Beranda Updates Demi Keselamatan, Plat Nomor akan Ganti Warna Menjadi Putih

Demi Keselamatan, Plat Nomor akan Ganti Warna Menjadi Putih

JAKARTA, 29 Juli 2018 – Kepolisian Republik Indonesia mengumumkan rencana untuk mengganti warna plat nomor atau nomor polisi kendaraan, dari hitam ke putih. Hal ini ditujukan agar kepolisian dapat lebih mudah melakukan penertiban kepada para pengendara di jalan.

Rencana pergantian warna plat nomor ini awalnya beredar di media sosial Polisi Lalu Lintas Indonesia, yakni @polantasindonesia, yang mengunggah foto warna baru plat nomor. Melalui Instagram, plat nomor baru rencananya akan berwarna dasar putih dengan tulisan warna hitam.

Dengan mengganti warna, diharapkan tingkat keselamatan di jalan raya bisa meningkat dengan berkurangnya angka pelanggaran aturan lalu lintas.

“Semangatnya adalah kita akan mengoptimalkan upaya-upaya dalam pelayanan dan faktor-faktor keselamatan, ketertiban lalu lintas,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammas Iqbal seperti dikutip Detik.

Dengan warna cerah, Iqbal menerangkan plat nomor akan lebih mudah terbaca CCTV pada Traffic Management Center (TMC), sehingga lebih memudahkan dalam mendata para pelanggar lalu lintas di jalan. Data pelanggar langsung terhubung dengan TMC Korlantas Polri.

“Nanti dalam spektek itu, dalam plat nomor yang nanti akan diubah. Itu akan terkoneksi kepada Traffic Management Center kita yang berbasis IT. Nanti itu pelat nomornya seperti aplikasi face recognition,” lanjut Iqbal.

“Nanti ketika misalnya kena CCTV dan lain-lain, itu akan langsung terdeteksi kendaraan milik siapa, nomor mesin sampai nomor rangka dan lain-lain. Kita akan mengurangi angka kecelakaan di situ, kemacetan terus juga unsur-unsur tindak pidana.”

Perubahan warna plat nomor akan dilakukan secara bertahap menurut Iqbal, sambil menunggu terbentuknya Peraturan Kapolri (Perkap) untuk mewujudkannya. Warna baru plat nomor akan diberlakukan untuk kendaraan pribadi.

Jika sesuai rencana, pergantian warna plat nomor akan diberlakukan untuk tahun 2019.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kegep! Ferrari Uji coba SUV Purosangue Di Seputaran Maranello

MARANELLO, carvaganza.com -  Ferrari pernah membantah bahwa pabrikannya bakal memproduksi SUV. Ia juga pernah membantah akan memproduksi mobil bertenaga hybrid. Tapi bantahan itu sekarang...

Mitsuoka Buddy, Toyota RAV4 Yang Berdandan Ala Pickup Chevrolet Tua

JAKARTA, Carvaganza.com - Anda tak salah lihat. Ya inilah mobil baru yang berdandan ala mobil tua. Namanya, Mitsuoka Buddy. Mobil ini diproduksi oleh Mitsuoka,...

Histori Lini SUV Mercedes-Benz, Sempat Telat Mengikuti Tren

Sederet model SUV disuguhkan Mercedes-Benz. Tentu tujuannya memenuhi bermacam kebutuhan pasar. Mulai dari entry level sampai paling mewah. Membuatnya dapat diterima berbagai kalangan. Di...

Daihatsu Ayla Makin Seru, Punya Tampilan Baru

JAKARTA, carvaganza.com – Kalau Anda sekarang ini sedang memilih-milih mobil LCGC yang pas, mungkin Daihatsu Ayla bisa dijadikan bahan pertimbangan. Tampilan city car Ayla...

Menebak Harga Honda CR-V Facelift di Indonesia Jelang Peluncuran

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda CR-V versi terkini sudah mengaspal di Vietnam dan Thailand, sementara di Indonesia sejauh ini belum ada kabarnya. Mungkin saja akhir...