Beranda EDITOR'S PICKS INTERVIEW: Iki Wibowo, Young Generations

INTERVIEW: Iki Wibowo, Young Generations

Dalam hal sales volume, Kia memang tidak begitu besar namun mendapat tempat tersendiri di kalangan konsumen tertentu.

Iki Wibowo, President Director Kia Mobil Indonesia (Foto-foto: Rahmat “Dolay” Hidayat)

MEMILIKI passion di dalam bekerja adalah sangat penting. Karena dengan passion segala sesuatu akan terasa menyenangkan jika dikerjakan. Hal itu yang dirasakan oleh Iki Wibowo, President Director PT Kia Mobil Indonesia, ketika berkecimpung di dunia otomotif. Baginya otomotif sudah seperti darah yang mengalir di dalam sendi.

Selain menyenangi mobil, pria lulusan perguruan tinggi di Amerika Serikat ini juga menyenangi motor. “Saya menyenangi dunia otomotif baik mobil maupun motor. Dulu saya pernah main motor trail, tapi bukan hardcore hanya untuk main-main ringan saja. Sekarang saya banyak main motor sport dengan kapasitas mesin besar,” ujarnya. “Karena saya passionate terhadap dunia ini, saya sangat enjoy dan rileks menikmatinya.”

Sebagai punggawa puncak Kia di Indonesia, menurutnya brand Korea Selatan ini merupakan brand yang sedang tumbuh di hampir semua belahan dunia. “Desain Kia sangat menarik dan setiap tahun bertambah baik dan enak dilihat. Fitur-fiturnya pun semakin bagus, kontemporer, modern dan canggih. Kia pun sekarang ini diperkuat oleh engineer-engineer Eropa yang memiliki pengalaman luar biasa di bidangnya,” imbuh penyuka warna biru ini.

Lantas seberapa growing dan developed mobil Kia itu? “Dalam hal ini saya ingin mengambil contoh  contohnya adalah Kia Stinger. Tapi sayang mobil ini belum bisa masuk ke Indonesia karena belum ada yang versi setir kanan. Mungkin nanti jika sudah diproduksi setir kanan, kami akan coba memasukkannya ke Indonesia.”

“Menurut saya, Kia Stinger adalah mobil Kia yang paketnya sudah matang dan mature. Kematangan itu merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan Kia selama bertahun-tahun dari model ke model dengan teknologi yang sudah teruji,” ujar Iki.

Di Indonesia sendiri, katanya, brand Kia tumbuh secara konsisten lewat ragam model yang ditawarkan mulai dari city car sampai SUV. “Di Indonesia sendiri, Kia lebih banyak main di segmen mobil A dan B. Sedangkan konsumen Kia di Indonesia sejauh  ini datang dari kalangan muda, well-educated dan keluarga muda. Konsumen kami adalah kalangan muda dari kelas menengah yang berani berpikir out of the box dan membeli mobil memang untuk dinikmati. Kita menyebutnya Gen Y.”

“Tapi juga tidak tertutup kemungkinan generasi Baby Boomers yang jiwanya Gen Y hehehe,” imbuhnya berkelakar.

“Konsumen Kia di Indonesia juga banyak yang menggunakan mobil ini karena dipengaruhi oleh pengalaman mereka di luar negeri, baik karena bersekolah di luar negeri, bekerja atau pun pernah tinggal di sana. Mereka melihat dan merasakan mobil Kia di sana dan kebiasaan itu mereka bawa ke sini dengan membeli mobil Kia.”

Ia menambahkan, salah satu model yang baru saja diluncurkan di Indonesia baru-baru ini, tepatnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 adalah Kia All New Rio. “Model yang terbaru benar-benar quantum leap dari yang sebelumnya. Baik dari segi desain eksterior maupun interior. Kabinnya terasa luas untuk kelasnya. Fiturnya pun mendapatkan penyempurnaan, salah satunya adalah satu-satunya mobil di kelasnya yang sudah dilengkapi sunroof,” ujar pria penyuka golf ini.

Sejauh ini, All New Rio menjadi backbone penjualan Kia di Indonesia, disusul dengan Kia Sedona, sebuah mobil MPV dengan kapasitas penumpang di atas 7 orang. “Kendaraan ini betul-betul people movers dengan  mesin 3,3 liter bertransmisi otomatis serta memiliki kabin yang luas. Sedona merupakan MPV andalan kami dan ikut memberikan sumbangan penjualan yang cukup tinggi.”

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Generasi Baru Mazda2 akan Pinjam Basis Yaris Hybrid

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Bila ingat beberapa tahun lalu, Mazda dan Toyota menjalin kemitraan yang salah satunya diwujudkan lewat rebranding Mazda2. Saat itu, Mazda2 digunakan...

Kisah Nyata Dibalik Mercedes-Benz 600 Pullman John Lennon

JAKARTA, carvaganza.com – Tak ada nama yang lebih tenar selain dari John Lennon dalam hal perdamaian dunia. Bebeda dari John F. Kennedy atau tokoh...

Nissan Terra Dapat Facelift, Adopsi Nama SUV Klasik

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Setelah cukup lama beredar, Nissan Terra akhirnya resmi mengalami penyegaran alias facelift tahun ini. Untuk versi improvement ini, Nissan mengadopsi nama...

MODIFIKASI: Mitsubishi Bravo, Yang Masih Sedarah Dengan Suzuki Every Dan Wuling

NEW YORK, carvaganza -  Ada yang pernah dengar Mitsubish Bravo? Mungkin tak pernah karena nama itu tak familiar dan memang nama mobil tersebut tak...

Tertarik Balapan Lain, Audi akan Tinggalkan Formula E

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi memberikan kejutan di akhir tahun 2020 ini, dengan mengumumkan akan menyudahi partisipasinya di Formula E. Strategi baru Audi di motorsport...