Beranda Updates Dunlop LM705, Gunakan Teknologi Shinobi yang Minim Getaran

Dunlop LM705, Gunakan Teknologi Shinobi yang Minim Getaran

JAKARTA, Carvaganza.com – PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo) memperkenalkan baru terbarunya SP Sport LM705. Menggunakan teknologi bau Dunlop yang disebut Shinobi, ban ini siap diperkenalkan dalam waktu dekat. Apa keunggulannya?

Hendra Himawan, GM Sales Plan & Admin PT Surindo mengatakan LM705 memakai konstruksi berbeda dari model sebelumnya, LM704. Namun ban baru ini memiliki keunggulan yaitu minim getaran. Disebutkan jika getaran yang terjadi akibat melewati jalan kurang rata tereduksi 16 persen.

Performa ini didapat dari desain dinding samping yang lebih lentur dibandingkan model sebelumnya. Titik kelenturannya tak hanya terfokus di satu titik, tapi hampir semua permukaan. Sehingga peredaman pun menjadi lebih maksimal. Dengan demikian kenyamanan pemilik mobil diklaim lebih baik.

Selain minim getaran, ban ini juga lebih senyap. Tingkat kebisingan diklaim berkurang 15 persen. Menurut Henfda hal ini didapatkan berkat pola tapak dengan jumlah blok diperbanyak. Garisnya dibuat lebih kecil, tapi dipadukan tiga celah besar untuk memastikan pembuangan air terjaga. Kontur telapak juga dibuat lebih membulat, menyebabkan ban menyentuh jalan secara bertahap dari pusat ke arah luar. Konfigurasi ini disebut turut mendukung penyerapan getaran, selain mengurangi kebisingan.

“Teknologi Shinobi adalah inovasi baru Dunlop dalam hal desain ban, yang dapat mengefektifkan fungsi dinding samping dan telapak. Guna meredam getaran ban di jalan bergelombang, sehingga meningkatkan kenyamanan dan kesenyapan,” jelas Hendra Himawan di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (20/2/2020).

Ban ini diperuntukkan bagi berbagai jenis kendaraan. Selain sedan, ban ini juga digunakan untuk mobil tipe multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV). Dunlop menyediakan 32 ukuran, mulai dari dimensi 14 inci sampai 18 inci.

Urusan harga, Surindo belum mengungkapnya. Produk ini baru akan diluncurkan secara resmi pada Maret mendatang. Namun, Hendra hanya memberi petunjuk banderolnya tak berbeda dengan LM704.

Baca juga: Delium Xtreme Xpedition, Ban Off-Road Lokal dengan 4 Keunggulan

Pengetesan LM705

Surindo memberikan kesempatan bagi jurnalis untuk merasakan performa SP Sport LM705 dalam acara Feeling Test di Central Park, Meikarta, Cikarang, Bekasi. Ada beberapa pengujian: comfort test, noise test, high speed lane change test dan stability test. Ban ini dipasang pada sedan Toyota Camry. LM705 turut dibandingkan dengan produk kompetitor berukuran sama.

Kami duduk di bangku belakang sebagai penumpang. Mobil dikemudian test driver Dunlop dari Jepang. Hasilnya, redaman yang disuguhkan memang lebih baik dari pesaing, terasa nyaman. Guncangan ketika melewati speed trap terasa lebih lembut. Sayangnya, hujan yang sempat turun membuat trek basah. Akibatnya, kesenyapan terasa kurang optimal.

Yang menarik adalah saat pengetesan perpindahan jalur dalam kecepatan tinggi dan stabilitas. Ban LM705 ini membuat Camry bisa bermanuver dengan lincah dan mantap. Kemudi dapat direspon roda dengan cepat.

“Acara Feeling Test ini merupakan ajang pembuktian performa Dunlop SP SPORT LM705, yang menawarkan solusi kenyamanan dan kesenyapan, serta keamanan berkendara,” tutup Hendra.

Baca juga: Dunlop LM705 Bikin Toyota Camry Makin Senyap dan Stabil, Ini Rahasianya

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto