Jelang Suntik Mati, Alfa Romeo 4C Spider Dapat Edisi Perpisahan

MILAN, Carvaganza.com – Alfa Romeo 4C sudah semakin dekat menemui kepunahannya, karena akan segera dihentikan produksinya. Setelah 4C Coupe resmi disudahi produksinya tahun lalu, kini tinggal 4C Spider yang menghitung hari. Namun sebelum itu semua terjadi, Alfa Romeo masih meluncurkan edisi khusus 4C Spider sebagai tanda perpisahan.

Mobil sport yang banyak menuai pujian ini dihadirkan edisi terbatas, yaitu 4C Spider 33 Stradale Tributo Edition. Untuk varian terbatas ini, Alfa Romeo memberikan sentuhan khusus pada 4C yang terinspirasi dari salah satu model klasik dan ikonik mereka. Seperti namanya, 4C Spider mendapat sentuhan yang diadopsi dari 33 Stradale lansiran 1967.

Model klasik tersebut menjadi ikonik karena di masanya merupakan salah satu mobil pertama di dunia yang mengawali era supercar di industri otomotif. Dan seperti angka yang terkandung dalam namanya, hanya 33 unit 4C Spider edisi terbatas ini akan diproduksi. Tampilan klasik dan ikonik dari 33 Stradale bisa dijumpai pada 4C Spider spesial ini.

Warna merah masih diterapkan Alfa Romeo untuk eksterior 4C, yang adalah warna kebangsaan Italia di dunia balap. Namun bukan warna merah biasa, karena disebut sebagai Rosso Villa d’Este dengan tiga lapis finishing. Warna eksklusif tersebut dipadukan oleh waran gray-gold yang melabur velg alloy bawaan 4C, berdiameter 18 inci di depan dan 19 inci di belakang. Selain itu, ada juga aksen merah transparan pada monokok serat karbon, yang pertama kali diterapkan untuk 4C Spider.

Tidak hanya di luar, keistimewaan mobil ini juga ditampilkan dari dalam kabinnya. Seperti seluruh jok yang dibuat dari bahan komposit, dengan balutan material suede dan kulit tobacco. Simbol eksklusivitas 4C Spider 33 Stradale Tributo ditunjukkan melalui plakat dengan nomor seri terpasang pada dashboard, side sill, dan konsol tengah.

Setiap unit 4C Spider 33 Stradale Tributo juga masih akan mendapatkan buku yang senada dengan mobil, sesuai nomor seri, hasil rancangan Centro Stile. Divisi ini adalah yang turut terlibat dalam seluruh proyek 4C, mulai dari konsep sampai teknologi, material, dan perakitannya di Modena.selain 4C, Centro Stile juga punya andil dalam sejarah kelahiran 33 Stradale.

Selain soal tampilan, Alfa Romeo masih berikan sederet spesifikasi khusus untuk mobil ini. Bisa dibilang, fitur dan tambahan yang sebelumnya menjadi opsional, kini menjadi standar di 4C pamungkas. Sebut saja knalpot ganda buatan Akrapovic, lampu utama bi-xenon, charger baterai, cover mobil, juga serat karbon pada sayap belakang dan halo. Pada spion luar, diberikan aksen nasionalis yaitu strip tri colore alias bendera Italia.

Yang tidak berubah dari spek bawaan 4C Spider adalah pada sisi jantung pacu. Alfa Romeo mempertahankan performa mesin empat silinder 1,75 liter turbo, yang menghasilkan 237 hp dan torsi 350 Nm. Mesin manyalurkan output ke roda belakang via transmisi dual-clutch 6-speed. Kemampuan akselerasinya pun tetap sama, yaitu 0-100 km/jam dalam 4,1 detik, dengan top speed pada 257 km/jam.

Untuk meminangnya, tentu Anda harus bersaing dengan seluruh penggemar Alfa Romeo di dunia, mengingat jumlahnya hanya 33 unit. Harga yang dipatok untuk 4C Spider 33 Stradale Tributo Edition adalah mulai $ 79.995 atau sekitar Rp 1,131 miliar sebelum pajak.

Sumber: Carscoops, Motor Trend



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda