Beranda Updates Dari Cikampek, VW akan Lahirkan Ribuan Tiguan Allspace

Dari Cikampek, VW akan Lahirkan Ribuan Tiguan Allspace

JAKARTA, 3 Oktober 2019 – Volkswagen Tiguan Allspace yang meluncur saat GIIAS 2019 lalu, menjadi produk yang Volkswagen (VW) kembali rakit di indonesia, sebagai bentuk komitmen mereka pada pasar Tanah Air. Untuk perakitan ini, VW punya fasilitas pabrik sendiri di Cikampek, Jawa Barat.

Pabrik yang digunakan oleh VW beroperasi di bawah naungan PT National Assemblers, anak perusahaan dari Indomobil. PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai distributor resmi VW di Indonesia diketahui juga menjadi bagian dari Grup Indomobil.

Fasilitas baru ini merupakan hasil renovasi dari fasilitas sama yang pernah VW gunakan untuk perakitan kendaraan di Indonesia, selama beberapa tahun lalu. Kini pabrik telah ditingkatkan agar bisa memenuhi dan menghasilkan kendaraan dengan kualitas lebih baik berstandar VW.

“Pembangunan fasilitas produksi Volkswagen merupakan bukti komitmen kami untuk turut serta mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dengan membangun fasilitas produksi Volkswagen di Indonesia,” kata Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT GMM.

Pabrik di atas lahan seluas 60.000 m2 itu memiliki kapasitas produksi hingga 6.000 unit kendaraan dalam setahun, saat sudah beroperasi maksimal. Saat ini pabrik hanya digunakan untuk perakitan Tiguan Allspace, dengan skema MKD (Medium Knocked-Down).

Diungkap oleh Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT GMM, bahwa pabrik baru ini sudah beroperasi selama tiga bulan. Diharapkan dengan operasi pabrik ini akan ada lebih banyak model VW yang dirakit di Indonesia, salah satunya agar harga jualnya bisa menjadi lebih kompetitif.

Sampai akhir tahun ini, target VW bisa melahirkan setidaknya 300 unit Tiguan Allspace dari Cikampek, dengan harapan model ini bisa mengisi 1/3 kapasitas produksi pabrik alias 2.000 unit per tahun. Walaupun MKD, tetapi VW menjamin produk yang dihasilkan tetap sebaik produk yang diimpor atau CBU.

Dengan dimensi lebih panjang dan dirakit lokal, Tiguan Allspace dipasarkan dengan harga Rp 598 juta (OTR Jakarta), sementara Tiguan versi standar saat diluncurkan tahun 2017 dibanderol Rp 590 juta.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Mau Beli Xpander Cross Limited Edition? Ini Bedanya Dengan Versi Reguler

JAKARTA, carvaganza.com -  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai APM Mitsubishi baru saja meluncurkan compact SUV Xpander Cross edisi terbatas. Peluncuran...

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...