Beranda Updates Kejutan Dua Debutan Asal Cina di FORWOT Car of the Year 2018

Kejutan Dua Debutan Asal Cina di FORWOT Car of the Year 2018

JAKARTA, 17 September 2018 – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) mengumumkan 5 finalis dalam FORWOT Car of the Year 2018. Ada kejutan karena dari kelima nama terdapat dua debutan asal Cina, DFSK dan Wuling.

Pada ajang bergengsi ini, FORWOT Car of the Year berhasil menghimpun 23 mobil benar-benar baru bukan minor change, major change, dan penambahan varian dari pabrikan asal Jepang, Korea, Amerika, hingga Eropa. Dari 23 mobil, mayoritas suara menjatuhkan pilihan pada lima model (berdasarkan abjad) yaitu: DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush, dan Wuling Cortez.

Masuknya nama SUV DFSK Glory 580 dan MPV Wuling Cortez menjadi catatan tersendiri. Pasalnya, kedua pabrikan asal Cina ini, mampu bersaing dan mendapat penilaian cukup apik dari jurnalis otomotif anggota FORWOT.

Keduanya bersaing dengan nama-nama lawas seperti Xpander MPV dari Mitsubishi serta Suzuki Ertiga, dan SUV baru milik Toyota, All New Rush.

Kehadiran dua pabrikan otomotif asal Cina ini memang tengah jadi perbincangan ketika tampil di pameran GIIAS 2018. Keduanya cukup mendapat apresiasi dari para pengunjung GIIAS 2018. Di GIIAS 2018, DFSK meluncurkan mobil Glory 580, sedangkan Wuling memamerkan SUV Baojun 350, dan dua MPV Confero dan Cortez.

Berdasarkan riset PT Binokular Media Utama — perusahaan yang sudah 9 tahun malang melintang di industri media monitoring dan riset media — dari 3.130 berita selama GIIAS 2018 berlangsung, pemberitaan mengenai Wuling lebih banyak dibandingkan DFSK. Wuling selama GIIAS berlangsung disebut dalam 290 pemberitaan, sedangkan DFSK hanya disebut dalam 263 pemberitaan.

Yang cukup menarik perhatian, 2 pabrikan otomotif asal Tiongkok ini, selama GIIAS 2018 berlangsung, lebih banyak disebut dalam pemberitaan dibandingkan pabrikan-pabrikan asal Jepang yang terlebih dulu bercokol di Indonesia, seperti Nissan yang hanya disebut di 208 pemberitaan, Isuzu yang hanya disebut di 128 pemberitaan dan Mazda yang disebut di 115 pemberitaan.

Nah, apakah salah satunya akan membuat kejutan?

RAJU FEBRIAN