Beranda Updates Digerus COVID-19, Penjualan Mobil Honda Anjlok Sampai 82%

Digerus COVID-19, Penjualan Mobil Honda Anjlok Sampai 82%

JAKARTA, Carvaganza.com – Seperti yang sudah diperkirakan, penjualan otomotif Tanah Air bulan April langsung anjlok dihantam pandemi corona (COVID-19). Pelaksanaan PSBB dari pekan kedua Maret hingga April, langsung berdampak pada penjualan mobil. Seperti yang dialami PT Honda Prospect Motor (HPM). Pemegang merek Honda di Indonesia itu menyebutkan penjualan di April turun sampai 82%.

Dalam data penjualan retail mobil Honda bulan lalu tercatat 1.855 unit. Angka ini jauh turun dibandingkan catatan Maret 2020 yang jumlahnya mencapai 10.657 unit. Terdapat penurunannya sekitar 27 persen.

“Memang cukup berat untuk bulan April. Seperti yang diketahui aktivitas konsumen terbatas, perekonomian juga belum pulih dan pasar juga turun sekali. Jadi, pencapaian kami seperti itu,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, dalam bincang bersama FORWOT, Jumat (8/5/2020) kemarin.

Pun dengan wholesales penurunannya menukik hingga 90 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Kalau untuk wholesale pencapaiannya dibanding tahun lalu hanya 10 persen jadi 1.183 unit,” kata Billy.

Kondisi ini menurut Billy tak hanya dialami oleh Honda, tapi juga semua merek. Alhasil, jika ditotal penjualan Honda periode Januari-April 2020 berada di angka 37.033 unit. Melorot dibandingkan periode yang sama tahun lalu dimana angkanya mencapai 50.457 unit. Menurut dia dampak pandemi corona terhadap penjualan HPM tidak bisa dihindari.

Baca juga: Mobil Tetap Prima Di Saat Covid-19, Ini Kemudahan Yang Diberikan Honda

Tingkatkan Layanan

Harus diakui sulit menerapkan startegi apapun di masa seperti itu. Masyarakat mengalihkan priorirasnya pada kebutuhan primer, belum lagi permintaan yang turun dan daya beli melemah.

Untuk mengantisipasi penurunan pasar tersebut, Honda memfokuskan strateginya untuk menjaga tingkat pasokan yang sehat ke dealer. Ini dilakukan dengan menghentikan sementara operasi pabrik agar tidak over supply unit. Kemudian meningkatkan layanan purna jual melalui layanan Home Service. Layanan Home Service yang dapat dilakukan di rumah meliputi servis berkala maupun perbaikan ringan, dimana bengkel Honda akan mengirimkan teknisinya untuk melakukan pekerjaan di rumah pelanggan.

Sementara untuk servis berkala atau perbaikan yang membutuhkan peralatan khusus, mobil akan dijemput untuk dibawa ke bengkel dan kemudian dikembalikan ke rumah konsumen. “Jadi intinya bagaimana efisiensi bisnis dan pelayanan terhadap konsumen,” ucap Billy mengungkapkan langkah yang diambil.

Baca juga: Jempol, Honda Beri Servis Gratis untuk Dokter Selama COVID-19

Honda Brio RS

Digitalisasi

Ia mengatakan strategi penjualan dengan memaksimalkan platform digital cukup berhasil. Sebelumnya April, sumbangan penjualan dari sektor digital berada di angka 3 persen. Namun pada April mencapai 20 persen. Dari angka ini Honda Brio series masih menjadi penopang penjualan HPM, atau dari total 1.855 unit yang terjual, 966 unit merupakan produk Brio series.

Selain itu pengguna layanan servis mobil di rumah atau home service naik. Per April pengguna layanan itu tembus 2.000an unit. “Hal ini jarang sekali terjadi karena konsumen biasanya datang ke dealer,” tuturnya.

Dia menyatakan kondisi yang ditimbulkan oleh virus corona menyebabkan perilaku konsumen berubah untuk menyesuaikan dengan situasi normal baru. Menurutnya, layanan purnajual menjadi salah satu sandaran bagi para agen pemegang merek untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja di hilir industri otomotif. “Oleh karena itu pelayanan home service terus kami tingkatkan untuk konsumen yang membutuhkan,” ucapnya.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...