Beranda Updates F1: Hamilton Asapi Verstappen dan Vettel di GP Singapura 2018

F1: Hamilton Asapi Verstappen dan Vettel di GP Singapura 2018

SINGAPURA, 17 September 2018 – Kemenangan di luar prediksi berhasil diraih oleh Lewis Hamilton pada seri Formula 2 Grand Prix Singapura 2018, hari Minggu (16/9/2018), mengungguli Ferrari dan Red Bull Racing yang di atas kertas lebih unggul di sirkuit jalan raya Marina Bay.

Hamilton sukses pecundangi Max Verstappen dan Sebastian Vettel di balapan malam hari, dengan memimpin balapan sejak start hingga finish tanpa perlawanan berarti. Dengan kemenangan ini, Hamilton semakin mendekati gelar juara dunia yang kelima kali.

Juara dunia bertahan itu sukses lepaskan diri dari serangan Verstappen dan Vettel saat start, yang di tikungan 3 terjadi insiden senggolan antara duo pembalap Force India Sergio Perez dan Esteban Ocon. Posisi yang tidak menguntungkan membuat Ocon menabrak tembok pembatas dan langsung tersingkir dari balapan.

Di lap pertama, Vettel yang menyerang Verstappen di tikungan 1 kemudian berhasil menyalipnya di tikungan 7 untuk posisi kedua. Balapan sempat diisi periode safety car di lap 1 karena mobil Ocon yang terhenti di pinggir trek.

Memimpin balapan, Hamilton melaporkan kepada tim bahwa ban yang dipakainya masih mampu digeber lebih lama untuk melebarkan jarak. Namun pesan tersebut disalahartikan oleh Ferrari yang kemudian memanggil Vettel masuk pit lebih awal di lap 15, dengan harapan bisa overcut saat Hamilton masuk pit.

Momen ini menjadi blunder Ferrari karena Vettel yang kembali diberikan set ban ultrasoft justru keluar pit di belakang Perez dan tertahan beberapa lap. Dengan ban yang dipakainya, Hamilton masih mampu cukup kencang untuk membuka jarak.

Sementara Hamilton nyaman di depan, Red Bull memanfaatkan kondisi Vettel dengan berhasil membawa Verstappen unggul di depannya saat keluar pit. Tidak lama, Verstappen berhasil menjauh dan mengejar Hamilton, sedangkan Vettel terpaksa harus masuk pit kedua kalinya karena ban ultrasoft yang dipakai lebih cepat habis, dibandingkan kedua rivalnya yang langsung berganti ke soft.

Duel antara Romain Grosjean dan Nico Hulkenberg yang tertinggal 1 lap, menghambat laju Hamilton di depan dan memungkinkan Verstappen menutup jarak dari 3 detik menjadi kurang dari 1 detik hanya dalam 1 lap. Steward akhirnya menjatuhi penalti 5 detik untuk Grosjean karena mengabaikan bendera biru.

Hamilton berhasil kembali menjauh dan lolos dari ancaman Verstappen di belakangnya, untuk kemudian finish terdepan meraih kemenangan dengan jarak 8,9 detik, diikuti Vettel di posisi ketiga dengan jarak 39,9 detik. Valtteri Bottas, Kimi Raikkonen dan Daniel Ricciardo menggenapi dominasi tiga tim di posisi enam besar.

WAHYU HARIANTONO