Beranda Updates KIA Buka Peluang Bawa Crossover Sonet ke Indonesia

KIA Buka Peluang Bawa Crossover Sonet ke Indonesia

JAKARTA, Carvaganza — Kia kembali bangkit sejak berada di bawah naungan Indomobi Group. Transformasi langsung dilakukan. Mereka menyiapkan rangkaian strategi termasuk melengkapi line-up yang ada di Indonesia. PT Kreta Indo Artha sebagai pemegang merek Kia saat ini membuka peluang memboyong crossover Sonet.

Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, mengatakan hingga sekarang ini belum memiliki jadwal pasti untuk mendatangkan Sonet di Indonesia. Tetapi Ario mengakui bahwa Sonet memang sedang melakukan uji coba di Indonesia untuk keperluan pengembangan tim research and development (R&D) Kia. Kolega kami, Carvaganza, pernah mendapatkan foto tentang uji jalan Sonet beberapa waktu yang lalu. Segmen SUV dan crossover memang menjadi kue paling menggiurkan saat ini. Sebelumnya, Kia sudah mendatangkan Seltos.

“Itu memang pihak prinsipal sedang melakukan tes di Indonesia, mereka langsung dari Korea mengadakan tes,” kata Ario Soerjo dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) beberapa waktu lalu.

Meski demikian, ia mengakui tidak tahu menahu mengenai hasil pengetesannya seperti ini. Dia menjelaskan bahwa uji coba jalan tersebut langsung dipegang oleh pihak Korea Selatan, dan pihak Indonesia tidak dilibatkan dalam pengetesannya tersebut. “Kami APM (Agen Pemegang Merek) tidak dilibatkan karena itu pekerjaan mereka. Mereka lagi road test beberapa ribu kilometer dalam beberapa waktu tertentu. Seharusnya bulan depan selesai. Hasil tesnya seperti apa saya tidak tahu, karena tesnya keliling Jawa, titik awal di Bandung,” tutur Ario.

Baca juga: Kia Sonet Buka Selubung, Klaim SUV Tercanggih di Kelasnya

Model

Ia mengatakan soal peluang Sonet sangat berpeluang masuk Indonesia. Sesuai karakteristiknya, mobil ini mengusung konfigurasi tujuh orang penumpang yang sesuai dengan karakteristik konsumen Indonesia.

“Semua model-model Kia sedang dipelajari, terutama yang setir kanan. Karena negara kita ini agak tertinggal soal emisi. Padahal negara lain sudah bicara Euro 5 dan lainnya. Betul, Kia Sonet diuji jalan di Indonesia. Biasanya kalau tes jalan, probabilitasnya sekitar 90 persen masuk sini. Kami berharap ini dapat terealisasi sehingga konsumen semakin banyak pilihan,” terang Ario.

Untuk diketahui, Kia Sonet belum mendebut. Pengujian dilakukan di sejumlah negara yang jadi incaran penetrasi. Namun berdasar info dari kolega OTO.com di India, unit segera dirilis pada pertengahan September 2020 di sana. Ada tiga opsi enjin tersedia: 1,2 liter bensin yang disedot secara alami, lalu 1,0 liter turbo bensin dan mesin diesel 1,5 liter.

Kira-kira mana yang paling cocok untuk market sini? Sekadar ramalan saja. Jika Sonet ambil posisi bertengger di bawah Kia Seltos 1,4 liter turbo. Maka mekanikal pacu berbahan bensin dirasa selaras bagi konsumen. Baik 1,5 liter Naturally Aspirated maupun 1,0 liter turbo. Sebab sejauh ini penerimaan terhadap diesel kecil belum begitu apik.

Baca juga: Kia Rilis Desain Baru Stinger, Dirilis Akhir Tahun

Spesifikasi Sonet

Lewat Sonet, Kia ingin menampilkan sebuah kendaraan harapan gaya hidup, juga sofistikasi teknologi. Itu semua terpapar dalam rancang bangun luar dalam. Lihatlah, kisi-kisi depan dipahat khas bahasa Tiger Nose. Bentuk terbelah dua bagian berupa jaring-jaring besar.

Rancangan inferior sudah ditanggalkan. Berganti dengan alur geometri apik pada lekukan tubuh. Mimik sangar terpancar dari garis lampu daytime running dan bingkai kromium di depan. Pun pada buritan Sonet. Pencahayaan belakang model bar LED terpasang indah menyatukan dua rumah lampu belakang. Logo Kia melekat tepat di tengah.

Lalu jeroan Kia Sonet dibilang mengisyaratkan ruang interior terbaik di kelasnya. Perangkat kabin diperkirakan tak jauh-jauh dari milik Seltos. Perusahaan sudah memberi salah satu bocoran kelengkapan interior. Di dalam Sonet, dipasang sistem navigasi termasuk head unit layar sentuh 10,25 inci. Bisa tersambung UVO Connect dan pakai peranti pemanja telinga Bose audio premium.

Jika masuk Indonesia berapa kira-kira harga yang pas untuk SUV satu ini? “Harga di bawah Seltos, ya maunya begitu, kalau di atas Seltos kami susah jualannya. Sudah banyak yang berspekulasi soal harga jual, padahal di India angka pastinya belum keluar,” pungkas Ario. Seltos sendiri dijual paling murah Rp 295 juta (on the road DKI Jakarta) dan dikirim secara utuh dari India. Mobil ini sudah mulai diniagakan di Indonesia sejak awal 2020 ini.

Baca juga: Kia Grand Sedona Meluncur, Ini Perubahan dan Spesifikasi Lengkapnya

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...
video

VIDEO: Duel Maut McLaren 720S Spider Versus Porsche Taycan Turbo S

LONDON, Carvaganza.com - McLaren 720S lawan Porsche Taycan di lintasan drag? Ini duel yang seru. Dan mungkin banyak yang underestimate Taycan karena bentuknya. Taycan...