Beranda Updates Ini Perbedaan Mobil Hybrid, PHEV, FCEV dan EV

Ini Perbedaan Mobil Hybrid, PHEV, FCEV dan EV

Toyota Prius PHEV

JAKARTA, 28 Oktober 2019 – Langkah Auto2000 mengajak konsumen untuk mencoba line-up mobil hybrid yang dimiliki oleh Toyota di Indonesia weekend kemarin di kawasan Kuningan, Jakarta, merupakan sebuah langkah yang pas. Pasalnya, tak lama lagi Indonesia bakal memasuki era otomotif baru yakni era kendaraan elektrifikasi.

Peraturan Presiden No 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik sudah keluar dan tinggal menunggu aturan detailnya. Dengan aturan yang baru ini harga mobil hybrid akan lebih terjangkau dan efeknya jika penjualannya meningkat secara otomatis akan membuat Indonesia lebih ‘hijau’ terutama di daerah-daerah perkotaan.

Lantas apa itu electrified vehicles atau kendaraan elektrifikasi? Yaitu kendaraan yang menggunakan teknologi listrik untuk menjalankan mesin baik itu mengombinasikan mesin bakar konvensional dengan listrik atau pun murni baterei dengan tujuan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memiliki emisi gas buang yang rendah yang memiliki efek lebih ramah lingkungan.

Ada beberapa macam electrified vehicle yang telah diperkenalkan di dunia otomotif, salah satunya adalah mesin hybrid yang dipakai oleh mobil Toyota yang telah dijual di Indonesia yakni Toyota Camry Hybrid, Toyota Altis Hybrid, Toyota C-HR Hybrid dan Alphard Hybrid.

Berikut ini adalah macam-macam kendaraan elektrifikasi.

HEV (Hybrid Electric Vehicle)
Seluruh energi bakarnya berasal dari bahan bakar fosil tapi menggunakan sistem listrik untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi kadar emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan.

Kedua mesin ini bekerjasama menghasilkan efisiensi bahan bakar terbaik dan bahkan pada beberapa kondisi jika mesin bensin mati, mobil hanya mengandalkan listrik dari baterei. Baterei tersebut diisi baik dari pasokan listrik langsung dari mesin bakar maupun dari energi kinetik dari proses pengereman.

Toyota Altis Hybrid. Foto: www.topgear.com.ph

PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicles)
Kendaraan ini memakai mesin bakar konvensional dan juga baterei untuk menghasilkan listrik. Perbedaannya dengan hybrid adalah batereinya bisa diambil dari sumber listrik di rumah maupun kantor atau stasiun-stasiun pengisian khusus.

Pada saat mobil melaju bisa menggunakan energi dari mesin bakar atau pun mesin listrik dan jika mesin konvensionalnya mati, bisa digantikan oleh tenaga listrik.

BEV
Dilengkapi oleh baterei dalam ukuran besar untuk menyimpan energi listrik baik dari sumber listrik rumah, kantor atau stasiun pengisian untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh. Mobil ini tidak dilengkapi mesin bakar konvensional . Mobil BEV juga biasanya disebut “mobil listrik murni”.

Toyota Ultra Compact BEV

FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle)
Berbahan bakar hidrogen dan menggunakan fuel cell untuk menghasilkan listrik agar kendaraan berjalan. FCEV juga iasa disebut sebagai kendaraan fuel cell atau FCV.

 

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Sambil Long Wekeend, Ini Tips Perawatan Mobil di Rumah dari Auto2000

JAKARTA, Carvaganza.com – Penghujung bulan Oktober 2020 ini, masyarakat Indonesia mendapatkan libur long weekend atau akhir pekan panjang. Momentum ini bisa menjadi peluang untuk...

Bingung Pilih Toyota Calya Atau Daihatsu Sigra? Simak Ulasan Ini!

Menjelang liburan akhir tahun biasanya tren penjualan mobil naik, mengikuti kebutuhan mudik. Andai keperluan dan ketersediaan finansial berada di segmen LCGC. Ada dua opsi...

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition vs Suzuki XL7 Alpha, Pilih Mana?

Edisi terbatas sering menjadi senjata pabrikan otomotif untuk memikat pelanggan. Lantaran tak banyak dijual, memberikan kesan eksklusif. Salah satunya Xpander Cross Rockford Fosgate Black...

Hypercar Elektrik, Pininfarina Battista Tawarkan Isi Baterai Gratis Selama Lima Tahun

Geneva Motor Show 2019 menjadi saksi lahirnya hypercar elektrik berwujud cantik, Pininfarina Battista. Diklaim sebagai mobil paling bertenaga yang pernah didesain dan diciptakan di...

Rutin Ganti Pelumas Mobil Lubricants, Menangkan Ratusan Hadiah Langsung

TANGERANG, Carvaganza -- Perawatan mesin secara rutin dan berkala menjadi salah satu cara untuk menjaga mesin kendaraan Anda tetap awet dan prima. Perhatikan beberapa...