Beranda EDITOR'S PICKS Ini 10 Mobil Baru yang Siap Meluncur di 2020

Ini 10 Mobil Baru yang Siap Meluncur di 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Memasuki 2020, agen pemegang merek sudah merancang rencana peluncuran mobil-mobil baru. Beberapa sudah lebih dulu melakukannya seperti Suzuki XL7, Suzuki Carry Pick Up Luxury, Mazda CX-30, Honda Civic Hatchback RS. Apa lagi?

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020, berlangsung dari 9-19 April mendatang sebenarnya paling pas buat dijadikan panggung pameran kendaraan baru. Namun lantaran isu virus Corona mewabah, pemerintah antisipasi membatasi pemberian izin acara yang mengundang khalayak ramai. Tak kecuali pameran otomotif. Hingga saat ini IIMS 2020 masih on schedule.

Harapanya kondisi itu mereda dan beberapa kegiatan terlaksana sesuai jadwal. Padahal merek baru mulai masuki Indonesia, seperti Morris Garage (MG). Disusul sejumlah model pembaruan untuk menambah gairah market.

Berikut daftar kendaraan baru yang siap menyapa Anda tahun ini.

DFSK Glory i-Auto

Setelah Glory 560 dan Glory 580, DFSK siap melansir mobil macho lainnya. Diberi nama DFSK Glory i-Auto. SUV ini menggunakan platform yang sama dengan Glory 580 da. Bedanya, ia berbasis Glory 580 versi facelift yang telah meluncur di Shanghai Auto Show 2019 lalu. Jualannya adalah fitur perintah suara alias voice command berbahasa Inggris.

Secara umum tampilannya sama dengan 580. Tapi begitu masuk ke dalam kabin, jangan pangling. DFSK mengubah total desain dashboard Glory 580 versi facelift yang juga diterapkan pada i-Auto ini. Kesan mewah ditunjukkan lewat hadirnya ornamen wood panel, material dashboard berbalut kulit hingga sistem multimedia yang berada di tengah dashboard. Lainnya sama, termasuk mesin 1,5-liter turbo bertenaga 150 PS pada 5.600 rpm dengan torsi 220 Nm pada 1.800-4.000 rpm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi otomatis jenis Continuous Variable Transmission (CVT) dengan mode perpindahan manual 7-speed.

Baca juga: DFSK Glory i-Auto Segera Meluncur, Banyak Upgrade Baru

MG ZS

Satu nama baru akan masuk Indonesia yaitu MG Motor Indonesia. Pada perkenalannya kepada media beberapa waktu lalu, mereka menyatakan akan siap memperkenalkan line-up terbaiknya di Indonesia. Salah satunya adalah MG ZS. Melihat segmentasi produk, ZS cocok bagi kaum urban yang suka mobil kompak. Juga bagi kawula muda yang ingin mobil premium, penuh gaya, tapi harga ramah kantong.

Rasanya masih oke, bila ZS menggantikan pasar Chevrolet Trax. Harganya dibilang lebih murah dari Honda HR-V. Di bawah bonet ZS bercokol mesin bensin 1,5-liter non-turbo. Torsi maksimal yang dilecutkan 150 Nm dan daya tertinggi 120 PS. Ia pakai transmisi otomatis enam percepatan. Bisa berganti mode manual dengan memindah tuas ke kanan bawah. Layak ditunggu.

Baca juga: MG Umumkan Kehadiran di Indonesia, Segera Bawa Compact SUV ZS

MG HS

Tak hanya satu tapi MG Motor Indonesia juga siap memboyong model lain. Model kedua, MG HS posisinya berhadapan dengan Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Mazda CX-5. Unit sangat menggoda bila masuk sini, dilihat dari fitur seabrek dan build quality (kualitas rakitan) di atas rata-rata.

SUV ini menggendong mesin 1.500 cc 4 silinder dengan dukungan turbocharged. Seperti produk MG lainnya, HS juga telah disematkan teknologi i-SMART. Teknologi ini memiliki tiga bagian utama, seperti Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect. Diprediksi label harga tak lebih mahal dari SUV berlogo H tegak seperti CR-V. Namun sebagus apapun sebuah produk, tidak bakal menarik konsumen tanpa layanan aftersales baik. Kemungkinan paruh tahun dirilis.

Mitsubishi Pajero Sport

Setelah menyegarkan Xpander, Mitsubsihi dipastikan akan menajamkan penetrasinya di segmen SUV. Pajero Sport yang menjadi andalan merek berlogo tiga berlian itu kemungkinan besar diluncurkan tahun ini. Entah di IIMS atau GIIAS 2020. Soalnya Pajero Sport menjadi unit yang belum diremajakan di sini. Model facelift tercantum di instansi pemerintahan. Ada delapan tipe yang didaftarkan. Misalnya Exceed (4×2) 2,5-liter 5 MT dengan nomor koding 102261 99549.

Jantung diesel yang digunakan sepertinya ada dua tipe. Pakai 4N15 MIVEC 2.4L di varian menengah ke atas dan unit power lawas 4D56 DOHC 2.5L. Berbekal bantuan turbo dan intercooler, mesin peminum solar 2.4L memompa daya 181 PS dan torsi optimal 429 Nm. Ouput dipasangkan transmisi otomatis 8-speed. Kemudian pilihan 2.5L menyemburkan tenaga 135 PS dan momen puntir 324 Nm. Yang jelas, selain imbuhan fitur, raut mukanya identik dengan Mitsubishi Triton yang duluan dilansir.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Bersolek, Ada Desain dan Fitur Baru

Honda CR-V

Lainnya di segmen SUV yang menyiapkan model baru adalah Honda. CR-V 2.0-liter i-VTEC dan 1.5L turbo AT belum dibekali pencahayaan modern. Sudah selayaknya disempurnakan. Dari model bohlam halogen berganti menjadi LED termasuk lampu siang hari (DRL). Kemudian di buritan sepintas nyaris sama dari unit eksis. Namun rumah lampu belakang (mika) dibikin agak gelap. Kalau model sekarang, warna merah lebih kentara. Lalu pelindung bumper belakang masih berlapis silver, hanya saja guratannya dibikin beda. Tepat di bawah itu, ada sepasang muffler pipa gas buang yang lebih pipih.

Namanya juga penyegaran, tampilan kaki-kaki tak luput diganti biar konsumen merasa CR-V betul-betul baru. Ukurannya tetap 18-inci, tapi memiliki desain yang berbeda. Kalau produk global banyak opsi corak. Namun agaknya rancangan model kembang lima kelopak lebih indah, ketimbang palang dual tone berbentuk V. Lantaran hanya sebatas penyegaran, sektor mekanis tak alami ubahan berarti. Pertanyaannya kapan diluncurkan?

Wuling Cortez CT

Wuling Cortez

MPV pabrikan Cina juga diprediksi alami penyegaran. Agaknya hanya rombakan kecil di eksterior. Seperti bumper dan bentuk kisi-kisi. Di bawah kap MPV ini tertanam mesin bensin dua tipe. Yang pertama 4-silinder 1,8-liter DOHC VVT-i. Tenaganya 130 PS dan torsi 174 Nm. Wuling Cortez 1.5L turbo pakai enjin empat silinder inline DOHC. Tenaga yang dilontarkan 141 PS dan torsi puncak 250 Nm. Semua mengandalkan penggerak roda depan yang ditransfer via i-AMT 5-speed. Transmisi semi-otomatis ini memiliki mode berkendara Eco dan Sport.

Fitur standar di Wuling Cortez sudah sangat lengkap. Mulai dari luar seperti lampu proyektor, DRL LED, turning signal dan lampu rear spoiler LED, spion lipat elektrik dan antena model shark fin. Di kabin, unit punya monitor layar sentuh 8 inci, MID 3,5 inci, USB power outlet di setiap baris, double blower dan kamera parkir. Di atap terdapat electric sunroof, memberi kesan mahal. Tak ketinggalan, balutan kulit di setir dan tuas transmisi.

