Beranda Updates GIICOMVEC 2020: Karoseri Adiputro Bikin Medium Bus Jadi Keren

GIICOMVEC 2020: Karoseri Adiputro Bikin Medium Bus Jadi Keren

JAKARTA, Carvaganza.com – Selain para agen pemegang merek, pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 juga diramaikan industri pendukung. Salah satunya yang sudah punya nama adalah karoseri bus, Adiputro. Mereka memajang berbagai produknya pada pameran yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 5 sampai 8 Maret 2020.

Perusahaan karseri yang bermarkas di Malang, Jawa Tengah itu menghadirkan beberapa produk baru andalannya. Hadir antara lain medium bus, mengambil basis Mercedes-Benz OF-917 Long. Bus yang mampu mengangkut hingga 39 penumpang ini punya tampilan baru. Sales Associate PT Adiputro Wirasejati, Adi Bagus Kuncoro, mengatakan tampilannya mendapat facelift dari sebelumnya.

Tampilan menjadi bagian yang paling banyak ditransformasi. Tak lagi mengaplikasikan kaca tunggal, tapi sudah double windshield. Konfigurasi ini dimungkinkan dengan menambah palang yang disebut bando. Hasilnya, wajah model terbaru semakin elegan dan mewah, bahkan wajahnya terkesan seperti bus high deck atau dek tinggi.

Bagian grille dibuat kekinian, dengan dua area terbuka di atas dan bumper. Berpadu apik bersama lampu yang sudah dilengkapi fitur daytime running light (DRL). Memberikan kesan tajam dan eksentrik. Posisi foglamp alias lampu kabut juga diberikan garis lampu yang membentuk sudut, memperkuat aura mewah.

Ubahan Bodi

Sisi bodi juga mendapat ubahan. Rumah kaca spion gayanya sudah mengikuti model bus besar. Modelnya menggantung dan memanjang ke arah depan, jadi tak hanya menempel di samping. Desain ini seolah melengkapi garis bodi di pinggiran atap atau yang disebut selendang.

Tak ada ubahan berarti di dalam kabin. Adiputro masih mengaplikasikan desain sebelumnya. Walau begitu, terdapat sentuhan berupa karpet dengan material lebih berkualitas. “Dalam masih lama, dasbor sedikit ada penyesuaian,” jelas Adi.

Fitur Kabin

Untuk model yang dipamerkan di GIICOMVEC 2020, spesifikasi lumayan lengkap. Fitur hiburan menggunakan sistem video berupa TV LED 32 inci dan 22 inci. Ini dipadukan perangkat audio, berupa DVD Player Double DIN, yang diperkuat 2 set speaker, power, subwoofer, mic dan preamplifier. Sementara, fitur keselamatan tambahan diselipkan safety hammer dan pemadam kebakaran.

Adiputro membanderol pembuatan bodi medium bus terbarunya di angka Rp 437,5 juta. Belum termasuk bagian interior, karena harga bisa bervariasi sesuai permintaan pelanggan. Biaya bodi itu pun juga tak mencakup sasis. Walau dikenalkan di GIICOMVEC 2020, model terkini sudah mendapat respons positif. Beberapa Perusahaan Otobus (PO), seperti dari Bali dan Bandung.

“Estimasi kalau semuanya atau full set, tidak termasuk basis ya. Biasanya bisa sampai Rp 800 jutaan,” tutup Adi Bagus Kuncoro.

Baca juga: GIICOMVEC 2020: Karoseri Adiputro Hadirkan Medium Bus Terbaru

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sudah hampir setahun Honda Jazz/Fit generasi terbaru debut sejak Tokyo Motor Show 2019. Sampai saat ini juga, belum ada titik cerah...

Hyundai i30 N Facelift: Lebih Hot, Kencang, dan Canggih

SEOUL, Carvaganza.com – Resmi sudah Hyundai i30 N versi baru diluncurkan sebagai hot hatchback performa tinggi, untuk melawan para rival dari Jepang dan Eropa....

Jawab Tantangan Lucid Motors, Tesla Kenalkan Model S Plaid

SAN CARLOS, Carvaganza.com - Lucid Motors memulai genderang perang. Diawali perkenalan Lucid Air Dream Edition awal September lalu, langsung membuat telinga Tesla panas. Tanpa...