Geber Mobil F1 Lagi di Silverstone, Hamilton Kaget

SILVERSTONE, Carvaganza.com – Hadir dalam rangkaian tes privat tim Mercedes di sirkuit Silverstone, Inggris, Lewis Hamilton akhirnya kembali ke kokpit mobil Formula 1. Ini menjadi pertama kalinya Hamilton berada di dalam dan mengemudikan mobil F1 sejak tes pra musim di Barcelona, akhir Februari lalu.

Pada kesempatannya ini, Hamilton mengaku sangat menikmati sesi tes tersebut. Dirinya tidak merasa kaku meski sudah sekian lama ‘libur’ balapan dan berada di rumah. Hamilton turun ke lintasan pada hari kedua dari rangkaian tes persiapan yang digelar Mercedes tersebut.

Mengibaratkan dirinya sebagai perenang profesional, Hamilton mengaku dirinya seperti tidak pernah keluar dari air saat menggeber mobil di sirkuit. Tes hari kedua di Silverstone berlangsung dengan kondisi cuaca hujan.

https://twitter.com/MercedesAMGF1/status/1270672418974113792?s=20

“Saat Anda keluar dari garasi untuk pertama kali, Anda mendapat getaran, dan itu tidak peduli berapa tahun Anda melakukan hal itu, selalu terasa baru dan segar,” kata Hamilton.

“Tentu ini adalah mobil lama, tapi rasanya masih fantastis. Kami menjalani program yang solid hari ini.

“Hari tes Valtteri kemarin kering, giliran saya mulai saat hujan, jadi trek Silverstone agak licin.

“Tapi tentunya saya besar di cuaca seperti ini, jadi saya sudah terbiasa dengan ini. Saya masih bisa mendapatkan feel yang bagus pada mobil.”

Sebelumnya, Hamilton sempat mengira para pembalap akan merasa kaku ketika kembali mengemudikan mobil pertama kalinya setelah pandemi usai. Karena praktis selama karantina sekitar tiga bulan, intensitas latihan fisik para pembalap jauh berkurang, telrebih mengemudikan mobil balap.



Tes ini sendiri selain untuk beradaptasi kembali kekuatan fisik untuk pembalap, juga digunakan untuk persiapan hadapi protokol baru di sirkuit. F1 dan FIA akan menerapkan rangkaian protokol kesehatan khusus di sirkuit saat balapan digelar. Di antaranya mewajibkan seluruh kru tim memakai masker setiap saat.

“Menurut saya setiap kali Anda mengambil libur panjang – sepertinya sudah sekitar 103 hari mungkin – Anda selalu penasaran apakah masih bisa membalap,” tambah sang juara dunia 6 kali.

“Jadi ini perasaan yang bagus untuk tahu pastinya saya bisa, saya siap, saya merasa bugar. Saya harap Anda semua sehat dan senang dengan apa yang akan terjadi nanti.”



Tes ini dilakukan dengan Batasan mobil yang digunakan berusia minimal dua tahun. Jadi bukan mobil musim 2020 yang dicoba Hamilton, melainkan Mercedes W09 dari musim 2018. Tim juga tidak diizinkan menguji komponen baru, atau bahkan memakai ban dengan spesifikasi musim saat ini.

Aturan tersebut demi mencegah tim mengumpulkan data dan mendapat keuntungan dari tes tertutup. Setelah Mercedes, rencananya Ferrari dan Racing Point akan menggelar tes serupa sebelum balap pertama digelar awal Juli.

Sumber: Crash

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda