Beranda Updates F1: Verstappen Raih Kemenangan Pertama Red Bull di Balapan Kandang

F1: Verstappen Raih Kemenangan Pertama Red Bull di Balapan Kandang

daihatsu giias 2019

SPIELBERG, 1 Juli 2018Max Verstappen akhirnya meraih kemenangan pertamanya musim ini untuk Red Bull Racing, dengan menjadi yang terdepan pada seri Formula 1 Grand Prix Austria 2018. Kemenangan diraih Verstappen setelah lolos dari berbagai drama yang terjadi di belakangnya.

Putra dari Jos Verstappen itu memenangkan balapan nyaris tanpa melakukan perlawanan sepanjang balapan, untuk bisa finish pertama di depan duo Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel. Hanya di lap pertama Vertstappen harus berusaha berebut posisi dengan pembalap lain.

Verstappen hanya menyalip Raikkonen di balapan yang berlangsung di Red Bull Ring, Spielberg tersebut, tepatnya di tikungan 7 lap pertama dengan sedikit senggolan roda. Raikkonen yang sedikit direpotkan berebut posisi dengan duo Mercedes setelah start menjadi momentum Verstappen mencuri posisinya.

Saat start, Raikkonen dari posisi ketiga berhasil menempatkan mobilnya di antara Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton yang start di depannya menuju tikungan 1. Melebarnya Raikkonen di tikungan 1  dan 3 memungkinkan Verstappen menyerang kemudian.

Hamilton mencuri posisi terdepan dari pole sitter Bottas, rekan setimnya, yang kemudian membawa Mercedes menguasai separuh balapan sepanjang 71 lap itu. bencana bagi Mercedes datang pada lap ke-15 saat mobil Bottas harus  berhenti di pinggir lintasan karena masaah gearbox.

Terhentinya Bottas memunculkan periode virtual safety car selama satu lap, yang dimanfaatkan oleh Red Bull dan Ferrari untuk melakukan pitstop ke seluruh pembalapnya. Di sini, kemenangan mulai terlihat menjadi milik Verstappen.

Hamilton yang memimpin balapan tidak punya jarak cukup untuk tetap di depan setelah melakukan pitstop di lap 26, yang akhirnya keluar pitlane di belakang barisan Verstappen, Daniel Ricciardo dan Raikkonen. Sementara rival utamanya di klasemen, Vettel, menghantui di belakangnya.

Masalah pada ban kiri belakang menjadi penentu hasil balapan bagi Hamilton dan Ricciardo, yang terbukti masing-masing kemudian disalip oleh Raikkonen dan Vettel karena kehilangan grip. Raikkonen mencuri posisi kedua dari Ricciardo di lap 38, lalu diikuti Vettel menyalip Hamilton di lap berikutnya.

Masalah ban tersebut memaksa Hamilton kembali pitstop dan kehilangan peluang mengejar kemenangan, namun ini hanya sebagian dari drama yang dialaminya. Satu lap setelah Hamilton pistop, Ricciardo harus keluar dari balapan karena juga mengalami kerusakan gearbox.

Puncak drama di Austria datang saat memasuki lap 64, di mana Hamilton tiba-tiba melambat dan kemudian berhenti di pinggir lintasan, yang menjadi pengaruh besar pada klasemen pembalap dan konstruktor.

Verstappen akhirnya mempersembahkan kemenangan pertama Red Bull di Red Bull Ring dengan unggul 1,504 detik di depan Raikkonen, sementara Vettel melengkapi podium ganda Ferrari di posisi ketiga. Hasil finish di Austria juga menampilkan hasil terbaik tim Haas selama di F1, dengan meraih posisi ke-4 dan 5.

Bwrikut hasil balapan F1 GP Austria, Minggu, 1 Juli 2018:

1 Max Verstappen RED BULL RACING TAG HEUER 71 1:21:56.024 25
2 Kimi Räikkönen FERRARI 71 +1.504s 18
3 Sebastian Vettel FERRARI 71 +3.181s 15
4 Romain Grosjean HAAS FERRARI 70 +1 lap 12
5 Kevin Magnussen HAAS FERRARI 70 +1 lap 10
6 Esteban Ocon FORCE INDIA MERCEDES 70 +1 lap 8
7 Sergio Perez FORCE INDIA MERCEDES 70 +1 lap 6
8 Fernando Alonso MCLAREN RENAULT 70 +1 lap 4
9 Charles Leclerc SAUBER FERRARI 70 +1 lap 2
10 Marcus Ericsson SAUBER FERRARI 70 +1 lap 1
11 Pierre Gasly SCUDERIA TORO ROSSO HONDA 70 +1 lap 0
12 Carlos Sainz RENAULT 70 +1 lap 0
13 Sergey Sirotkin WILLIAMS MERCEDES 69 +2 laps 0
14 Lance Stroll WILLIAMS MERCEDES 69 +2 laps 0
15 Stoffel Vandoorne MCLAREN RENAULT 65 DNF 0
NC Lewis Hamilton MERCEDES 62 DNF 0
NC Brendon Hartley SCUDERIA TORO ROSSO HONDA 54 DNF 0
NC Daniel Ricciardo RED BULL RACING TAG HEUER 53 DNF 0
NC Valtteri Bottas MERCEDES 13 DNF 0
NC Nico Hulkenberg RENAULT 11 DNF 0

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza