Beranda Updates Libur Balapan, Sirkuit Formula E Jadi Rumah Sakit

Libur Balapan, Sirkuit Formula E Jadi Rumah Sakit

LONDON, Carvaganza.com – Di tengah hiatus musim balap akibat wabah virus Corona yang semakin mengkhawatirkan, Formula E bertindak untuk ikut membantu memperbaiki keadaan. Salah satu langkahnya adalah dengan mendirikan fasilitas kesehatan di lingkungan sirkuit balap.

Kontribusi terhadap masyarakat ini dilakukan Formula E bertempat di London, Inggris, dengan mendirikan rumah sakit sementara. Fasilitas dukungan ini didirikan di area yang seharusnya menjadi sirkuit jalan raya London untuk Formula E.

Rumah sakit ini terletak tepatnya di London ExCeL Centre, sebuah arena pameran di wilayah London Docklands. Area tersebut adalah salah satu lokasi yang akan menjadi venue sirkuit jalan raya London, saat menggelar seri pamungkas balap Formula E musim ini.

Fasilitas yang memiliki kemampuan menampung 70.000 orang ini didirikan atas kerja sama Formula E dengan Kementerian Pertahanan Inggris, untuk dibuka mulai pekan depan. Fasilitas darurat ini dibangun dengan format dua bangsal, yang dapat menampung sampai 4.000 ranjang.

RS Sementara

“Kami akan, pada pekan depan, membuka rumah sakit baru, rumah sakit sementara, NHS (Mational Health Service) Nightingale Hospital di Excel center di London,” ujar Menteri Pertahanan Inggris, Matt Hancock.

“Dengan bantuan pihak militer dan dokter NHS, kami akan memastikan bahwa kami memiliki kapasitas yang kami butuhkan sehingga semua orang dapat memperoleh dukungan yang mereka butuhkan,” katanya.

Formula E sebagai kejuaraan balap mobil listrik, menjadi seri motorsport pertama yang umumkan penundaan gelaran balapnya karena COVID-19 ini. Sejak awal Februari 2020 lalu, penundaan dimulai dengan dibatalkannya seri Sanya ePrix di China.

Formula E mendukung ExCeL London dalam pembicaraan mereka dengan pemerintah, NHS Inggris dan Kementerian Pertahanan sehubungan dengan respons nasional terhadap pandemi COVID-19,” kata pernyataan resmi pihak Formula E. “Seperti yang kami ketahui, ExCeL London memiliki fasilitas terbaik dan Formula E memuji mereka karena menawarkan bantuan mereka saat dibutuhkan.”

Libur Dua Bulan

Menghadapi kondisi wabah virus Corona yang belum terprediksi kapan akan berakhir, Formula E dan FIA memutuskan untuk menunda seri-seri yang ada musim ini selama dua bulan. Praktis, artinya tidak akan ada seri balap digelar sampai bulan Mei 2020.

Seri terakhir yang digelar sejauh ini adalah seri Maroko pada akhir Februari lalu. Sementara selama masa ‘libur’ dua bulan, seri balap yang terkena dampak adalah Seoul dan Paris. Setelahnya, seri Berlin, New York dan London dinyatakan akan tetap sesuai jadwal.

Selain diliburkan, beberapa seri lain musim ini bahkan sudah mengumumkan akan menunda dan bahkan membatalkan gelarannya. Seri Roma dan Jakarta resmi menyatakan akan menunda penyelenggaraan balapan, sementara seri Sanya resmi batal.

Dengan skema tersebut, artinya Formula E musim ini hanya akan digelar sebanyak sembilan seri, dengan lima seri telah digelar. Balapan akan kembali digelar di Berlin pada 21 Juni mendatang, dan diakhiri di London lewat double-header (dua balapan di satu akhir pekan).

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto