Dealer Hino Resmikan Fasilitas Uji KIR Senilai Rp 5 Miliar

JAKARTA, 15 Februari 2017 - Salah satu dealer resmi yang dimiliki oleh Hino yaitu PT Hibaindo Armada Motor (HAM) baru saja meresmikan fasilitas tempat pengujian KIR kendaraan bermotor swasta oleh Kementrian Perhubungan. Fasilitas terbaru ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia milik Swasta.

Salah satu tujuan PT HAM mendirikan tempat ini adalah untuk membantu pemerintah dalam penyedia fasilitas KIR untuk mengetahui apakah kendaraan memenuhi regulasi pemerintah atau tidak. Fasilitas yang menelan biaya investasi sebesar Rp 5 miliar ini ke depannya direncanakan akan melayani kendaraan umum seperti bus, truk, taksi hingga taksi online.

Peresmian ini dilakukan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Selain itu turut hadir pula Direktur Jendral Perhubungan Darat, Pudji Hartanto, CEO Hiba Group - Jacobus Irawan, Direktur HAM - Trysie Mokoagouw, Direktur Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) – Santiko Wardoyo, dan pejabat tinggi Kementrian Perhubungan.

“Kami bangga Hiba Group, menjadi yang pertama dan satu – satunya di Indonesia yang dipercaya oleh pemerintah menjalankan uji kir swasta. Dan yang paling penting dengan fasilitas uji kir ini, kami senang dapat membantu pemerintah dalam melayani masyarakat untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan nyaman untuk dikendarai,” ujar Jacobus Irawan.

Fasilitas ini melayani perpanjangan kir kendaraan yang sudah melakukan kir pertama di tempat pengujian kendaraan bermotor milik pemerintah. Di tempat ini terdapat 1 orang penyelia dari Dinas Perhubungan, 2 orang penguji dari Dinas Perhubungan dan 3 orang penguji dari HAM.

Selain itu untuk mempercepat proses transaksi, HAM juga bekerjasama dengan Bank DKI dimana tersedia loket dan petugas yang berjaga di lokasi uji kir ini. Setiap kendaraan yang telah selesai dan lulus akan mendapatkan buku uji, plat uji, dan stiker tanda samping.

TITO LISTYADI

Artikel yang direkomendasikan untuk anda