GM Integrasikan Pengembangan Mesin Performance

MICHIGAN, 9 FEBRUARI 2016. General Motors Company tiga tahun lalu pernah mengumumkan “akan mengonsolidasikan sejumlah fasilitas pengembangan powertrain” ke dalam satu lokasi di Pontiac, Michigan. Dan kini, sebagian besar rencana konsolidasi di tersebut sudah hampir rampung.

Fasilitas tersebut diberi nama GM Powertrain Performance and Racing Center yang nantinya khusus mengembangkan mesin-mesin balap dan performance. Sebelumnya, mesin-mesin balap dan performance GM dikembangkan di sebuah fasilitas di Wixom, Michigan. Nah, mesin-mesin balap yang dikembangkan di Pontiac nantinya untuk digunakan di NASCAR, NHRA, IndyCar, IMSA dan balapan-balapan lain.

Fasilitas anyar ini akan mengembangkan mesin-mesin baru mulai dari nol, termasuk desain awalnya, CND dan validasi dyno. Beberapa mesin yang bakal dikembangkan di sini di antaranya V8 5.8 liter untuk NASCAR, V6 2.2 liter twin-turbo untuk IndyCar dan V8 5.5 liter yang digunakan Corvette C7.R.

Pimpinan GM Global Powertrain Dan Nicholson mengatakan, “Fasilitas baru ini menawarkan kesempatan seluas-luasnya untuk mengoneksikan dan mengintegrasikan enginer-enginer balap dan engineer-engineer powertrain kami, mengintegrasikan pengetahuan mereka untuk diberikan kepada pembalap kami di sirkuit dan pada akhirnya konsumen kami yang akan merasakan kendaraan mereka yang lebih baik lagi ketika melaju di jalan raya.”

Eka Zulkarnaen

Artikel yang direkomendasikan untuk anda