Beranda Updates Demi Pengunjung Merata, GIIAS 2019 Rombak Layout Pameran

Demi Pengunjung Merata, GIIAS 2019 Rombak Layout Pameran

JAKARTA, 27 Februari 2019 – Selain berinovasi dengan mengubah format penyelenggaraan acara selama setahun, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 juga akan menerapkan layout baru demi meningkatkan kenyamanan para peserta dan pengunjung.

Untuk tahun ini, jika biasanya para pabrikan mobil penumpang bertempat di Hall 5-10, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, akan dipindah ke Hall 1-6 dan tidak terpisah dengan para peserta dari kendaraan komersial dan industri pendukung.

Jadi dengan layout baru nanti, pengunjung akan menjumpai booth milik Toyota dan Honda yang biasanya berada di ujung Hall 10, dipindahkan ke ujung sisi lainnya dari ICE BSD yaitu di Hall 1. GIIAS 2019 akan digelar pada 18-28 Juli 2019.

“Karena setelah kita lakukan evaluasi selama penyelenggaraan GIIAS 4 tahun itu, ada masukan dari beberapa peserta yang merasa bahwa terjadi pemisahan antara passenger dan commercial (car) di GIIAS sebelumnya,” jelas Agus Riyadi, Project Director Seven Events, penyelenggara GIIAS.

“Jadi kalau pengunjung yang memang sudah fanatik dengan mobil passenger ketika dia masuk dari Hall 10, dimulai dari Toyota, Honda, kemudian sampai ke Hall Nusantara di mana ada BMW, dia selanjutnya nanya “sebelah sana ada apa?”, begitu kita jawab ada truk, ada bus, kemudian ada spare part ada sebagian kecil pengunjung yang kemudian balik badan karena dia merasa interest-nya kurang untuk komersial,” lanjutnya saat konferensi pers hari Selasa (26/2/2019).

Tahun lalu, usai GIIAS 2018 digelar, sempat muncul keluhan dari para peserta di industri pendukung yang dalam hal ini adalah aksesoris dan spare parts. Mereka mengeluh bahwa lalu lintas pengunjung terbilang sepi datang sepanjang pameran, dan membuat mereka merasa dianaktirikan.

Alhasil, Hall 5-10 akan diisi oleh gabungan antara kendaraan penumpang, kendaraan komersial dan industri pendukung agar diharapkan tidak terjadi lagi tembok pemisah bagi masing-masing peserta. Hanya posisi booth BMW Group yang tidak berubah, yaitu di Nusantara Hall.

Agus juga menambahkan bahwa alur pengunjung di dalam pameran akan direkayasa demi bisa lebih lama berada di dalam pameran dan penyebarannya merata. Salah satunya adalah dengan memindah titik drop-off shuttle bus dan pintu masuk utama ke Hall 10.

“Dengan demikian kita mengharapkan waktu yang dihabiskan pengunjung untuk menikmati pameran bisa lebih lama lagi dan buat semua peserta mempunyai kans yang sama untuk dilihat oleh pengunjung, itu adalah tujuan kita kenapa kita melakukan perubahan layout,” kata Agus.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza