Beranda Updates India Larang Penjualan Kendaraan dengan Standar Emisi Euro3 ke Bawah

India Larang Penjualan Kendaraan dengan Standar Emisi Euro3 ke Bawah

NEW DELHI, 4 April 2017 — Mahkamah Tinggi India mengeluarkan aturan yang melarang penjualan kendaraan dengan standard emisi Bharat Stage (BS) 3 di negara tersebut. Standar BS 3 ini sama dengan standard emisi Euro 3 pada kendaraan Eropa keluaran antara tahun 2000 hingga 2005.

Laporan Reuters menyebut, aturan ini mulai berlaku sejak 1 April 2017. Disebutkan jika masalah kesehatan masyarakat lebih diutamakan berbanding kerugian yang akan dialami oleh pabrikan otomotif.

Pada tahun 2015, India telah mengumumkan bahwa pembuat kendaraan harus memprodukdi kendaraan yang memenuhi standar emisi Euro 4 mulai 1 April 2017. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kadar pencemaran udara.

Aturan ini membuat banyak saham perusahaan otomotif utama di negara tersebut jatuh. Saham pabrikan sepeda motor Hero MotoCorp jatuh 4.4%, saham penghasil truk Ashok Leyland jatuh 6.6%, sedangkan saham Tata Motors ikut jatuh hampir 2%.

“Jatuhnya saham ini karena banyak kendaraan dengan stnadar BS 3 masih belum terjual,” kata Vinod Dasari, Presiden Persatuan Produsen Automobil India (SIAM).

Sebagai informasi di Indonesia, kendaraan saat ini hanya disyaratkan memenuhi standar emisi Euro 2 saja.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza