Klaim Asuransi Kendaraan Tanpa Kendala? Begini Caranya

Tips-Asuransi-Mobil_05

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi kendaraan kini menjadi bagian penting dari kepemilikan mobil kesayangan Anda. Yap, asuransi akan membebaskan diri dari biaya ekstra yang harus dikeluarkan ketika terjadi kerusakan pada mobil karena akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Terdapat pula opsi perluasan jaminan asuransi yang dapat meng-cover kerugian pihak ketiga yang terlibat kecelakaan. Termasuk, asuransi juga menjamin mobil yang menjadi korban banjir atau kerusuhan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Saat membeli mobil baru Toyota, mengambil asuransi kendaraan merupakan langkah yang bijaksana untuk membuat Anda merasa lebih aman dan tenang. Asuransi kendaraan akan sangat membantu ketika mobil Anda mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau hilang dicuri. Pastikan pembelian asuransi dengan pilihan klaim di bengkel authorized, Auto2000. Karena bengkel Bodi & Cat Auto2000 siap melayani klaim asuransi dengan proses yang mudah, hasil perbaikan berkualitas sesuai standar Toyota global ” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Selasa (28/12/2021).

Lalu bagaimana caranya agar klaim asuransi bisa diterima tanpa kendala? Ini cara melakukan klaim asuransi yang benar supaya kerusakan pada mobil dapat ditanggung oleh penyedia asuransi. Berikut tipsnya:

1. Segera Hubungi Asuransi Mobil

Langkah pertama adalah melaporkan kejadian kehilangan atau kecelakaan ke cabang asuransi terdekat dengan lokasi kejadian, bahkan beberapa asuransi sudah menerapkan sistem pelaporan online. Pelaporan merupakan langkah paling penting karena semakin cepat Anda mengajukannya, akan semakin mudah pula pengajuan klaim asuransi mobil. Oleh sebab itu, pastikan untuk segera melaporkannya maksimal 3 hari setelah kejadian. Pelaporan juga bisa secara mudah langsung dilakukan di beberapa bengkel Bodi & Cat Auto2000 dimana petugas asuransi stand by di lokasi, khususnya pemilik polis Asuransi Astra.

tips asuransi mobil

2. Siapkan Bukti Kecelakaan atau Kehilangan

Langkah ini akan menjadi bukti bahwa kerusakan atau kehilangan mobil bukanlah sesuatu yang direncanakan. Jika mobil Anda mengalami kerusakan, maka bukti yang dapat disiapkan dapat berupa foto dari panel bodi yang rusak. Sementara jika hilang, bukti yang bisa disiapkan berupa rekaman CCTV jika tersedia.

3. Jelaskan Kronologis secara Lengkap dan Detail

Semakin jelas dan rinci Anda menjelaskan kronologi kejadian, maka akan semakin mudah pula proses klaim asuransinya. Pastikan AutoFamily menjawab pertanyaan dengan tenang dan tidak berbelit-belit supaya mudah dimengerti.

4. Lengkapi Persyaratan Klaim Asuransi Mobil

Tahapan keempat adalah menyiapkan data dokumen kendaraan, seperti STNK mobil dan SIM pengemudi, serta polis asuransi kendaraan yang masih berlaku. Pastikan semua surat tersebut masih berlaku saat kejadian karena kalau surat-surat tersebut ‘mati’, maka klaim asuransi dapat ditolak.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyaksikan program Tanya Auto dari kanal resmi Youtube Auto2000 ID di tahun 2021. Ada tema khusus tentang Tips Asuransi Mobil pada Kamis, 30 Desember 2021, Pukul 19.00 WIB bersama host Evi Soviasari sebagai Kepala Cabang Auto2000 Kapuk, Jakarta Utara. Anda dapat mempelajari keuntungan asuransi dan cara mudah mengurus klaimnya sehingga merasa tenang dan nyaman.

Tidak hanya asuransi mobil, Anda juga dapat mengakses konten bermanfaat lainnya yang disediakan di chanel Youtube Auto2000, seperti tips & trick serta review mobil baru untuk mendapatkan informasi aktual dan terpercaya terkait kepemilikan mobil Toyota. (RAJU)

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature