Beranda Updates Geber Bajaj di Nurburgring, Secepat Apa Rekor Lapnya?

Geber Bajaj di Nurburgring, Secepat Apa Rekor Lapnya?

NURBURG, 4 Juni 2019 – Umumnya rekor waktu di Nurburgring, Jerman, dilakukan dengan sportscar atau supercar keluaran terbaru untuk saling unjuk performa antar pabrikan. Tapi bagaimana kalau sebuah bajaj atau tuk-tuk digeber di Nurburgring?

Hal tersebut berhasil diwujudkan baru-baru ini, untuk mencetak rekor pertama tuk-tuk di sirkuit berjuluk ‘Green Hell’ tersebut. Meski terdengar lucu, nyatanya usaha yang dilakukan ini jauh lebih serius dari kelihatannya.

Sekelompok orang di Jerman mengimpor satu unit penuh kendaraan umum khas Thailand tersebut dari negara asalnya langsung, tiga tahun lalu. Tuk-tuk tersebut tidak lain ditujukan untuk dicatat rekornya di Nurburgring.

Usaha mencetak rekor pertama kali dilakukan pada tahun lalu, namun karena tuk-tuk yang digunakan mengalami masalah teknis alias mogok di trek. Mereka kembali tahun ini dengan telah lakukan modifikasi, khususnya untuk meningkatkan performa dan ketahanan mesin, dengan komponen yang dibuat oleh perusahaan rekanan Koenigsegg.

Pada 23 Mei 2019 lalu akhirnya rekor pertama untuk tuk-tuk di Nurburgring berhasil tercatat, yang diceritakan menjadi pengalaman mengerikan oleh tim penguji. “Kendaraan roda tiga ini sangat rapuh dan tidak stabil. Beberapa tikungan bahkan dilalui dengan dua roda!” kata salah satu penguji yang menjadi penumpang.

Soal rekor waktu yang didapat, jangankan bisa mendekat rekor tercepat milik Porsche 911 GT2 RS, bahkan dengan rekor mobil listrik pun terpaut jauh. Tuk-tuk tercatat meraih laptime di Nurburgring secepat 31 menit 49,46 detik.

WAHYU HARIANTONO