Beranda Updates F1: Hamilton Dominasi Balap Basah-Kering GP Hongaria 2020

F1: Hamilton Dominasi Balap Basah-Kering GP Hongaria 2020

BUDAPEST, Carvaganza.com – Kemenangan demi kemenangan terus diraih oleh tim Mercedes, kali ini untuk seri Formula 1 Grand Prix Hongaria 2020. Ini menjadi kemenangan ketiga dalam tiga pekan berturut-turut bagi Mercedes. Lewis Hamilton kembali tampil sebagai yang terdepan, menyusul kesuksesannya di seri Styria.

Menguasai posisi terdepan sejak sesi kualifikasi, Hamilton tanpa perlawanan dalam meraih kemenangan F1 ke-86 dalam karirnya tersebut. Hamilton berhasil tampil apik dan konsisten di lintasan Hungaroring yang dari basah menjadi kering. Hujan yang turun sebelum balapan membuat hampir semua pembalap di grid harus memakai ban intermediate atau full wet.

Sejak lampu start padam, Hamilton dari pole position tidak terkejar oleh para riavalnya. Max Verstappen yang start dari posisi ke-7 melesat merebut posisi 3 di tikungan 2. Sementara Valtteri Bottas dari posisi kedua sempat jump start, dan tercecer keluar dari lima besar. Ferrari juga menunjukkan start bagus, berbekal posisi start kelima dan keenam.

Melanjutkan hasil kualifikasi terbaik bagi Racing Point, Lance Stroll sempat cukup lama menghuni posisi kedua setelah start. Stroll sempat cukup konsisten menahan Verstappen hingga pit stop pertamanya.

Haas yang berjudi lewat strategi ban, memanggil kedua pembalapnya masuk pit untuk berganti ke ban slick, usai formation lap sebelum start balapan. Alhasil, Kevin Magnussen dan Romain Grosjean yang start bunci, berhasil naik ke tiga besar begitu para pembalap lain berganti ban. Magnussen dan Grosjean bahkan cukup lama berada di lima besar, hingga lewati separuh balapan.

Namun karena kecepatan mobil secara keseluruhan masih tertinggal, duet pembalap Haas akhirnya satu per satu disalip. Magnussen harus puas finis ke-9 dan Grosjean gagal mendulang poin di posisi ke-15. Racing Point di sisi lain, terus menunjukkan performa kuat melalui Stroll.

Ferrari sempat memisah strategi untuk kedua pembalapnya. Charles Leclerc mendapat ban kompon soft untuk stint keduanya, yang kemudian terbukti tidak bertahan lama untuk unggul di depan. Sementara Sebastian Vettel diberikan ban kompon medium, berhasil membuatnya perlahan bertahan dan perbaiki posisi. Keduanya kemudian finish dengan hasil yang kontras, Vettel bawa pulang poin dari posisi ke-6, sementara Leclerc nol di posisi ke-11.

McLaren yang tampil kuat pada dua seri pembuka di Austria, justru gagal bersinar di Hungaroring. Finish terbaik ditunjukkan oleh Carlos Sainz melalui posisi ke-10. Sementara Lando Norris gagal memaksimalkan kondisi cuaca yang berubah, hanya finish ke-13.

Di depan, Hamilton akhirnya finish memimpin para pembalap lain. Menyelesaikan balapan sepanjang 70 lap, Hamilton finish dengan jarak 8,7 detik di depan Verstappen. Sementara posisi ketiga menjadi milik Bottas, yang terpaut 9,4 detik dari rekan setimnya itu.

Menarik melihat performa Verstappen, yang nyaris tidak bisa start balapan. Saat menuju grid dari pit lane, sebelum start, kesalahan di trek basah mengakibatkannya menabrak pembatas. Merusak sayap depan dan suspensi roda depan, tim Red Bull berhasil perbaiki mobil tepat waktu di grid. Kerja brilian tersebut berbuah manis, finish di podium kedua.

Kemenangan mengantarkan Hamilton rebut puncak klasemen pembalap pertama kalinya musim ini, menggeser Bottas. Dengan total 63 poin, Hamilton unggul 5 poin dari Bottas, sementara Verstappen naik ke posisi ketiga dengan koleksi 33 poin. Begitu juga dengan Mercedes yang semakin jauh di puncak klasemen kontruktor dengan 121 poin, diikuti Red Bull dengan 55 poin di posisi kedua. McLaren tergeser ke posisi ketiga, dengan koleksi 41 poin.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TIPS: Perhatikan Hal-Hal Ini Kalau Membeli Mobil Bekas

JAKARTA, Carvaganza -- Anda yang membutuhkan kendaraan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan membeli baru, menyewa, atau bisa juga dengan membeli mobil bekas....

Schumacher dan Pembalap Junior Ferrari akan Debut Tes F1 di Nurburgring

HINWILL, Carvaganza.com – Para calon generasi penerus pembalap Ferrari di Formula 1 akan mendapat kesempatan istimewa pada seri berikutnya di Jerman. Tiga pembalap; Mick...

ROAD TEST: BMW i3S, Punya Dua Kepribadian (2/2)

JAKARTA, Carvaganza.com - BMW i3S jadi mobil listrik murni pertama yang resmi dijual di Indonesia. Kami pun sangat bersemangat mencobanya dalam keseharian. Pada artikel...

Konsep SUV Listrik Lynk & Co Ini akan Tantang Tesla dan VW

ZHEJIANG, Carvaganza.com - Lynk & Co, perusahaan Cina-Swedia menunjukkan model terbaru Zero dalam bentuk konsep. Rencananya unit masuk jalur produksi pada 2021. Kemungkinan wujud...

ROAD TEST: BMW i3S, Masih Bergantung Infrastruktur Charging Station? (1/2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sulit rasanya mengingat kapan terakhir, saya mengkhayal tentang hadirnya mobil listrik. Era di mana berkendara, tak lagi perlu berpikir untuk mampir...