Beranda Updates Jelang Status Baru, Mobil Formula E Berevolusi

Jelang Status Baru, Mobil Formula E Berevolusi

PARIS, Carvaganza.com – Formula E siap menyambut era baru di musim depan dengan merilis evolusi dari mobil balap saat ini, disebut sebagai Gen2 EVO. Mobil ini akan dipakai untuk musim perdana Formula E dengan status kejuaraan dunia, mulai musim depan.

Gen2 EVO menjadi pengembangan pertama dari mobil balap Formula E terbaru, yang sudah dipakai sejak musim balap 2018/2019. Ubahan dan peningkatan yang terjadi pada mobil ini banyak melibatkan sektor aerodinamika.

Chassis Gen2 akan dipakai saat musim 2020/2021 berlangsung, dengan status akhirnya sebagai kejuaraan dunia. Sejak pertama kali digelar tahun 2014, balap mobil listrik pertama di dunia ini tidak digelar sebagai balap kejuaraan dunia dari FIA.

Ubahan dari mid-life refreshment mobil Gen2 dimulai dari profil baru sayap depan, yang direvisi desainnya dengan tambahan elemen di bagian atas. Bagian tersebut sebenarnya adalah bagian tambahan berasal dari fairing atau fender depan yang kini hilang, yang sebelumnya menutup sisi atas ban depan.

Adopsi Teknologi F1

Sayap fairing roda depan yang sebelumnya terhubung ke bodywork samping, kini terpisah masing-masing. Bodywork di samping kini menjadi seperti bargeboard yang mengalirkan udara ke sidepod, seperti mobil F1.

Agak ke belakang dari sidepod, terdapat tambahan turning vane yang menutup bagian depan dari roda belakang. Seperti di depan, roda belakang kini tidak lagi tertutup di bagian atas, berkat ubahan desain dari sayap belakang Gen2 EVO.

Bilah sayap belakang yang terpisah di sisi kanan dan kiri kini dipindah ke bagian dalam chassis, menimbulkan kesan open-wheeler sejati. Ubahan dari evolusi ini ditujukan meningkatkan downforce mobil, khususnya saat melahap tikungan kencang.

Satu elemen baru pada chassis Gen2 EVO yang diadopsi dari mobil balap formula non-elektrik adalah shark fin di belakang roll hoop. Perangkat ini akan menjadikan mobil lebih stabil di tikungan dan mencegah yaw effect akibat terpaan angin dari samping.

“Gen2 sudah tampil menonjol sebagai salah satu mobil balap paling menarik yang ada di trek, dan seperti namanya, Gen2 EVO adalah evolusi lain dari desain yang khas,” kata CEO Formula E, Alejandro Agag. “Seperti yang kami lakukan dengan mobil generasi pertma, Gen2 EVO diberi bodywork yang diprofil ulang agar terlihat lebih ramping dan gesit.”

Sejauh ini tidak disampaikan soal ubahan pada performa sistem penggerak, baik baterai dan motor listrik dari Gen2 EVO. Formula E juga mempertahankan ban dengan spek jalan raya dari Michelin, berdiameter 18 inci.

Formula E akan memamerkan mobil Gen2 EVO untuk pertama kalinya di hadapan publik, saat hadiri Geneva Motor Show 2020, bulan Maret mendatang.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Gaikindo Gaungkan Keselamatan Berkendara di Ajang GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO. Tak hanya di kendaraan penumpang, tema ini juga digaungkan lewat penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International...

Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

MEDAN, Carvaganza.com – Daihatsu kembali menggandeng Alan & Susy Technology (ASTEC) menyelenggarakan turnamen bulutangkis yaitu Daihatsu Astec Open 2020. Kompetisi ini yang dibuka di...

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat...

Astra Auto Fest 2020 Catat 3.500 SPK dan Transaksi Rp 700 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19 – 23 Februari di Astra Biz Center BSD City lalu berakhir manis. Penyelenggara...

Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

DENPASAR, Carvaganza.com – Pabrikan otomotif Wuling Motors resmi menjadi salah satu sponsor utama tim sepak bola Bali United. Kolaborasi itu, menargetkan perluasan merek dan...