Beranda Updates Ganti Oli Setelah Perjalanan Mudik, Perlukah?

Ganti Oli Setelah Perjalanan Mudik, Perlukah?

JAKARTA, 10 Juni 2019 – Perjalanan jauh seperti mudik dan balik lebaran ke kampung halaman tentu saja membutuhkan performa mesin yang prima. Selain pengecekan kendaraan sebelum mudik, pengecekan setelah balik juga perlu dilakukan. Salah satunya mengganti oli mesin. Tapi perlukah mengganti oli setelah mudik?

Adrian Baskoro, Vice President Director PT Federal Karyatama (FKT), produsen pelumas dengan merek Federal Lubricants, mengatakan bahwa sebenarnya kewajiban mengganti oli tak harus dilakukan sebelum mudik. Ia mengatakan bahwa penggantian oli mengacu pada kilometer (jarak tempuh) atau waktu pemakaian.

“Tergantung pergantian olinya terakhir kapan. Kalau misalnya di pas mau baru jalan 100 km, padahal jatah gantinya 5.000 km, ya tidak usah ganti, ini patokan jarak,” ungkap Adrian beberapa waktu lalu.

Namun pengendara harus cek level dan kondisi oli mesin. Jika sudah waktunya ganti sebaiknya segera ganti oli sebelum memulai perjalanan. Hal yang sama juga dilakukan setelah mudik.

Ia mengatakan jika ditunda maka kendaraan akan mengalami masalah. Setidaknya ada empat kemungkinan yaitu kerusakan berbagai komponen yang berkaitan. Jadi, biaya servis akan meningkat. Oli yang sudah menurun kualitasnya juga akan membuat performa kendaraan menurun. Selain itu, bahan bakar juga jadi lebih boros.

“Oli yang sudah tidak fresh akan membuat tarikan mesinnya berat, akibatnya ya boros,” kata dia.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza