Kia Grand Sedona Meluncur, Ini Perubahan dan Spesifikasi Lengkapnya

SEOUL, Carvaganza.com - Kia Motors akhirnya mengungkap jelas spesifikasi Carnival terbaru. Mobil yang lebih dikenal dengan nama Grand Sedona di Tanah Air, mendapat ubahan signifikan di berbagai area. Grand Utility Vehicle – sebutan Kia untuk Carnival/Sedona, dibuat lebih tampan dengan sentuhan nuansa tangguh.

Generasi keempat ini tetap menganut desain grille khas hidung macan alias Tiger Nose. Walau tak terlalu kentara layaknya model lain. Dominan yang berpadu apik penerangan utama, seolah keduanya terintegrasi. Detail tajam diselipkan lewat daytime running light (DRL) yang menjalar dari tepian kisi-kisi ke bagian bawah lampu. Pencahayaan berbentuk kotak sipit terkesan tajam, menciptakan keseluruhan wajah Carnival yang modern.

Aura sama terbesit pada buritan. Bak visor di helm Robocop, palang lampu memanjang sepanjang lebar mobil yang menyatu kampu kombinasi. Di bawah terpasang skidplate metalik yang memberi aksen kokoh. Body dilabur delapan pilihan warna, dan disempurnakan tiga opsi ukuran velg: 17, 18 dan 19 inci, tergantung varian.



Soal dimensi, Kia malah membuatnya semakin bongsor, yakni 5.155 x 1.995 x 1.130 mm (PxLxT) atau melebar 10 mm, memanjang 40 mm dan lebih tinggi 30 mm. Perlakuan sama diterapkan pada jarak sumbu roda yang melar 30 mm atau menjadi 3.090 mm. Ini tentu berdampak pada kelapangan kabin, makin nyaman terutama untuk penumpang buritan dan ruang bagasi lebih akomodatif.

Tengok saja kapasitas angkut barang, ketika jok baris ketiga ditegakkan, tersedia 627 liter kargo. Bila bangku tengah dan paling belakang diratakan, langsung melejit 2.905 liter. Akses ke area bokong juga dimudahkan, lantaran ketinggian lantai dengan permukaan tanah direndahkan 26 mm (640 mm). Unit tersedia dalam dua konfigurasi tempat duduk. Setelan delapan penumpang menjadi standar, sementara captain seat di tengah menjadi opsional.

Interior makin atraktif, yang tidak kalah dengan eksterior, karakter futuristik terpancar kuat. Paling menarik layar digital ganda. Terdiri dari 12,3 inci pada panel instrumen dan 12,3 inci untuk head unit yang dibingkai menyatu. Perangkat bisa dikontrol lewat tombol sentuh di sekitar, atau memanfaatkan panel control di konsol tengah.



Ada fitur unik yang disebut Rear Passenger View & Talk. Penumpang depan dapat menggunakannya untuk melihat penumpang buritan lewat layar infotainment. Sehingga tak perlu memalingkan kepala ke belakang. Komunikasi pun dimudahkan, karena suara dari kedua sisi dikeraskan pakai speaker.

Jantung mekanis bervariasi. Paling bertenaga berspesifikasi V6 berkubikasi 3,5 liter berteknologi GDi (Gasoline Direct Injection), dengan daya tertinggi mencapai 294 PS (289 hp) dan torsi 355 Nm. Ini didukung sistem sirkulasi gas baru yang lebih efisien dan membantu menjaga suhu ruang pembakaran lebih baik. Terdapat pula perangkat manajemen thermal terintegrasi anyar dan sistem cross-flow untuk menjaga temperatur operasional.

Opsi lain V6 3,5 liter MPi yang ber-output lebih kecil: 272 PS (268 hp) dan 332 Nm. Walau begitu, teknologi pada mesin paling powerful ikut dibenamkan. Sedangkan mesin diesel kubikasinya paling kecil, 2,2 liter, menciptakan 202 PS (199 hp). Tapi torsi melimpah yakni 404 Nm. Ada perubahan pada material pembentuk, yaitu jika sebelumnya besi tempa kini aluminium, sehingga bobotnya lebih ringan 20 kg. Ketiga dapur pacu disandingkan transmisi otomatis 8-speed, yang dikontrol lewat tombol putar shift-by-wire di konsol tengah.



Fitur keselamatan pun lengkap. Ada Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), Blind-Spot View Monitor (BVM), High Beam Assist (HBA), Smart Cruise Control (SCC), Navigation-based SCC (NSCC), Lane Following Assist (LFA), Highway Driving Assist (HDA) dan Surround View Monitor (SVM). Termasuk Safe Exit Assist (SEA) akan mengunci pintu samping ketika mendeteksi mobil datang dari samping atau belakang. Tujuannya mengantisipasi penumpang muda keluar mobil.

Perlindungan ketika mengalami insiden ditopang tujuh kantung udara. Sementara pengendalian distabilkan Vehicle Stability Management (VSM) and Electronic Stability Control. Untuk memudahkan dan meningkatkan keamanan saat parkir, tersemat Rear View Monitor (RVM), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Parking Distance Warning (PDW) depan-belakang.

Lengkap sudah informasi Carnival terbaru. Sayang, Kia belum mengumumkan secara resmi berapa harga jual. Melihat segudang perubahan, perkiraan ada kenaikan banderol.

MUHAMMAD HAFID

Artikel yang direkomendasikan untuk anda