Beranda Updates F1: Kemenangan Dramatis Hamilton dari P14, Vettel DNF di Kandang

F1: Kemenangan Dramatis Hamilton dari P14, Vettel DNF di Kandang

HOCKENHEIM, 23 Juli 2018 – Balap seri Formula 1 Grand Prix Jerman 2018, Minggu (22/7/2018), kembali menyajikan drama dari persaingan antara Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton, yang kini dimenangkan oleh Hamilton. Pada seri ke-11 tersebut, Hamilton meraih kemenangan di saat Vettel gagal finish setelah sempat dominan memimpin balapan.

Yang lebih mengesankan adalah bahwa Hamilton mempersembahkan kemenangan di balap kandang Mercedes dengan start dari posisi ke-14, menyusul masalah hidrolik saat kualifikasi. Hujan yang sempat turun di tengah-tengah balapan berhasil menyajikan balapan dramatis.

Dari pole position, Vettel berhasil memimpin balapan dan tidak terkejar oleh Valtteri Bottas di posisi kedua, dan tampak akan meraih kemenangan kelima untuk Ferrari musim ini. Begitu juga dengan Kimi Raikkonen di posisi ketiga hang diikuti oleh Max Verstappen.

Balapan berlangsung normal hingga periode pitstop pertama, di mana Raikkonen yang masuk pit lebih awal berhasil melewati Bottas dan Vettel. Sementara dalam 13 lap, Hamilton berhasil naik ke posisi 6, hingga akhirnya berada di belakang duo Ferrari setelah pitstop Vettel di lap 26.

Di antara persaingan antara Ferrari dan Mercedes, Red Bull justru harus kembali kecewa saat Daniel Ricciardo harus menghentikan mobilnya di lap 29 karena masalah teknis.

Vettel yang berada di belakang Raikkonen setelah pitstop mengeluhkan kondisi ban terlalu panas di belakang turbulensi, meminta tim untuk bertukar posisi. Akhirnya, Raikkonen membiarkan Vettel lewat di lap 39.

Mercedes akhirnya memanggil Hamilton masuk pit di lap 43, untuk memangkas jarak dan mengantisipasi turunnya hujan. Benar saja, dua lap kemudian akhirnya hujan turun meski hanya di sebagian sirkuit, tepatnya di hairpin tikungan 6 Sirkuit Hockenheim.

Para pemimpin balapan memilih tetap menggunakan ban slick saat hujan mulai meluas di sirkuit, dengan perkiraan hujan tidak berlangsung lama. Salah perkiraan saat pengereman menuju tikungan Sachs (12), Vettel overshoot dan menabrak pembatas hingga terjebak di gravel, mengakhiri balapannya setelah memimpin sejak awal.

Safety car masuk ke lintasan, Ferrari dan Mercedes pun bereaksi dengan memanggil Raikkonen dan Bottas untuk berganti ban ke kompon ultrasoft. Sementara Hamilton yang sudah setengah jalan di pit entry memutuskan kembali ke trek karena melihat Raikkonen di depannya tidak masuk pit, satu lap sebelumnya.

Balapan dimulai kembali di lap 58, dengan 10 lap tersisa, dan Bottas yang berada di posisi kedua langsung menyerang Hamilton. Setelah Hamilton berhasil bertahan dan menjauh di lap berikutnya, Mercedes perintahkan kedua pembalapnya untuk tidak bertarung dan pertahankan posisi sampai finish.

Raikkonen sempat menutup jarak ke Bottas di beberapa lap terakhir, namun tidak cukup untuk bisa menyalipnya merebut posisi kedua. Begitu juga dengan Hamilton yang berhasil tetap tenang dan membawa mobilnya finish terdepan saat hujan kembali turun di lap terakhir.

Hamilton dan Bottas di luar prediksi berhasil persembahkan kemenangan 1-2 bagi Mercedes pada kembalinya Jerman di kalender F1. Sementara Raikkonen menyelamatkan poin Ferrari dengan finish di posisi ketiga, di saat Vettel harus menelan pil pahit di balap kandangnya.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Histori Lini SUV Mercedes-Benz, Sempat Telat Mengikuti Tren

Sederet model SUV disuguhkan Mercedes-Benz. Tentu tujuannya memenuhi bermacam kebutuhan pasar. Mulai dari entry level sampai paling mewah. Membuatnya dapat diterima berbagai kalangan. Di...

Daihatsu Ayla Makin Seru, Punya Tampilan Baru

JAKARTA, carvaganza.com – Kalau Anda sekarang ini sedang memilih-milih mobil LCGC yang pas, mungkin Daihatsu Ayla bisa dijadikan bahan pertimbangan. Tampilan city car Ayla...

Menebak Harga Honda CR-V Facelift di Indonesia Jelang Peluncuran

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda CR-V versi terkini sudah mengaspal di Vietnam dan Thailand, sementara di Indonesia sejauh ini belum ada kabarnya. Mungkin saja akhir...

Penyegaran Isuzu mu-X 2021, Pancarkan Aura Premium

BANGKOK, Carvaganza.com - Isuzu telah resmi merilis model penyegaran untuk Isuzu mu-X 2021 di Thailand, 28 Oktober 2020 lalu. Tak hanya tampilan yang disegarkan,...

Membandingkan Harga Mobil Kepresidenan Dengan Mobil Terlaris Di Negaranya. Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi?

JAKARTA, carvaganza.com - Mobil kepresidenan sering diidentikkan sebagai mobil paling aman. Makanya mobil-mobil ini dilindungi sejumlah fitur keselamatan termutakhir sampai fitur anti peluru. Tak...