Grosjean Diistirahatkan, Tim Haas Tunjuk Fittipaldi jadi Pengganti

SAKHIR, Carvaganza.com – Grand Prix Bahrain 2020 diwarnai oleh salah satu kecelakaan paling besar yang terjadi di Formula 1 dalam beberapa tahun terakhir. Romain Grosjean menglami tabrakan hebat setelah start, yang berujung mobilnya terbelah dan terbakar. Memerlukan masa pemulihan, tim Haas F1 langsung mengumumkan pembalap pengganti untuk Grosjean.

Hari Senin, 30 November 2020, Haas F1 mengumumkan bahwa pembalap muda Pietro Fittipaldi akan mengisi kursi Grosjean. Debut F1 bagi Fittipaldi akan dilakoninya pada balapan kedua di Bahrain, yaitu seri Grand Prix Sakhir. Seperti yang sudah dijadwalkan, tahun ini Bahrain menggelar dua kali balapan F1.

Bagi penggemar F1 dari era klasik, nama Fittipaldi pasti tidak akan asing didengar. Karena Pietro merupakan cucu dari dua kali juara dunia F1, Emerson Fittipaldi. Legenda F1 asal Brazil itu pernah menajdi juara dunia bersama McLaren, pada tahun 1972 dan 1974. Fittipaldi adalah juara dunia pertama F1 dari Brazil, sebelum Nelson Piquet dan Ayrton Senna.

“Setelah diputuskan bahwa yang terbaik bagi Romain (Grosjean) adalah untuk absen setidaknya satu balapan, pilihan untuk menunjuk Pietro (Fittipaldi) di mobil cukup mudah,” kata Guenther Steiner, bos tim Haas F1.

“Pietro akan mengemudikan VF-20 dan dia sudah kenal kami dan telah bersama tim selama dua musim terakhir sebagai pemblap tes dan cadangan. Itu pilihan yang tepat dan tentunya peluang bagus untuk dia.

“Dia sudah bersabar dan selalu siap untuk kesempatan ini – dan sekarang kesempatannya datang. Itu alasan kami menginginkannya di mobil dan saya yakin dia akan bekerja dengan baik. Sangat merepotkan untuk ditunjuk di saat terakhir, tapi seperti saya bilang, menurut say aitu keputusan yang tepat untuk Haas F1 Team.”

Seperti dikatakan Steiner, kursi Grosjean akan diisi oleh Fittipaldi setidaknya pada satu balapan berikutnya. Belum diungkap bagaimana rencana Haas untuk balapan terakhir di Abu Dhabi, tepat setelah seri Sakhir. Bukan tidak mungkin Fittipaldi dipercaya sampai seri terakhir, mengingat Haas dan Grosjean resmi akan berpisah untuk 2021.

https://twitter.com/F1/status/1333141226946768898?s=20

Sejak 2018, Fittipaldi muda sudah bergabung dengan Haas dan beberapa kali dieprcaya turun dalam sesi tes musim 2018 dan 2019. Namun untuk mobil tahun ini, VF-20, belum pernah sekalipun dicoba olehnya.

Speak terjang karir juniornya pun cukup berwarna. Pada tahun 2017, Fittipaldi sukses menjuarai Formula V8 3,5 Renault. Dan sebelumnya pernah menajamkan jam terbang di ajang IndyCar, DTM, Super Formula dan F3 Asia. Di grid nanti, pembalap berusia 24 tahun ini akan menjadi pembalap F1 pertama dari Brazil, sejak Felipe Massa pension akhir 2017.

Tolak Opsi Hulkenberg Sampai Schumacher

Begitu Grosjean dinyatakan perlu beristirahat untuk pemulihan dari kecelakaan dan cedera luka bakarnya, beberapa nama langsung dirumorkan menjadi pengganti. Sebelum Fittipaldi akhirya ditunjuk, sejumlah nama populer bermunculan.

Fittipaldi dipilih tentunya karena memang sudah perannya menjadi pembalap cadangan di Haas F1. Bahkan dalam setiap seri musim ini, dirinya selalu hadir di paddock Haas, juga menjadi komentator aktif di F1 TV. Namun namanya sempat tampak kurang kuat bila dibandingkan dua kandidat lainnya.

Kandidat pertama adalah Nico Hulkenberg, yang tahun ini mendapat julukan ‘super-sub’. Setidaknya sudah tiga seri tahun ini Hulkenberg menjadi pembalap pengganti, Bersama tim Raacing Point. Hulkenberg turun pada dua seri di Silverstone, Inggris, dan di Nubrugring, Jerman. Kala  itu, menggantikan Sergio Perez dan kemudian Lance Stroll yang sempat positif COVID-19.

Kemudian nama kedua adalah Mick Schumacher. Anak dari tujuh kali juara dunia F1, Michael Schumacher itu saat ini sedang memimpin klasemen Formula 2. Selain itu, Mick juga santer dikabarkan akan hijrah ke F1 bersama Haas tahun depan. Namun karena bersamaan dengan jadwal penentuan gelar F2 di Bahrain juga, akhirnya nama Schumacher tereliminasi.

Nama lain yang juga sempat muncul adalah Callum Ilott, rival utama Schumacher di klasemen F2 saat ini. Ilott juga merupakan pembalap dirikan Ferrari Driver Academy seperti Schumacher. Namun setelah Fittipaldi diumumkan, Ilott menyatakan dirinya tidak akan membalap di F1, sampai tahun depan.

Sumber: Crash

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda