Beranda Updates Daihatsu: SUV Lebih Sering Dapat Facelift Daripada MPV

    Daihatsu: SUV Lebih Sering Dapat Facelift Daripada MPV

    BANDUNG, 11 Oktober 2019 – Selama masa siklus produksinya, sebuah model mobil tentu selalu mengalami perubahan baik minor atau major, yang disebut sebagai facelift. Ternyata, model SUV paling sering diberikan penyegaran oleh pabrikan dibandingkan jenis mobil lain.

    Seperti diungkap oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), bahwa hal tersebut karena permintaan konsumen dan tren penjualan SUV terhadap facelift. Setidaknya itu hasil survey dan penelitian yang dilakukan oleh tim R&D Daihatsu di Indonesia.

    Model SUV bisa mendapat facelift atau penyegaran lebih sering atau lebih cepat daripada model lain, misalnya MPV. Hal ini dilakukan demi menjaga produk di segmen tersebut tetap ‘hidup’ dan bersaing di pasar.

    “Tetapi yang paling menuntut berdasarkan survey itu mobil SUV, customer SUV biasanya membeli karena styling, agak berbeda juga dengan customer yang MPV,” jelas Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM, Kamis (10/10/2019), saat media test drive New Daihatsu Sigra, di Bandung.

    “Jadi masing-masing karakter mobil itu berbeda-beda, sebenarnya kalau ngikutin itu saya challenge sama tim R&D kalau mobil itu sebenarnya SUV lebih cepat, karena dia maunya ada facelift, penyegaran, begitu ada penyegaran penjualannya pasti naik, begitu nggak ada penyegaran (penjualan) dia turun lagi,”lanjutnya saat ceritakan divisi R&D Daihatsu di Indonesia.

    Pernyataan ini mengingatkan pada model Terios yang pada generasi sebelumnya terbilang sering mengalami penyegaran, hampir setiap tahun. Hal tersebut bahkan membuat Terios bertahan selama 12 tahun (2006-2017), dengan satu generasi model yang sama sebelum berganti pada tahun 2017.

    Menurut Amel, konsumen SUV punya kecenderungan mengutamakan gaya dan penampilan pada mobilnya, di atas soal performa dan fungsi. Konsumen SUV termasuk yang tinggi dalam hal sisi emosional dalam kepemilikan kendaraan.

    Berbeda dengan konsumen MPV seperti Sigra atau Xenia, yang menurut Amel lebih pentingkan sisi fungsi dan kepraktisan kendaraan, khususnya yang sudah berkeluarga. Kemampuan mengangkut anggota keluarga lebih dipentingkan konsumen MPV daripada penampilan.

    Hal itu ditunjukkan melalui New Sigra yang baru-baru ini mengalami facelift, setelah tiga tahun beredar di pasar Indonesia. Kejadian serupa juga ditunjukkan oleh Xenia, yang awal tahun ini mengalami major facelift setelah terakhir kali penyegaran pada tahun 2015 lalu.

    WAHYU HARIANTONO

    Video Terbaru Youtube Carvaganza



    Last Updates

    video

    VIDEO: Aston Martin Klasik dan Baru Tampil di Trailer James Bond Terbaru

    LONDON, 5 Desember 2019 – Metro Goldwyn Mayer (MGM) Studio akhirnya merilis trailer pertama untuk film terbaru James Bond, yang berjudul “No Time To...

    Lanjut Balap F2 Tahun Depan, Sean Gealel Gabung ke Tim DAMS

    YAS MARINA, 5 Desember 2019 – Sean Gelael memastikan diri akan tetap membalap di ajang Formula 2 (F2) pada tahun depan, dengan diumumkannya tim...
    video

    Waduh, Hasil Crash Test Mitsubishi Triton Dapat Rapor Merah

    BRASILIA, 4 Desember 2019 – Mitsubishi Triton terbaru telah menjadi salah satu pikap double cabin dengan tampang terkeren di kelasnya saat ini, sejak versi...

    Ternyata, Selama Ini Formula E Bukan Balap Kelas Dunia

    PARIS, 4 Desember 2019 – Setelah berjalan selama lima musim sejak 2014, Formula E baru akan mendapat status sebagai balap kejuaraan dunia pada musim...

    Suzuki Baleno, Hatchback Lengkap Luar Dalam

    JAKARTA, 4 Desember 2019 – Kabar baru datang dari PT Suzuki Indomobil Sales. Pemegang merek Suzuki di Indonesia itu kabarnya...