Garap Platform e-TNGA, Toyota Siapkan Calon SUV Listrik Baru

TOKYO, Carvaganza.com – SUV dan mobil listrik. Dua segmen ini sedang terus naik trennya di pasar dan industri otomotif dunia. Tidak heran banyak pabrikan gencar mengembangkan produk untuk dua segmen tersebut. Tidak terkecuali Toyota, yang telah mengumumkan sebuah model SUV listrik yang akan dikembangkan sepenuhnya baru.

Maksudnya adalah, Toyota akan mengembangkan SUV listrik ini dari nol, dan bukan berasal dari model yang sebelumnya sudah ada, dengan varian mesin pembakaran internal. Untuk model baru ini, Toyota mengembangkannya sekaligus dari platform yang benar-benar baru. Dengan merilis teaser berwujud siluet, Toyota mengklaim platform baru bernama e-TNGA.

Artinya, e-TNGA adalah platform baru dari Toyota New Global Architecture, dengan peruntukkan khusus powertrain listrik. Sebelumnya, Toyota sudah menggunakan platform TNGA ini menjadi mobil listrik berwujud Lexus UX 300e, melalui TNGA-C, yang berasal dari C-HR. Untuk platform spesifik EV ini, Toyota melakukan pengembangan bersama dengan Subaru.

https://twitter.com/i/status/1335898275111710721

All-new electric SUV dari Toyota ini, kabarnya akan memiliki dimensi mirip dengan RAV4, namun dengan wheelbase lebih panjang dan overhang lebih pendek. Bisa ditebak kalau wheelbase panjang ini demi mengakomodasi baterai besar di bagian dasar mobil. Mobil baru ini akan diproduksi dari pabrik Toyota ZEV di Jepang, yang kemudian untuk dipasarkan ke skala global.

Melalui platform e-TNGA, Toyota mengatakan rancangan tersebut ditujukan bisa mengakomodasi sistem penggerak roda depan, belakang, dan 4WD. Begitu juga dengan berbagai ukuran baterai dan jenis motor listrik, yang akan bisa diterapkan pada platform fleksibel ini. Artinya, SUV listrik ini akan mampu menawarkan ragam varian untuk menyesuaikan kebutuhan dan karakter masing-masing negara. Mobil listrik ini akan menjadi yang pertama dari setidaknya enam model EV baru berbasis arsitektur ini.

Selain SUV mirip RAV4 tadi, e-TNGA akan dimanfaatkan juga untuk model crossover lebih kecil, SUV besar, sedan, dan bahkan MPV. Dan mengingat pengembangan yang bersama Subaru, maka akan ada juga SUV versi ‘kembaran’ berlogo Subaru. Awal tahun lalu, Subaru sempat merilis teaser untuk SUV ini, yang dirumorkan akan memakai nama Evoltis.

“Toyota akan segera mengambil langkah berikutnya dalam menghadirkan portfolio baterai listrik yang akan datang dengan berikan pratinjau sebuah all-new mid-sized SUV dalam beberapa bulan mendatang. Keserbagunaan dan fleksibilitas dari teknologi e-TNGA memungkinkan kami untuk merancang dan membuat kendaraan yang tidak hanya berbaterai listrik, tapi juga menyenangkan dikendarai dan berpenampilan cantik,” kata Koji Toyoshima, Deputy Chief Officer pabrik Toyota ZEV.

Saat ini Toyota belum memiliki produk SUV listrik yang dikembangkan sejak awal. UX 300e saja menggunakan basis Lexus UX, yang terbagi dalam beberapa varian. Sementara C-HR dan Corolla Cross, dilengkapi pilihan varian hybrid. Varian hybrid juga tersedia dalam model sedan dan MPV Toyota lainnya, seperti Camry dan Alphard, termasuk di Lexus.

Sumber: Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda