Beranda Updates Legenda F1 Stirling Moss Meninggal Dunia

Legenda F1 Stirling Moss Meninggal Dunia

LONDON, Carvaganza.com – Formula 1 kehilangan satu sosok lengendarisnya yang berpulang, yaitu mantan pembalap, Sir Stirling Moss. Pembalap berkebangsaan Inggris tersebut diakabrkan meninggal dunia pada hari Minggu (12/4/2020) lalu, di usia 90 tahun.

Moss meninggal karena kondisi kesehatan yang telah dan terus menurun, sejak tahun tidak pernah muncul di hadapan publik lagi tahun 2018. Pembalap yang aktif pada era awal F1 ini (1950-an) dijuluki sebagai pembalap terhebat tanpa gelar juara dunia.

Dikenal sebagai rekan setim pembalap F1 terhebat saat itu, Juan Manuel Fangio, Moss menjadi pembalap Inggris pertama yang berhasil menang balap kendang, di Aintree tahun 1955. Sepanjang karirnya, Moss memenangkan 16 kali balapan, selama aktif sepanjang 1951-1961.

Reputasi pembalap terhebat tanpa gelar juara dunia didapatnya karena berhasil empat kali menjadi runner-up kejuaraan, pada tahun 1955, 1956, 1957 dan 1958. Sepanjang karirnya di F1, Moss pernah membela tim-tim papan atas seperti Mercedes dan Maserati yang berjaya kala itu.

Le Mans

Selain di F1, legenda dengan gelar kebangsaan OBE ini juga pernah dua kali menjadi runner up Le Mans 24 Jam (1953, 1956), serta memenangkan Sebring 12 Jam tahun 1954. Sebanyak 212 total kemenangan telah diraih Moss sepanjang karir balapnya.

Karir balap Moss bisa dibilang terhenti menyusul kecelakaannya di Goodwood 1962, yang membuatnya sempat koma dan lumpuh sebagian selama enam bulan. Sejak itu, dirinya hanya tampil pada seri balap historis dan eksibisi sampai usia 81 tahun.

Tidak jarang sosoknya hadir di paddock F1, sampai pada Januari 2018 Moss putuskan untuk tidak lagi tampil di hadapan publik. Serangkaian masalah kesehatan memaksanya dirawat di rumah sakit, salah satunya ketika menderita infeksi dada pada Desember 2016.

Legenda dengan track record 529 balapan sepanjang karirnya itu, akhirnya berpulang pada 12 April 2020, di London, Inggris. Selamat jalan Sir Stirling Moss.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

Pemilik Jeep Wrangler Yang Nyangkut Di Bibir Jurang Buka Suara

CALIFORNIA, carvaganza.com – Masih ingat kan empat hari lalu Carvaganza menurunkan tulisan soal Jeep Wrangler nyangkut di bibir jurang di trek motor trail? Kejadiannya...

CSR Mitsubishi, Buka Perpustakaan dan Balai Pertemuan di Ternate

Ternate, Carvaganza - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengadakan seremoni pembukaan perpustakaan dan balai pertemuan anak di Ternate, Maluku Utara. Bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat...

Ini Dia Tampilan Generasi Baru Isuzu mu-X 2021

TOKYO, Carvaganza.com - Isuzu mu-X direncanakan beregenerasi tahun depan. Model terbarunya diduga tengah digarap pabrikan. Nah, gambar paten membongkar visual tubuh secara utuh. Diunggah...

Penuhi Kebutuhan Masa Pandemi, Isuzu mu-X Jadi Ambulans

JAKARTA, Carvaganza -- Belum pulihnya kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 membuat daya beli masyarakat turun. Astra Isuzu membuat startegi dengan menyasar segmen-segmen pelanggan yang...