Beranda Updates F1: Pembalap Tercepat akan Dapat Bonus Poin Tahun Ini

F1: Pembalap Tercepat akan Dapat Bonus Poin Tahun Ini

PARIS, 12 Maret 2019 – Selain menerapkan aerodinamika baru untuk meningkatkan aksi menyalip saat balapan, Formula 1 tahun ini juga baru saja mengumumkan regulasi baru yang akan member bonus untuk pembalap tercepat di setiap balapan.

FIA World Motor Sport Council (WMSC) telah menyetujui untuk memberlakukan aturan baru, yaitu dengan memberi poin khusus untuk pembalap yang mencetak fastest lap (lap tercepat) saat balapan. Regulasi baru ini akan langsung berlaku saat seri pembuka di Australia, akhir pekan ini.

Format poin untuk peraih fastest lap ini sebenarnya sudah pernah diusulkan sejak beberapa tahun lalu, namun baru saat ini disetujui oleh Sport Working Group dan Strategy Group.

Formula E menjadi ajang yang sudah lebih dulu menerapkan poin khusus ini, sejak pertama kali digelar pada tahun 2014. Namun akan ada pembeda untuk aplikasi aturan ini di F1.

Perbedaannya adalah di F1 satu poin tambahan diberikan kepada peraih fastest lap, jika pembalap tersebut berhasil finish di posisi sepuluh besar. Sementara di Formula E, poin tetap diberikan di posisi berapapun pembalap tersebut finish.

Hal ini dimaksudkan agar pembalap yang sudah tidak berpeluang meraih poin finish sepuluh besar, melakukan pitstop mengganti ban di saat-saat akhir demi mengejar poin fastest lap.

Poin untuk fastest lap sebenarnya bukan hal baru juga untuk F1, karena hal ini pernah diterapkan pada masa-masa awal tepatnya tahun 1950-1959. Regulasi ini menjadi penentu gelar juara dunia Mike Hawthorne yang berhasil mengalahkan Stirling Moss dengan selisih poin tipis.

WAHYU HARIANTONO

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Auto2000 Singosari, Dealer Layanan Body & Paint Terlengkap di Jawa Timur

MALANG, 21 Maret 2019 – Pasar otomotif yang terus berkembang di Malang dan Jawa Timur serta peningkatan layanan disikapi Toyota....

ZF Unjuk Keunggulan di Busworld Southeast Asia 2019

JAKARTA, 21 Maret 2019 – Tahukah Anda bahwa bus-bus Trans Jakarta memakai transmisi buatan ZF. Bus-bus yang memakai driveline pabrikan...

Honda Siap Ekspor All New Brio ke Vietnam dan Filipina Akhir Bulan Ini

JAKARTA, 21 Maret 2019 – Tahun ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) akan merayakan usianya yang ke-20 di Indonesia, sebagai...

ZF Bakal Semakin Agresif Penetrasi Pasar Indonesia

JAKARTA, 21 Maret 2019 – Di kalangan otomotif nama ZF bukanlah nama yang asing. ZF adalah pemain terdepan di dunia...

TEST DRIVE: BMW X3 sDrive20i, Makin Asyik!

TANGERANG, 21 Maret 2019 - BMW X3 varian termurah sudah dihadirkan BMW Indonesia bagi konsumen yang ingin memiliki SUV pabrikan...