Beranda Updates Hindari Krisis, McLaren Gadai Markas dan Koleksi Mobil Bersejarah

Hindari Krisis, McLaren Gadai Markas dan Koleksi Mobil Bersejarah

WOKING, Carvaganza.com – Sempat berhentinya sementara aktivitas industri otomotif ternyata mulai memperlihatkan dampaknya yang negatif. Pabrikan sekelas McLaren menungkap kesulitannya di masa pasca hiatus, bahkan sampai rela mengorbankan aset berharga dan bersejarahnya.

Kabarnya, McLaren Group bersedia menggadaikan pabrik dan markasnya untuk memulihkan kondisi finansialnya. Berhentinya produksi dan penjualan kendaraan selama beberapa waktu lalu telah berdampak besar pada kondisi ‘kesehatan’ pabrikan Inggris ini.

Untuk bisa menyelamatkan perusahaan, McLaren menyatakan bersedia untuk menggadaikan markasnya di Woking, Inggris. Hal ini dilakukan karena perusahaan sempat mengajukan pinjaman ke pemerintah kepada pemerintah Inggris, namun ditolak.

Menurut laporan Sky News, McLaren membutuhkan dana antara £ 250 juta sampai £ 275 juta agar bisa pulih dari krisis. Langkah yang sangat berani, mengingat McLaren Technology Center (MTC) di Woking merupakan salah satu bagunan fasilitas otomotif termegah di Inggris.

Koleksi Mobil

Dana yang dikumpulkan dapat “dalam bentuk obligasi baru, dengan dana dijamin dari pemegang obligasi yang ada atau yang baru,” seperti dilansir Sky News. Menurut sumber internal McLaren, hutang akan dilunasi secepatnya ketika kondisi mulai memulih.

Tidak hanya kantor pusat, McLaren bahkan bersedia untuk menggadaikan juga koleksi mobil-mobil balap bersejarahnya. Dari koleksi mobil ini sendiri diyakini dapat menghasilkan setidaknya £ 250 juta, dengan beberapa model ditaksir bisa bernilai puluhan juta punds. Sementara Gedung kantor pusat sendiri dieprkirakan bernilai £ 200 juta.

“Seperti banyak bisnis di Inggris lainnya yang telah sangat terdampak oleh pandemi saat ini dan oleh karena itu kami sedang mengeksplorasi berbagai opsi pendanaan untuk membantu menavigasi gangguan bisnis jangka pendek ini,” kata juru bicara McLaren.

(Foto: motioncars.net)

Suntikan Dana

Saat ini McLaren Group memiliki lebih dari 4.000 orang pegawai, yang banyak di antaranya telah dilabur. Pada bulan Maret lalu, McLaren telah mendapat suntikan dana modal £ 300 juta dari pemegang saham sendiri.

McLaren Group sendiri membawahi dua divisi manufaktur merek McLaren baik untuk kendaraan jalan raya atau road car, maupun tim Formula 1. Menarik jika melihat koleksi mobil bersejarah McLaren yang akan digadaikan.

Beberapa model McLaren yang akan bernilai sangat tinggi di antaranya MP4/4 yang mendominasi F1 1988, F1 GTR pemenang Le Mans 24 Jam 1995, dan M8D 1970 yang menjadi mobil balap terakhir Bruce McLaren.

Sumber: Sky News, Autoevolution

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TMMIN Rayakan Kelulusan 64 Wisudawan Toyota Indonesia Academy

KARAWANG, carvaganza – Sudah sejak lima tahun lalu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki lembaga pendidikan di bidang otomotif. Lembaga Pendidikan Akademi Komunitas...

Program Cashback Rp 4 Juta di Suzuki Auto Value Berlaku Sampai Akhir Tahun

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki memberikan extra cashback hingga Rp 4 juta kepada pembeli XL7, All New Ertiga maupun SX4 S-Cross yang melakukan tukar tambah...

Akhir Tahun, Dua Varian Mercedes-Benz GLE Coupe Meluncur Bersamaan

JAKARTA, Carvaganza.com – Dalam berupaya memepertahankan gairah pasar otomotif di masa pandemi ini, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menggelar kembali Star Expo di akhir tahun....
video

VIDEO: Peringati Hari Jadi Ke-106, Maserati Rilis Film Pendek Di Youtube

Modena, carvaganza – Usia dapat menggambarkan sebuah perjalanan yang begitu panjang yang ditempuh seseorang. Ragam gambaran dan pengalaman tertulis. Dan pada tahun ini, Maserati...

Mobil-Mobil Yang Pernah Dimiliki Freddie Mercury

JAKARTA, Carvaganza.com – Siapa yang tak mengenal Freddie Mercury, penyanyi rock pentolan grup musik Queen yang populer di tahun 1970-an. Meskipun pemilik nama asli...