Gordon Murray Siapkan T33 Sebagai Supercar GT Terbaik di Dunia

GMA T33

WINDLESHAM, Carvaganza – Salah satu produsen supercar asal Inggris, Gordon Murray Automotive (GMA)baru saja mengumumkan akan merilis model terbaru yang diberi nama T33 pada 27 Januari 2022 mendatang. Bahkan juga menjanjikan T33 akan menjadi supercar GT terbaik di dunia dengan segala yang dimilikinya.

GMA T33 ini kabarnya akan lebih menyenangkan dari model T50 yang mengambil inspirasi dari pengendaraan Formula1. Murray akan melakukan penyetelan ulang pada mesin V12 yang digunakan di T50 dan mengawinkannya dengan sistem transmisi terbaru. Tidak hanya menyediakan paddleshift manual, pada T33 juga akan tersedia pilihan otomatis agar lebih mudah dioperasikan. Selain itu, T33 juga akan menawarkan konsep coupe yang lebih umum dan tidak lagi menggunakan gaya Mclaren F1 dengan pengendaranya di tengah.

GMA T33

Seperti dilansir pada website resmi GMA, T50 memiliki desain yang terinspirasi dari Mclaren F1 dengan gaya tempat duduk di tengah dan dua penumpang di belakangnya. Sementara itu pada sektor performanya, mesin V12 berkonfigurasi 4.0-liter dikawinkan dengan sistem transmisi manual X-Trac 6-percepatan. Paket mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal 654 hp dan torsi 467 Nm yang menggerakan roda belakangnya.

GMA T33

Meski demikian, sang pemiliki GMA, Gordon Murray belum menyatakan spesifikasi detail yang akan digunakan oleh T33 mendatang. Tetapi yang pasti ini akan menjadi versi yang lebih ramah dikendarai daripada T50. Nah kalau soal harga dipastikan T33 akan tembus hingga 2 Juta poundsterling atau nyaris menyentuh angka Rp 40 Miliar, namun hal tersebut juga belum terkonfirmasi.

Yang pasti adalah saat ini proses pengerjaan T33 telah dimulai dan diproduksi di fasilitas pusat GMA di Windlesham, Inggris. Pada fasilitas senilai £50 juta T33 memiliki studio desain, jalur pengujian, museum, dan tentu saja pabrik produksi dengan ruang penjualan dan layanan pelanggan. Intinya fasilitas ini sangat lengkap.

GMA T33

Gordon Murray sendiri merupakan perusahaan otomotif penghasil yang dimiliki oleh Ian Gordon Murray. Selain sebagai seorang pemiliki, Ian juga diketahui sebagai desainer dari Mclaren F1 dan terlibat dalam tim Mclaren di Formula1. Murray secara independen juga pernah merancang Rocket, sebuah roadster open top ultra-light yang ditenagai oleh mesin sepeda motor 1.0-liter, yang memiliki penampilan mirip dengan mobil Grand Prix era 60-an. Telrihat rancangannya tersebut menggunakan kursi tunggal dan dapat menampung penumpang dengan kursi kedua yang terletak di belakangnya. Proses pengembangan Rocket, Murray juga menggaet mantan pembalap Chris Craft di Light Car Company.
ALVANDO NOYA / RS

Baca juga: Dua Mobil Kencang Toyota Siap Debut di Tokyo Auto Salon 2022, Ada GR Yaris Versi Hardcore

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature