Beranda Updates F1: Pembalap Tercepat akan Dapat Bonus Poin Tahun Ini

F1: Pembalap Tercepat akan Dapat Bonus Poin Tahun Ini

PARIS, 12 Maret 2019 – Selain menerapkan aerodinamika baru untuk meningkatkan aksi menyalip saat balapan, Formula 1 tahun ini juga baru saja mengumumkan regulasi baru yang akan member bonus untuk pembalap tercepat di setiap balapan.

FIA World Motor Sport Council (WMSC) telah menyetujui untuk memberlakukan aturan baru, yaitu dengan memberi poin khusus untuk pembalap yang mencetak fastest lap (lap tercepat) saat balapan. Regulasi baru ini akan langsung berlaku saat seri pembuka di Australia, akhir pekan ini.

Format poin untuk peraih fastest lap ini sebenarnya sudah pernah diusulkan sejak beberapa tahun lalu, namun baru saat ini disetujui oleh Sport Working Group dan Strategy Group.

Formula E menjadi ajang yang sudah lebih dulu menerapkan poin khusus ini, sejak pertama kali digelar pada tahun 2014. Namun akan ada pembeda untuk aplikasi aturan ini di F1.

Perbedaannya adalah di F1 satu poin tambahan diberikan kepada peraih fastest lap, jika pembalap tersebut berhasil finish di posisi sepuluh besar. Sementara di Formula E, poin tetap diberikan di posisi berapapun pembalap tersebut finish.

Hal ini dimaksudkan agar pembalap yang sudah tidak berpeluang meraih poin finish sepuluh besar, melakukan pitstop mengganti ban di saat-saat akhir demi mengejar poin fastest lap.

Poin untuk fastest lap sebenarnya bukan hal baru juga untuk F1, karena hal ini pernah diterapkan pada masa-masa awal tepatnya tahun 1950-1959. Regulasi ini menjadi penentu gelar juara dunia Mike Hawthorne yang berhasil mengalahkan Stirling Moss dengan selisih poin tipis.

WAHYU HARIANTONO



Last Updates

Ini 7 Layanan Auto2000 Selama Mudik Lebaran

JAKARTA, 26 Mei 2019 – Tak terasa Hari Raya Idul Fitri 1440 H tinggal 10 hari lagi. Mudik Lebaran menjadi agenda...

Toyota Kijang, Mobil Bekas Paling Diburu Jelang Lebaran

JAKARTA, 25 Mei 2019 – Bulan suci Ramadhan dan jelang lebaran mendongkrak jual beli mobil bekas. Selain pencarian, supply mobil...

Peugeot Unjuk Gigi di Turnamen Tenis Roland Garros

PARIS, 25 Mei 2019 – Turnamen tenis Prancis Terbuka atau juga dikenal dengan Roland Garros kembali digelar selama 2 pekan...

Masalah Global, Ekspor Toyota Melorot 6% di 4 Bulan Pertama 2019

JAKARTA, 24 Mei 2019 – Ekspor kendaraan utuh (Complete Build Up/CBU) bermerek Toyota pada bulan Januari hingga April 2019 mengalami...

Tambah Kekuatan, Peugeot Boyong SUV 5008 ke Indonesia Bulan Depan

JAKARTA, 24 Mei 2019 – Setelah cukup sukses dengan sport utility vehicle (SUV) Peugeot 3008 di pasar Indonesia, PT Astra...