Beranda Updates Demi Lebih Kompetitif, F1 Batasi Anggaran Tim Mulai 2021

Demi Lebih Kompetitif, F1 Batasi Anggaran Tim Mulai 2021

LONDON, Carvaganza.com – Demi membeirkan tingkat kompetisi yang lebih seimbang, Formula 1 akan menerapkan pembatasan anggaran baru mulai 2021. Kabarnya, seluruh tim saat ini sudah setuju dengan rencana batasan anggaran yang akan digunakan sepanjang tahun 2021.

Mulai tahun depan, anggaran maksimal yang diperbolehkan setiap tim untuk gunakan sepanjang musim adalah $ 145 juta, dari sebelumnya $ 175 juta. Tentunya dengan anggaran yang dibatasi, jarak performa antara tim papan atas, tengah dan bawah diharapkan bisa lebih ketat.

Selain karena bertujuan menyeimbangkan tingkat kompetisi, batasan anggaran yang baru ini juga untuk menyesuaikan situasi atas krisis disebabkan virus Corona tahun ini. Dengan tidak adanya balapan di paruh pertama tahun ini, tentunya keuangan dari operasional seluruh tim terpengaruh.

Pembatasan ini membentuk inisiatif bentuk kesepakatan hak komersial baru, yang akan diterapkan mulai akhir tahun 2020. Tentunya benefit dari hak komersial ini tidak termasuk biaya anggaran untuk gaji pembalap dan aktivitas marketing tim.

Pembatasan

Awalnya, F1 akan menerapkan pembatasan anggaran menjadi $ 175 juta, namun ternyata harus disesuaikan kembali karena situasi Corona. Setidaknya, sejauh ini sudah ada 10 balapan yang gelarannya ditunda dan bahkan batal (Australia, Monako, Perancis). Angka $ 175 juta tersebut kemudian dibahas lebih lanjut oleh tim, untuk meminimalisir kerugian tim kecil yang terdampak karena tidak balapan.

“Tujuan awal pembatasan anggaran yaitu persaingan yang lebih kompetitif dan menurut saya situasi yang kita alami saat ini keberlanjutan, keberlanjutan ekonomi, dari Formula 1 adalah prioritas. Itu sama pentingnya untuk tim besar seperti halnya untuk tim kecil,” jelas Ross Brawn, managing Director, Motor Sports and Technical Director dari Formula One Group.

“Pesannya jelas kami harus memotong anggaran. Kami mulai pada $ 175 juta, yang adalah perjuangan panjang untuk menetapkannya, dan dengan krisis saat ini kami akan mulai pada 145 dan diskusi sebenarnya adalah seberapa jauh kami bisa kendalikan beberapa tahun ke depan.”

Dari angka tersebut, F1 juga akan memberlakukan pembagian keuntungan komersial yang lebih merata ke seluruh tim saat ini, berdasarkan Concorde Agreement. Sebelumnya, pembagian tersebut dianggap lebih menguntungkan tim-tim yang lebih mapan.

Ancaman Ferrari

Bulan lalu, saat angka anggaran baru tengah diajukan, dikabarkan bahwa Ferrari tidak setuju, dan bereaksi mengancam akan keluar dari F1. Ancaman ini bukan pertama kalinya dilontarkan oleh Ferrari ketika F1 mengajukan rencana regulasi baru.

Ferrari kemudian akhirnya sepakat dengan anggaran baru ini, sekaligus membantah soal ancaman akan keluar dari F1. Meski begitu, sampai saat ini Ferrari masih belum sepenuhnya setuju dengan anggaran yang diajukan, dengan menyabutnya “terlalu menuntut”.

Mattia Binoto, bos tim Ferrari sempat mengatakan bahwa Ferrari “tidak ingin ada pada posisi harus mencari opsi lain untuk menuangkan DNA balapnya”. Pernyataan tersebut kemudian dibantah oleh Binoto sebagai ancaman untuk keluar.

Proposal pembatasan anggaran ini sebenarnya sudah menjadi perdebatan sejak lama, terlebih dengan situasi persaingan di F1 yang didominasi oleh satu tim. Harapannya, saat regulasi teknis baru diterapkan pada 2022, persaingan yang seimbang bisa membuat tontonan lebih menarik bagi penggemar.

Sumber: Crash

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...

Jeep Rilis Enam Model Edisi Khusus Ultah ke-80

AUBURN HILLS, Carvaganza.com - Tahun depan usia Jeep menginjak 80 tahun. Lahir pada 1941, brand yang makin melegenda ini mengenalkan Willys MB. Mobil yang...