Beranda Updates F1: Ferrari Terpuruk, Mercedes Kuasai 1-2 Kualifikasi GP Austria 2020

F1: Ferrari Terpuruk, Mercedes Kuasai 1-2 Kualifikasi GP Austria 2020

SPIELBERG, Carvaganza.com – Seri pembuka Formula 1 akhrinya benar-benar digelar tahun ini, dan Mercedes pun langsung tunjukkan kekuatannya. Pada sesi kualifikasi F1 Grand Prix Austria 2020, dua posisi start terdepan berhasil dikunci oleh Mercedes. Valtteri Bottas berhasil unggul dari Lewis Hamilton pada kesempatan ini.

Berlangsung di Red Bull Ring, Sabtu (4/7/2020), pole position menjadi milik Bottas dengan lap time 1:02939 menit. Lap tersebut sekaligus menjadi rekor tercepat terbaru untuk Red Bull Ring. Meski pada kesempatan terakhirnya melakukan kesalahan cukup fatal, Bottas berhasil pertahankan pole miliknya. Bottas melebar jauh di tikungan 4 pada lap pamungkasnya.

Lewis Hamilton gagal memanfaatkan kesalahan dari Bottas untuk mencuri posisi pertama. Lap tercepat Hamilton di kualifikasi bahkan hanya terpaut 0,012 detik dari Bottas. Seperti yang diprediksi sejak awal, Mercedes masih menjadi tim terkuat untuk musim 2020.

Posisi ketiga ditempati oleh Max Verstappen, yang membuktikan bahwa Red Bull memang tim terkuat kedua untuk musim ini. Namun, meski Honda memberikan versi spesifikasi mesin terbaru dengan sejumlah upgrade, hasil terbaik Verstappen masih tertinggal 0,538 detik. Red Bull gagal mengimbangin kecepatan Mercedes untuk tembus ke 1:02 menit.

McLaren menunjukkan peningkatan cukup signifikan dari musim lalu, dengan berhasil meraih posisi start keempat melalui Lando Norris. Pembalap muda asal Inggris tersebut terpaut 0,687 detik dari Bottas, serta unggul dari pembalap Red Bull lainnya, Alexander Albon. Rekan setim Norris, Carlos Sainz di posisi ke-8 berhasil membawa kedua McLaren di sepuluh besar.

Salah satu tim yang menarik perhatian musim ini adalah Racing Point, yang semakin kompetitif. Dengan chassis dan paket aerodinamika yang identik dengan mobil Mercedes 2019, Sergio Perez berhasil tuntaskan kualifikasi di posisi ke-6. Kedua mobil Racing Point bahkan secara meyakinkan sejak awal sesi berada di posisi sepuluh besar, disusul Lance Stroll di posisi ke-9.

Daniel Ricciardo melengkapi posisi sepuluh besar kualifikasi dan menjadi pembalap Renault tercepat. Ferrari sebagai tim papan atas justru gagal bersinar pada kualifikasi pertama musim ini, dengan hasil terbaik posisi 7 oleh Charles Leclerc. Sebastian Vettel bahkan harus gugur di sesi Q2, dan harus puas akan start dari posisi ke-11.

Di baris belakang, Williams tampak belum behasil berbenah dari performa tahun lalu, menempati posisi terakhir grid leat rookie Nicholas Latifi. Sementara George Russell meraih posisi ke-17, sekaligus unggul dari duo Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi dan Kimi Raikkonen.

Balapan pada hari Minggu akan berlangsung selama 71 lap di trek sepanjang 4,318 km yang terletak di kawasan perbukitan Styria. Tahun lalu, Verstappen menjadi pemenang di Austria setelah taklukkan Leclerc di lap-lap akhir dan menjadi kemenangan perdana mesin V6 turbo hybrid Honda.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Penjualan Turun Akibat Covid-19, Keuntungan Otomotif Astra Merosot 70 Persen

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 benar-benar merusak pasar otomotif Tanah Air. Demikian juga dengan group raksasa seperti Astra International....

Deretan Koleksi Mobil Khabib Nurmagomedov, Mulai Dari Mercedes-Benz W124 Sampai Ferrari California

Khabib Nurmagomedov, atlet Ultimate Fighting Championship (UFC) berusia 32 tahun itu telah mendapatkan banyak pujian atas rekor profesional 29-0 selama 12 tahun terakhir. Tepat...

Hyundai Resmikan City Store Pertama di Lotte Shopping Avenue

JAKARTA, Carvaganza -- Sejak resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sebagai pemegang merek Hyundai terus bergerak. Kini mereka meresmikan City...

Supercar Baru McLaren akan Tandai Debut Mesin V6 Hybrid

WOKING, Carvaganza.com – Line up produk mobil kencang McLaren Automotive sedang memasuki transisi ke era baru yang dihiasi teknologi elektrifikasi. Era baru tersebut akan...

Mengenal Supercar Blondie, Si Cantik Fenomenal di Media Sosial

Penggemar otomotif yang aktif di media sosial pasti mengenal sosok ini, Supercar Blondie. Wanita berusia 34 tahun asal Australia yang tinggal di Dubai, Uni...