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Mobil kota kembar ini juga konon meluncur akhir Maret 2020. Soalnya sudah banyak beredar foto kedua unit di daler dan tengah di towing. Rombakan utama jelas terletak eksterior. Misal pada kisi-kisi yang menganga. Bukan lagi bergaya Joker yang tersenyum lebar.

Mesin tetap sama dari model lama. Perbaikan yang dilakukan antara lain pada head unit tujuh inci dan tombol start stop. Sehingga nuansa kendaraan LCGC kian pudar. Estimasi kenaikan harga sekitar Rp 3 jutaan. Maklum saja, Bea Balik Nama tahun ini juga naik menjadi 12,5 persen.

Baca juga: Ini Tampilan Toyota Agya Facelift, Segera Meluncurkan Bulan Ini

Nissan Kicks e-Power

Nissan terus menyajikan model-model ramah lingkungan. Kicks e-Power sangat mungkin dijual di sini sebagai substitusi Juke yang habis napas. Model anyar ini punya sofistikasi tinggi. Terpasang mesin penenggak bensin 3-silinder. Enjin berkode HR12DE punya kubikasi 1.198 cc. Dimensi silinder x langkahnya: 78.0 x 83.6 mm, rasio kompresi 12 : 1, daya maksimum 80 PS pada 5.400 rpm dan torsi optimal 103 Nm pada 4.400 rpm. Perlu dicatat, mesin hanya bertindak sebagai generator, kemudian menghasilkan listrik untuk disimpan di baterai. Mesin tidak memiliki tugas mengirim tenaga ke roda.

Motor listrik EM57 ditugaskan jadi penggerak utama. Tenaga dinamo menghasilkan 130 PS dan torsi maksimum 254 Nm. Betul, 30 PS lebih besar dari milik Nissan Note e-Power. Menurut pabrikan, sistem e-Power memberi buncahan torsi kuat hampir secara instan, meningkatkan respons pengendaraan dan menghasilkan akselerasi mulus.

Mazda CX-9 All Wheel Drive

Ini juga segera mendebut di sini. Ada peningkatan signifikan pada dapur pacu Mazda CX-9 AWD. Jantung Skyactiv-G 2,5 liter turbocharged memberi dorongan torsi 434 Nm. Angka ini meningkat 14 Nm dari model year 2019. Kemudian lecutan tenaga maksimal tersedia hingga 250 Hp. Namun dengan catatan, minimal menenggak oktan RON 93.

Penyaluran power model terbaru ini berpijak pada transmisi Skyactiv-Drive enam percepatan yang diklaim tangkas. Kemudian didistribusi ke empat roda. Nah, di dalamnya dibekali peranti Mazda i-Activ sebagai standar CX-9 AWD. Ia merupakan fitur cerdas untuk mengontrol traksi. Gunanya membantu pengemudi ketika bertualang di medan terjal. Jika model AWD dibanderol Rp 846,9 juta, bisa jadi varian baru ini akan lebih mahal.

Baca juga: TEST DRIVE: Mazda CX-30 Memang Beda!

Hyundai Starex 2.4

Jenama asal Korea Selatan jua tak ketinggalan membawa unit bensin 2,4-liter pada Starex 2020. Transmisinya manual 5 percepatan. Ubahannya paling nyata terletak pada grille depan trapesium terbalik, lebih lebar. Kendaraan ini cocok mengisi ranah fleet market seperti travel dan moda pengangkut. Konfigurasi tempat duduk bisa memuat 9 orang.

Nah, di segmen ini pun sebetulnya banyak model penyegaran dan baru (all new) berdatangan. Misalnya saja yang diduga masuk sini. Ada Mercedes-Benz C 200 Cabriolet, GLS 450 4 Matik, AMG E 53 4 Matic, BMW 520 i, X3 sDrive20i CKD dan masih banyak lagi. Simak terus laporan OTO.com dan Carvaganza.

Baca juga: Daftar 10 Mobil Baru yang Diprediksi Kuat Meluncur pada 2020

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto