Beranda New Cars Jaguar F-Type Facelift Hadir Sambut 2020, Tantang Vantage dan AMG GT

Jaguar F-Type Facelift Hadir Sambut 2020, Tantang Vantage dan AMG GT

COVENTRY, 3 Desember 2019 – Setelah belakangan hampir selalu menampilkan mobil listrik sebagai highlight produk terbaru mereka, kali ini Jaguar memperkenalkan versi baru dari sportscar andalan mereka. Jaguar F-Type diperkenalkan dalam versi facelift menyambut akhir tahun.

Facelift ini menjadi yang pertama untuk F-Type sejak pertama kali meluncur pada tahun 2013 lalu. Tampilan baru F-Type menjadikannya tampak lebih sleek dan sporty, khususnya pada fascia depan.

Model year 2020 untuk F-Type ini kini punya tampilan yang berkesan lebih kencang, karena bentuk lampu depan yang berubah menjadi memanjang dan pipih menyamping. Desain khas Jaguar hadir melalui LED DRL berbentuk J pada sisi bawah lampu utama.

Identitas F-Type dari sebelumnya bisa dikenali dari grille depan yang kini lebih besar dan lebih cekung ke arah dalam. Grille lebih besar diikuti oleh dimensi intake pada bagian samping yang juga menjadi lebih besar.

Kap mesin punya desain lubang udara yang baru, diikuti ventilasi gaya baru pada fender depan untuk menyesuaikan desain baru pada velg. Sementara bagian belakang nyaris tidak ada ubahan dari sebelumnya, kecuali aksen LED pada lampu belakang yang menyamakan DRL di depan.

Tampilan familiar masih ditemui juga pada interior, yang ubahannya terfokus pada sistem infotainment lewat layar 12,3 inci Touch Pro yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Update software bahkan bisa dilakukan over-the-air alias tanpa harus datang ke dealer resmi.

Panel instrumen F-Type 2020 kini sudah full digital, seperti model terbaru Jaguar lainnya. Selebihnya tidak ada ubahan berarti pada interior F-Type kecuali pilihan trim untuk pelapis dashboard dan jok.

Ada fitur baru untuk varian V8 yaitu Quite Start Function yang membuat suara mesin teredam, agar tidak mengganggu sekitar saat berada di lingkungan sepi. Fitur ini bekerja dengan actuator katup pada sistem knalpot, yang secara elektris akan menutup saat starter.

Mesin V8 5.0 liter supercharged 567 hp dengan torsi 700 Nm untuk varian F-Type R, berkremampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,5 detik. Sementara mesin V6 3.0 liter supercharged menghasilkan 380 hp dan torsi 459 Nm, diikuti varian empat silinder 2.0 liter turbo dengan 296 hp dan 400 Nm.

Seluruh mesin bertransmisi otomatis 8-speed ZF, dengan standar penggerak roda belakang. Penggerak all-wheel drive tersedia untuk varian V6 sebagai standar, sementara untuk varian mesin lain tersedia opsional.

Saat ini F-Type facelift baru tersedia untuk pasar Inggris, dengan harga jual mulai £ 54.060 atau setara dengan Rp 991 jutaan. F-Type dengan segala penyegarannya siap menantang gran tourer lain seperti Aston Martin V8 Vantage, Mercedes-AMG GT dan BMW Seri 8.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Mau Jalanan Bebas Macet, Hilangkan Kebiasaan Tailgating!

MASSACHUSSETTS, Carvaganza.com - Perilaku menguntit mobil di depan dengan jarak dekat acap kali ditemui di lalu lintas Indonesia. Isitilahnya tailgating, kebiasaan buruk yang tanpa...

Di Imola, F1 akan Gelar Grand Prix Format Lebih Singkat

IMOLA, Carvaganza.com – Tahun ini, sudah dipastikan Sirkuit Imola akan menggelar lagi balapan Formula 1, setelah absen lama sejak 2006. Pada balapan ini, F1...

Diluncurkan Besok, 5 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Toyota Corolla Cross

JAKARTA, Carvaganza.com – Besok pada hari Kamis, 6 Agustus, Toyota Corolla Cross bakal diluncurkan secara resmi ke pasar nasional, setelah sekitar sebulan lalu dirilis...

Kaca Mobil Pecah karena Kejahatan, Bisakah Diganti Asuransi?

JAKARTA, Carvaganza -- Risiko tindak kejahatan dapat selalu mengintai kapanpun dan dimanapun mobil berada. Salah satunya adalah mobil yang sedang ditinggal tanpa pengawasan. Sering...

Penerus McLaren F1, Gordon Murray T.50 Definisikan Makna Supercar Sejati

LONDON, Carvaganza.com – Pada era 1990-an lalu, segmen supercar pernah dihebohkan oleh lahirnya McLaren F1 yang tidak hanya kencang, tapi juga sangat inovatif. Sampai...