Beranda Updates Jasa Marga Bali Buka Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Tol Mandara

Jasa Marga Bali Buka Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Tol Mandara

DENPASAR, Carvaganza.com – Pengadaan infrastuktur pendukung kendaraan listrik terus digenjot pemerintah dan jajarannya. Salah satunya adalah PT Jasamarga Bali Tol (JBT) yang meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Selasa (28/1/2020) kemarin.

SPKLU yang diresmikan ini berlokasi di Pool Ruas PT JBT. Ini merupakan hasil kerjasama PT JBT, kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang mengelola Jalan Tol Bali Mandara (Nusa Dua – Ngurah Rai – Benoa), bersama PT PLN (Persero) dan PT Opinteh  Djojo Indo. Keberadaan SPKLU ini diharapkan turut mendukung penerapan teknologi ramah lingkungan serta konsep Green Toll Road yang dicetuskan oleh Jasa Marga.

Peresmian dilakukan Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur yang juga menjabat Komisaris Utama PT JBT, General Manager PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa, serta Komisaris Utama PT Opinteh Djojo Indo Amin Gondo Sabtono.

Walau diakui baru tersedia satu unit, tapi menurut Direktur Utama PT JBT, Enkky Sasono, ke depannya diharapkan dapat terus bertambah di semua area pintu masuk Jalan Tol Bali Mandara. Namun, hal ini perlu dilihat terlebih dahulu bagaimana penetrasi mobil listrik di Bali.

“Ekosistem mobil listrik saat ini, khususnya di Bali, memang belum berkembang secara signifikan. Meski begitu, pembangunan SPKLU merupakan langkah konkret terhadap regulasi terkait, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (30/01).

Dukungan pada Program Pemerintah

Adapun regulasi yang dimaksud adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Perpres itu pun disambut positif Gubernur Bali, melalui penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih; dan Pergub Bali Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“Membiasakan sesuatu yang baru, tentu tidak mudah. Tapi perlu kami tegaskan, ini adalah langkah awal dalam mendukung apa yang telah ditetapkan pemerintah,” tambahnya.

Sesuai dengan misinya, yakni “Mengoperasikan Jalan Tol dengan Tetap Menjaga Keasrian Lingkungan dan Budaya Bali”, ke depan PT JBT juga akan mengembangkan sumber-sumber energi baru untuk transportasi yang ramah lingkungan, misalnya energi sel surya atau matahari.

Rencananya, PT JBT akan menggunakan teknologi sel surya di sepanjang jalur motor pada Jalan Tol Bali Mandara. Keuntungan lain dari pengimplementasian perangkat ini, dikatakan akan melindungi pemotor dari terpaan angin.

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...

Pabrikan Sportscar Perancis Ini Ingin Jadi Ferrari Versi Mini

PARIS, Carvaganza.com – Setiap pabrikan otomotif punya cara dan strateginya sendiri untuk menegaskan eksistensinya di tengah pasar. Apalagi, kalau merek yang dibawa sempat lama...