Beranda New Cars Hyundai i30 N, The First N

Hyundai i30 N, The First N

Inilah karya perdana divisi N Hyundai.

ADA dua faktor yang mungkin membuat Hyundai memilih abjad ke-14 sebagai nama divisi performanya: mobil perdana dengan emblem N dikembangkan di Sirkuit Nurburgring, merupakan singkatan dari nimble (gesit), atau… karena bentuk huruf N menyerupai chicane (mungkin BMW menggunakan alasan yang sama ketika memilih huruf M).

Yang jelas, Hyundai membuat Hyundai i30 N untuk menghangatkan persaingan dalam liga hot hatch dunia. Sebagai wakil dari Korea Selatan, i30 N akan bersaing dengan wakil-wakil dari Republik Ceko (Skoda Octavia vRS), Spanyol (SEAT Leon Cupra 300), Prancis (Peugeot 308 GTi), Amerika (Ford Focus RS), Jerman (VW Golf GTI, Mercedes-AMG A45, Audi RS3, BMW M140i), dan Jepang (Honda Civic Type R).

Modal dasar untuk bersaing di ketatnya liga hot hatch dunia adalah dapur pacu yang kompetitif. Untuk itu, Hyundai membekali i30 N dengan mesin 2 liter 4-silinder turbocharged. Mesin ini mampu memberikan i30 N tenaga maksimum 246 hp dengan torsi maksimum 352 Nm. Jika Anda masih kurang puas, Hyundai memberikan opsi performance package yang bisa menambah tenaga maksimum i30 N menjadi 271 hp! Sebagai perbandingan, VW Golf GTi dengan performance pack punya tenaga ‘hanya‘ 245 hp.

Tenaga dan torsi i30 N ini akan disalurkan melalui transmisi manual 6-kecepatan dengan fitur rev-matching. Pengemudi i30 N juga dibekali dengan lima jenis mode pengemudian berbeda yaitu: Eco, Normal, Sport, N, dan N Custom. Mode pengemudian ini akan mengontrol parameter mesin serta sistem kemudi.

Merasa belum cukup, Hyundai melengkapi i30 N dengan fitur launch control serta suspensi yang dapat disetel secara elektronik. Selain memberikan tambahan tenaga sebanyak 25 hp, i30 N dengan performance package juga mendapatkan cakram rem lebih besar, limited slip differential elektronik serta velg 19-inci lengkap dengan ban Pirelli P Zero.

Penampilan i30 N juga ikut diubah. Hyundai memasang bumper depan baru yang agresif, serta lubang udara baru di sisi luar bagian depan. Pada bagian belakang, i30 N mendapatkan spoiler belakang berkelir hitam, serta sepasang knalpot dan diffuser.

Pada interior, pemilik i30 N akan diberikan lingkar kemudi baru yang dilengkapi tombol mode pengemudian, jok sport baru, serta opsi layar 8 inci yang dapat menampilkan informasi power usage, turbo boost, serta lap timing.

Sebagai mobil pertama yang mengenakan emblem N, i30 N sempat ‘disekolahkan’ dulu di Sirkuit Nurburgring, Jerman selama masa pengembangan. Hasilnya adalah kecepatan maksimum 249 km/jam dan catatan waktu 0-100 km/jam 6,4 detik. Jadi apakah hadirnya i30 N dapat membuat persaingan liga hot hatch dunia semakin panas? Sepertinya sih iya.

Hyundai i30 N

Layout kendaraan: Hatchback, 4-pintu, 4 penumpang, FWD, mesin-depan
Mesin: Theta T-GDI, 1998cc DOHC E-CVVT / 246-271 hp / 352 Nm
Transmisi: Manual 6-kecepatan; with rev-matching
Dimensi (PxLxT): 4335 x 1795 x 1451-1447 mm
Wheelbase: 2650 mm
Bobot kosong: 1400-1509 kg
Kapasitas tangki BBM: 50 liter
Rekomendasi BBM: N/A

YOGI WICAKSONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perluas Jangkauan, MG Resmikan Outlet Baru di Makassar

MAKASSAR, Carvaganza -- MG Motor Indonesia kian agresif menjangkau lebih banyak konsumen Tanah Air dengan meresmikan kehadirannya di daerah dan pulau lain. Untuk pertama...

F1: Terus Digosipkan Pindah ke Ferrari, Ini Jawaban Hamilton

BRACKLEY, Carvaganza.com – Selama bertahun-tahun, rumor tentang Lewis Hamilton akan hengkang dari Mercedes ke Ferrari terus bergema. Apalagi Bersama Mercedes, dirinya dianggap sudah cukup...

Suzuki Ignis Raih Penghargaan City Car Pilihan Kaum Millenial

JAKARTa, Carvaganza -- Suzuki New Ignis sebagai salah satu city car andalan dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali meraih penghargaan. Kali ini pengakuan...

McLaren Resmikan Nama Supercar Hybrid Terbarunya

JAKARTA, Carvaganza.com – McLaren sedang mempersiapkan mobil terbaru. Supercar bermesin hybrid itu rencananya akan mulai dipasarkan tahun depan. Belum lama ini, McLaren mengumumkan nama...

Bukan Obat Nyamuk, Hyundai akan Rilis SUV Murah Sekelas Sonet

SEOUL, Carvaganza.com – Pabrikan Korea Selatan sepertinya semakin gandrung dengan segmen SUV yang trennya terus naik saat ini. Setelah Kia merilis Sonet, kini giliran...