Beranda Updates Laba Otomotif Astra Anjlok 79 Persen Akibat Pandemi COVID-19

Laba Otomotif Astra Anjlok 79 Persen Akibat Pandemi COVID-19

JAKARTA, Carvaganza – Pandemi COVID-19 benar-benar membuat pasar otomotif Tanah Air anjlok. Bahkan korporasi besar seperti PT Astra International juga terdampak. Bisnis otomotif Astra turun amat signifikan pada semester satu 2020 jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year). Dari sekitar Rp 3 triliun menciut menjadi kisaran Rp 700 miliar.

Dalam laporan keuangan Group Astra semester satu 2020, membukukan laba bersih dari divisi otomotif sebanyak Rp 716 miliar. Angkanya anjlok 79 persen karena pada semester satu 2019 mereka meraup Rp 3,458 triliun. Performa negatif itu terjadi akibat penurunan pasar roda dua maupun roda empat karena pandemi virus Corona (Covid-19) yang diketahui masuk Indonesia pada Maret 2020. Ini menyebabkan transaksi jual – beli drop pada kuartal kedua.

Djony Bunarto Tjondro Presiden Direktur dalam keterangannya mengatakan kinerja bisnis dan keuangan Grup Astra (Grup) sangat terdampak secara signifikan akibat pandemi COVID-19, terutama pada kuartal kedua. Langkah-langkah penanggulangan pandemi yang diterapkan di sebagian besar wilayah Indonesia telah berdampak kepada operasi Grup secara substansial, termasuk penutupan sementara kegiatan manufaktur dan distribusi otomotif, serta terdapat peningkatan secara signifikan jumlah pinjaman yang direstrukturisasi dalam bisnis jasa keuangan Grup.

“Selain itu, penurunan harga batu bara menekan bisnis alat berat, kontraktor penambangan, dan pertambangan. Pandemi ini, dan langkah-langkah yang diambil untuk mengendalikan dampaknya, diperkirakan akan terus memengaruhi kinerja hingga akhir tahun,” katanya.

Penjualan Mobil

Penjualan mobil nasional pada paruh pertama 2020, dalam laporan keuangan Astra, turun 46 persen year on year menjadi hanya 261 ribu unit (wholesales). Adapun penjualan mobil dari merek-merek yang ditangani Grup Astra drop 45 persen menjadi 139.500 unit dengan pangsa pasar stabil di 53 persen.

Pada kuartal kedua 2020, penjualan mobil Astra menurun 92 persen dibandingkan kuartal pertama. Sepanjang enam bulan pertama, ada enam model baru dan 10 model revamped telah meluncur dari merek-merek di bawah grup.

Penjualan Motor

Penjualan sepeda motor nasional, di sisi lain, menurun 42 persen year on year menjadi 1,9 juta unit pada semester pertama tahun 2020. Penjualan sepeda motor Honda yang ditangani grup menurun 40 persen menjadi 1,5 juta unit, dengan pangsa pasar meningkat dari 75 persen menjadi 77 persen.

Pada kuartal kedua tahun 2020, penjualan sepeda motor Honda menurun 80 persen dibandingkan dengan kuartal pertama. Merek ini merilis 3 model baru dan 6 model revamped selama Januari – Juni kemarin.

Komponen Otomotif

Sementara itu, bisnis komponen otomotif melalui PT. Astra Otoparts mencatatkan rugi bersih Rp 296 miliar dibandingkan laba bersih sebesar Rp 246 miliar pada semester pertama tahun lalu. Penyebabnya terutama adalah penurunan pendapatan dari segmen pabrikan (OEM/original equipment manufacturer) dan pasar suku cadang pengganti (REM/replacement market).

Pendapatan bersih konsolidasian Grup Astra pada semester pertama 2020 sebesar Rp 89,8 triliun, menurun 23 persen dibandingkan  dengan periode yang sama tahun lalu. Laba bersih Grup Astra sebesar Rp 11,4 triliun, meningkat 16 persen dibandingkan dengan semester pertama tahun 2019, termasuk keuntungan dari penjualan saham di Bank Permata. Tanpa memasukkan keuntungan penjualan ini, laba bersih Grup menurun 44 persen menjadi Rp 5,5 triliun, terutama karena penurunan kinerja divisi otomotif, alat berat dan pertambangan, dan jasa keuangan, yang disebabkan oleh dampak pandemi COVID-19 dan langkah-langkah penanggulangannya,” kata Djony Bunarto Tjondro.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Bunga 0% dan Cicilan Ringan Kalau Beli Mitsubishi Agustus Ini

JAKARTA, Carvaganza – Mitsubishi Motors bersiap memeriahkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan...

F1: Adu Strategi, Verstappen Taklukkan Mercedes di Silverstone

SILVERSTONE, Carvaganza,com – Butuh lima seri setidaknya musim ini untuk Formula 1 mendapatkan pemenang balap selain Mercedes. Berjaya lewat strategi jitu, Max Verstappen finish...

Mercedes-Benz Indonesia Kembali Beri Bantuan untuk Warga di Wanaherang

JAKARTA, Carvaganza – Guna membantu meringankan beban warga akibat dari pandemi COVID-19, karyawan Mercedes-Benz Indonesia kembali mengulurkan tangan mengadakan aksi sosial program donasi. Melalui...

Tambah Jaringan, Resmi Dibuka Wuling Arista Cimahi

CIMAHI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 memberikan pukulan yang cukup berat bagi semua sektor dan ekonomi nasional. Salah satunya adalah sektor otomotif yang sangat terdampak...

Top 20 Desain Terbaik Honda Brio Virtual Modification #3

JAKARTA, Carvaganza – Ajang modifikasi Honda Brio Virtual Modification #3 mampu menarik perhatian para desainer dan modifikator Tanah Air. Sejak dibuka 11 Mei lalu...