Beranda Updates CSR Pertamina Dukung Pembentukan Kampung Tangguh di Gresik

CSR Pertamina Dukung Pembentukan Kampung Tangguh di Gresik

GRESIK, Carvaganza.com – Kesejahteraan lingkungan masyarakat turut menjadi perhatian PT Pertamina Lubricants di saat menjalankan bisnisnya. Melalui salah satu pabrik pelumasnya, Production Unit Gresik (PUG), Pertamina ikut dalam pembentukan Kampung Tangguh Kelurahan Sidokumpul Gresik, Jawa Timur.

Peresmian diadakan pada hari Kamis (9/7/2020) lalu, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Gresik, Dr. Mohammad Qosim, Waka Polres Gresik, Kompol Dhyno, Perwakilan Dandim 0817 Gresik, Lettu (Inf) Toyib. Sementara perwakilan Pertamina dihadiri melalui Production Unit Manager PUG PT Pertamina Lubricants, Dody Arief Aditya.

Kampung Tangguh Kelurahan Sidokumpul merupakan kampung tanggap COVID-19 yang mandiri dan menyediakan Pusat Komando. Kampung ini menjadi pusat informasi dan sistem pangamanan kampung yang efektif dan sarfas pendukung yang mencukupi dan memadai. Dalam menjalankan tugasnya, hadir dukungan Tim Relawan Khusus dan berbagai pihak seperti Puskesmas dan Dinas Kesehatan setempat.

Berbagai upaya penanganan COVID-19 dibantu dalam kegiatan CSR ini. Mulai dari penanganan dan evakuasi pasien, pemulangan dan pemakaman jenazah sesuai dengan protokol COVID-19, serta menyediakan layanan konseling psikologi untuk pasian PDP, ODP dan OTG. Tidak hanya itu, Kampung Tangguh juga menyediakan lumbung pangan dengan gotong royong untuk membantu warga yang melakukan isolasi mandiri.

“PT Pertamina Lubricants terus berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat yang terdampak saat pandemi COVID-19 dan Kampung Tangguh ini memiliki peran yang penting untuk mengawal masyarakat dimasa sulit ini. Untuk mengoptimalkan jalannya Kampung Tangguh ini, PUG turut menyediakan 30 tempat cuci tangan, thermogun, dan materi komunikasi untuk mengkampanyekan COVID-19 seperti informasi gejala klinis, penularan, tips pencegahan, dan sosialisasi langkah cuci tangan yang baik,” jelas Dody.

“Selain itu, PUG juga memberikan 48 paket sembako yang ditujukan bagi pasien dan keluarga yang melakukan karantina mandiri dan disalurkan melalui Satgas COVID-19 Kelurahan Sidokumpul seminggu sekali.”

PUG juga masih memberikan tanaman hidroponik serta budidaya ikan lele dalam ember, untuk ketahanan pangan. Tidak ketinggalan fasilitas penggantian oli gratis untuk lebih dari 40 kendaraan TRK Satgas COVID-19 yang bertugas.

Sejumlah donasi disalurkan untuk setidaknya meringankan beban yang dialami masyarakatn. PUG menyumbangkan 400 masker N95, bantuan logistik 321 paket Sembako, 10 penyemprot disinfektan, 10 paket APD, 66 Hazmat Suit, 9 thermogun, 180 masker anak, 177 tempat cuci tangan, dan 740 liter cairan disinfektan ke Desa Pulopancikan dan Sidokumpul.

“Untuk masyarakat wilayah Ring 1 pabrik yang terkena dampak COVID-19 seperti pemutusan hubungan kerja (PHK), PT Pertamina Lubricants membantu dengan membuka lapangan pekerjaan dengan kegiatan kewirausahaan yaitu pembuatan dua unit usaha yakni Unit Usaha Persewaan alat pesta dan Barbershop,” tambah Dody.

PUG terus menaati dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di lingkungan pabrik selama masa PSBB dan selama masa transisi menuju tatanan New Normal. Seperti pelaksanaan rapid test, pemakaian masker, physical distancing, pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area pabrik, penyediaan fasilitas tempat cuci tangan tambahan. Area pabrik juga selalu dilakukan disinfeksi setiap dua kali sepekan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...

Pabrikan Sportscar Perancis Ini Ingin Jadi Ferrari Versi Mini

PARIS, Carvaganza.com – Setiap pabrikan otomotif punya cara dan strateginya sendiri untuk menegaskan eksistensinya di tengah pasar. Apalagi, kalau merek yang dibawa sempat lama...