Daihatsu Mendapat Apresiasi Kemendikbud Atas Pendidikan Vokasi

JAKARTA, Carvaganza – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada 21 Desember kemarin meraih apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Apresiasi itu diberikan atas komitmennya dalam mendukung pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

Apresiasi itu dipersembahkan dalam acara berrtajuk Indonesia Vocational Outlook, pada 21 Desember 2020, bertempat di Pullman Jakarta Central Park. Penyerahan apresiasi ini diberikan langsung oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Kemendikbud RI Ahmad Saufi dan disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim secara virtual.

Sejak tahun 2008 lalu, Daihatsu memang telah berkomitmen mendukung Pendidikan vokasi di Indonesia dengan membina 351 SMK  di seluruh Indonesia. Dengan fokus utama pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan program ini ini dibawah payung salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yakni pilar Pintar Bersama Daihatsu. CSR ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dan siswa melalui pelatihan, magang, uji kompetensi, serta sertifikasi kompetensi.

Selain itu Daihatsu juga melakukan pendampingan untuk memperkuat sistem manajemen SMK agar sesuai dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Juga melakukan standardisasi ruang kelas, workshop, hingga membangun Dojo Safety di beberapa sekolah.

Baca juga: Daihatsu Perkenalkan Oli Genuine Baru Kemasan 3.5L, Lebih Hemat



Program CSR Daihatsu tidak hanya berhenti di situ saja. Pabrikan otomotif ini mengembangkan Daihatsu School Skill Center (DSSC) yaitu penerapan SMK sebagai teaching factory sebagai persiapan memasuki dunia kerja (industri) nyata, dan telah terimplementasi di 8 sekolah.

“Daihatsu mengucapkan terima kasih atas apresiasi vokasi ini. Penghargaan ini merupakan kebanggan bagi kami, sekaligus pengakuan terhadap komitmen dan keseriusan Daihatsu dalam meningkatkan link and match antara sekolah vokasi dengan dunia industri, baik dalam peningkatan pada aspek kompetensi individu (hard skill), maupun budaya kerja (soft skill)”, ujar Joko Baroto, Executive Officer Human Resources PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Angka penjualan Daihatsu


Sementara itu, Daihatsu melaporkan bahwa secara bulanan, penjualan mobilnya sepanajng November 2020 mencapai 9.200 unik. Naik sekitar 13,1 persen dibandingkan Oktober sebanyak 8.135. Namun secara kumulatif dari bulan Januari sampai November, penjualan ritel Daihatsu turun sebesar 43 persen bila dibandingkan periode yang sama 2019. Angka penjualan tahun lalu sebesar 159.431 unit, sedangkan sekarang hanya 90.823 unit.

Tapi penurunan yang dialami pabrikan masih lebih bagus dibandingkan penurunan penjualan ritel otomotif nasional periode Januari – November 2020 sebesar 46 persen. Dari 942 ribu unit tahun 2019 menjadi sekitar 509 ribu.

Dalam hal kontribusi model, secara kumuluatif penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan ini didominasi oleh top 3 kontributor utama, yakni Astra Daihatsu Sigra dengan capaian sebesar 24.021 unit, atau menyumbang kontribusi sebesar 26%, diikuti oleh Gran Max Pick-Up 21.699 unit (24%), dan Terios 13.189 unit (15%).

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda