Hyundai Santa Fe, Transformasi 20 Tahun Menjadi SUV Sangat Populer (Bagian 1)

Evolusi Hyundai Santa Fe

JAKARTA, Carvaganza – Hyundai Santa Fe pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000 yang menjadikannya sebagai salah satu pelopor SUV global dari Hyundai Motors. Kini Hyundai Santa Fe sudah 20 tahun lebih menjadi ikon pabrikan dan kita ingin melihat kembali bagaimana SUV pertama Hyundai ini berevolusi selama bertahun-tahun.

Setelah memasuki dealer pada tahun 2001, Santa Fe termasuk model Hyundai yang paling lama bertahan di pasar global, baik di Eropa, kawasan Asia termasuk Indonesia. Sekarang telah memasuki versi facelift generasi keempat, dan sudah mengalami evolusi yang signifikan dalam hal desain dan keamanan, dan bahkan sering kali menyajikan teknologi baru yang belum ada di pabrikan lain.

Santa Fe dengan cepat menjadi salah satu model paling populer dari pabrikan Korsel tersebut. Dinamai berdasarkan sebuah kota di barat daya AS, Santa Fe memainkan peran penting dalam membangun Hyundai di segmen SUV. Terhitung selama 20 tahun terakhir, Hyundai telah menjual lebih dari 5.260.000 unit Santa Fe secara global.

Berikut adalah evolusi Hyundai Santa Fe dari generasi ke generasi hingga pada model terakhirnya yang baru saja masuk ke pasar Indonesia. Untuk versi terbaru facelift generasi keempat, Hyundai Santa Fe menawarkan pilihan mesin bensin 4 silinder 2.5-liter Mpi. Menghasilkan tenaga 180 ps (178 hp) dan torsi maksimal 23.7 kg-m (232 Nm). Sementara untuk pilihan mesin dieselnya tersedia mesin 4 silinder 2,2 liter CRDi, bertenaga maksimal 202 ps (200 hp) dan torsi yang mencapai 45.0 kg-m (441 Nm). Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Hyundai Santa Fe 2000

Hyundai Santa Fe 2000 – 2004

Generasi pertama merupakan langkah baru Hyundai untuk menapaki segmen SUV yang saat itu sedang booming tren MPV. Hyundai Santa Fe yang pertama menawarkan desain yang jauh dari kesan SUV, malah lebih mirip sebuah station wagon. Bahkan saat itu Santa Fe dibangun di atas platform Sonata, yang dikenal sebagai sedan berukuran besar.

Di bagian interior, Hyundai Santa Fe memiliki ruang yang lebih lapang daripada Sonata. Menawarkan ruang kepala dan bagasi besar. Bahkan pada versi dasar, dilengkapi dengan AC dan pemutar musik compact disc. Sedangkan sunroof mulai digunakan pada model yang dirilis di tahun 2002. Produsen mobil terus menyempurnakan kendaraan hingga memasuki generasi baru pada 2005.

Untuk soal ruang mesin, Hyundai Santa Fe awalnya mempercayakan pada mesin 2.4 liter yang hemat bahan bakar. Sedangkan untuk beberapa pasar tertentu, Hyundai Santa Fe juga menawarkan mesin turbo-diesel 2.0 liter untuk memenuhi kebutuhan sebagian konsumen yang ingin merasakan performa mesin berbahan bakar solar itu.

Hyundai Santa Fe 2000 - 2004

Pada tahun 2004, Hyundai memperbarui generasi pertama Santa Fe dengan beberapa sentuhan di eskterior dan interior. Salah satunya adalah melepas antena radio yang berada di sisi jendela dan memindahkannya ke bagian belakang. Selain itu beberapa variannya juga sudah diberikan sentuhan bumber depan belakang dan samping yang senada dengan warna bodi. Sebelumnya pada generasi pertama, material plastik berkelir hitam merupakan ornamen paling mencolok di bagian bumper depan dan belakang. Selanjutnya Hyundai Santa Fe dengan varian tertinggi juga sudah menyediakan footstep sebagai peranti standar.

Hyundai juga meremajakan desain cluster instrumen dan menyematkan sedikit aksen krom di sekelilingnya. Jok dipasang agak tinggi demi memberikan ruang kaki yang lebih baik untuk penumpang belakang. Kursi di baris kedua dapat dilipat dan menambah akomodasi bagasi dari 850 liter menjadi 2.100 liter. Saat itu Santa fe juga memiliki kaca belakang yang dapat dibuka secara terpisah untuk memudahkan pengendara mengakses bagasi tanpa membuka pintu.

Waktu itu, Hyundai Santa Fe masih menawarkan mesin 4-silinder segaris 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 134 hp dan torsi 183 Nm. Tersedia pula pilihan mesin bensin 2.4 liter dan 2.7 liter yang dipadukan dengan penggerak AWD. Sementara itu tersedia pula mesin diesel 2.0 liter turbo untuk beberapa negara salah satunya Indonesia.

Hyundai Santa Fe 2004 - 2006

Hyundai Santa Fe 2004 - 2006

Hyundai memperkenalkan generasi kedua SUV Santa Fe pada 2005 untuk pasar Korea, untuk pasar global diperkenalkan pada North America International Auto Show 2006.

Pada generasi kedua, Hyundai mulai memberikan sentuhan baru pada lampu depan dan lekukan garis bodi yang lebih menonjol dibandingkan sebelumnya. Di generasi ini, Santa Fe juga mulai menawarkan opsi 7 penumpang.

Interiornya juga didesain ulang demi memberikan tampilan yang lebih modern. Tampilan konsol tengah dibuat cukup tinggi untuk memisahkan penumpang depan. Santa Fe menawarkan cukup ruang untuk tiga orang dewasa di baris tengah berkat lantai kabinnya yang didesain rata.

Di bawah kap, Hyundai memasang tiga pilihan mesin untuk Santa Fe. Lagi-lagi tergantung pasar mana yang dituju. Sementara pasar Amerika menerima mesin V-6 3.3 liter, Eropa harus mengandalkan turbo-diesel 2.2 liter yang hemat bahan bakar. Sebaliknya, mesin 2.7 liter ada di pasar mana pun. Yang terpenting, produsen mobil Korea itu menawarkan Santa Fe dengan penggerak roda depan atau permanen.

Hyundai Santa Fe 2012

Hyunda Santa Fe 2012

Hyundai Santa Fe generasi ketiga menawarkan tampilan yang lebih berani dengan grille besar di bagian depan. Selain itu, fog lamp nya juga dibuat lebih besar dan ditempatkan agak tinggi. Menawarkan fitur yang hanya ditemukan pada SUV yang lebih mahal di pasaran. Salah satunya adalah fitur layar hiburan dengan konektivitas USB dan Bluetooth sementara itu layar tersebut juga berfungsi sebagai kamera mundur.

Santa Fe ditawarkan dengan pilihan mesin diesel dan bensin namun yang paling populer dipasaran Eropa adalah unit diesel 2.2 liter dengan varian penggerak dua roda atau empat roda. Hyundai Santa Fe saat itu juga sudah dibekali dengan sistem suspensi penggerak AWD. (Bersambung…)

ALVANDO NOYA

Sumber: ragam sumber

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Santa Fe

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Santa Fe
  • Tampak samping Santa Fe
  • Tampak Depan Hyundai Santa Fe
  • Tampak atas Santa Fe
  • lampu belakang Santa Fe
  • Hyundai Santa Fe Drivers Side Mirror Front Angle
  • Hyundai Santa Fe Front Side View
  • Hyundai
  • Tampak depan Santa Fe, sudut rendah
Hyundai Santa Fe
Rp 569 - Rp 729 Juta Cicilan mulai dari : Rp 12,98 Juta

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya