model pintunya seperti milik BMW i3, jadi tanpa ada pilar B.

Tidak hanya dari nama, Mazda masih memberikan sentuhan desain ala MX-5, melalui bentuk lampu belakang MX-30 yang sekilas mirip dengan milik roadster ikonik Mazda tersebut.

Desain interior masih identik dengan khas Mazda saat ini, kecuali pada konsol tengah yang berdesain layaknya platform tinggi bertingkat, dengan sentuhan panel kayu. Pengaturan AC kini diganti dengan layar digital, yang semakin sedikit menyisakan tombol fisik di dashboard.

Untuk performa dinamis khas pabrikan berbasis di Hiroshima ini, tetap hadir fitur G-Vectoring Control demi torsi optimal di setiap kondisi agar sesuai dengan input dari pengemudi. MX-30 menjadi langkah awal Mazda memasuki era elektrifikasi, sekaligus menambah line-up model crossover.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Sukses 2019, GIIAS 2020 Kembali Digelar Bulan Agustus

JAKARTA, 10 Desember 2019 – Penyelenggaraan GIIAS The Series tahun ini mencatatkan pencapaian positif di setiap kota. GIIAS 2019 The Series...

Rekor Dunia! Hyundai Nexo Bertenaga Hidrogen Bisa Tempuh 778 Km

SEOUL, 10 Desember 2019 -- Hyundai sukses mencatat rekor dunia baru untuk jarak tempuh kendaraan dengan bahan bakar alternatif. Hyundai...

McLaren Berniat Ekspansi Besar-Besaran di Asia, Ada Apa?

WOKING, 10 Desember 2019 – Wilayah Asia dilihat memiliki potensi kuat untuk pasar mobil premium, di saat kondisi pasar di Inggris sedang lesu belakangan...

Terbaik dari 45 Peserta, Abdhi Rezandi Juara Umum Kejurnas Slalom U23

JAKARTA, 9 Desember 2019 – Putaran final Kejuaraan Nasional Slalom U23 yang digelar Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersamaan dengan Honda Brio Saturday...

Rekor Baru di Seri Final Slalom Brio Saturday Night Challenge 2019

JAKARTA, 9 Desember 2019 – Seri final kompetisi slalom Brio Saturday Night Challenge (BSNC) digelar Sabtu, 7 Desember 2019, di Kawasan Ex...